Thursday , 30 March 2017
Home » Info Kesehatan » Manfaat Teh Hijau Yang Telah Terbukti

Manfaat Teh Hijau Yang Telah Terbukti

Manfaat Teh Hijau Yang Telah Terbukti

Manfaat Teh Hijau Yang Telah Terbukti

Manfaat Teh Hijau Yang Telah Terbukti

Manfaat Teh Hijau Yang Telah Terbukti – Teh hijau adalah minuman paling sehat di planet ini. Di dalamnya sarat mengandung antioksidan dan nutrisi yang memiliki efek yang kuat pada tubuh. Termasuk meningkatkan fungsi otak, mengurangi lemak, memperkecil risiko terkena kanker dan banyak manfaat yang luar biasa lainnya.

Berikut adalah manfaat kesehatan dari teh hijau yang telah dikonfirmasi dalam studi penelitian pada manusia :

1. Teh hijau mengandung berbagai senyawa bioaktif yang bisa meningkatkan kesehatan

Teh hijau lebih dari sekedar cairan berwarna hijau semata. Banyak senyawa bioaktif dalam daun teh yang larut dalam minuman hingga seduhan terakhir, yang mengandung sejumlah besar nutrisi penting.

Sarat dengan polifenol seperti flavonoid dan katekin, yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Zat-zat ini dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh, melindungi sel-sel dan molekul dari kerusakan. Radikal bebas sangat berperan dalam proses penuaan dan segala macam penyakit.

Salah satu senyawa yang lebih kuat dalam teh hijau adalah antioksidan Epigallocatechin Gallate (EGCG), yang telah diteliti untuk mengobati berbagai penyakit dan mungkin ini salah satu alasan utama teh hijau memiliki sifat obat yang mujarab. Teh hijau juga memiliki sejumlah kecil mineral yang penting bagi kesehatan.

2. Senyawa teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak dan membuat lebih cerdas

Teh hijau tidak hanya bisa membuat Anda terjaga, tetapi juga dapat membuat lebih cerdas. Bahan aktif utamanya adalah kafein, stimulan yang telah dikenal orang. Meskipun tidak mengandung sebanyak kopi, tapi cukup untuk menghasilkan respon tanpa menyebabkan efek “kegelisahan” jika terlalu banyak mengonsumsi kafein. Apa yang kafein lakukan di dalam otak adalah memblokir neurotransmitter inhibisi yang disebut Adenosin. Dengan cara ini, akan benar-benar meningkatkan penembakan neuron dan konsentrasi neuro-transmitter seperti dopamin dan norepinefrin.

Sebelumnya kafein telah dipelajari dengan intensif, dan secara konsisten mengarah pada perbaikan dalam berbagai aspek fungsi otak, termasuk perbaikan suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi dan memori. Namun, teh hijau mengandung lebih dari sekedar kafein. Ia juga memiliki asam amino L-theanine, yang mampu melintasi penghalang darah-otak.

L-theanine meningkatkan aktivitas neurotransmitter inhibisi GABA, yang memiliki efek anti-kecemasan. Hal ini juga meningkatkan dopamin dan produksi gelombang alfa di otak. Studi menunjukkan bahwa kafein dan L-theanine dapat memiliki efek sinergis. Kombinasi dari keduanya sangat ampuh dalam mening-katkan fungsi otak.

Dikarenakan L-theanine dan dosis kecil kafein, teh hijau dapat memberikan lebih ringan dan jenis “sensasi” yang berbeda dari kopi. Banyak orang yang mengatakan, mendapatkan energi yang lebih stabil dan menjadi jauh lebih produktif ketika mereka minum teh hijau, dibandingkan dengan kopi.

Catatan: Teh hijau mengandung kafein lebih sedikit dari kopi, tapi cukup untuk menghasilkan efek. Ia juga mengandung asam amino L-theanine, yang dapat bekerja secara sinergis dengan kafein untuk meningkatkan fungsi otak.

3. Teh hijau meningkatkan pembakaran lemak dan kinerja fisik

Jika Anda mengamati daftar bahan-bahan suplemen pembakar lemak, kemungkinan akan menemukan teh hijau. Hal ini dikarenakan teh hijau telah terbukti mampu meningkatkan pembakaran lemak dan tingkat metabolisme, dalam uji coba terkontrol pada manusia. Dalam satu penelitian terhadap 10 pria sehat, teh hijau dapat meningkatkan pengeluaran energi sebesar 4 persen.

Studi lain menunjukkan bahwa oksidasi lemak meningkat sebesar 17 persen, yang menunjukkan bahwa teh hijau dapat secara selektif meningkatkan pembakaran lemak. Namun, beberapa studi tentang teh hijau tidak menunjukkan peningkatan metabolisme, sehingga efek tergantung pada individu. Kafein sendiri juga telah menunjukkan dapat meningkatkan kinerja fisik dengan memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak dan menjadikan mereka untuk digunakan sebagai energi.

Dalam tinjauan dua studi secara terpisah, kafein telah terbukti meningkatkan kinerja fisik rata-rata sebesar 11-12 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates