Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kulit – Tomat mengandung vitamin A, vitamin C, likopen, dan protein. Tomat mengandung antioksidan tinggi untuk menjaga kesehatan kulit. Berikut manfaat hebat tomat untuk kesehatan kulit dan cara penggunaannya:

1. Menangkal Radikal Bebas
Tomat mengandung likopen dan flavonoid untuk melawan zat-zat radikal bebas dan racun, serta menjaga dan mendukung kesehatan kulit dari dalam.

2. Mencerahkan warna kulit
Sari tomat dapat mengubah warna kulit kusam dan membuatnya tampak lebih awet muda. Caranya, menyiapkan pasta yang terbuat dari campuran sari tomat dan madu. Gunakan sebagai masker pada wajah atau bagian tubuh lainnya. Diamkan sekitar 15 menit sebelum dibilas hingga bersih.

3. Mengurangi minyak berlebih pada kulit
Daging buah dan sari tomat dapat menangani produksi minyak berlebih oleh kelenjar minyak (sebaceous gland). Caranya, bagi dua tomat matang dan gosokkan wajah. Diamkan selama 15 menit hingga meresap ke dalam pori, bersihkan dengan air dingin.

4. Membersihkan kulit
Sari buah tomat dapat membersihkan pori-pori kulit. Bisa juga memotong buah tomat secara melintang dan oleskan pada gula kristal. Gosokkan melingkar ke wajah =untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Diamkan sesaat sebelum dibasuh dengan air dingin.

5. Meredakan iritasi kulit
Sari tomat berfungsi untuk mengurangi gejala iritasi seperti gatal, kemerahan, dan bengkak. Dapat menambahkan yogurt tanpa pemanis ke dalam sari tomat. Oleskan pada wajah dan bilas sekitar 15-20 menit kemudian.

6. Mengecilkan pori-pori wajah
Caranya, manfaatkan sari tomat sebagai astringent alami. Oleskan sari tomat ke seluruh wajah sebelum tidur dan bilas keesokan harinya.

7. Mengatasi jerawat membandel
Caranya, hancurkan tomat dan oleskan dengan pijatan lembut pada bagian kulit yang berjerawat. Tunggu sekitar 1 jam dan bilas. Dapat juga mengkonsumsi tomat segar untuk memastikan tubuh mendapat asupan vitamin A dan C.

8. Menghilangkan komedo
Caranya gunakan sari tomat dengan memijatkannya pada area yang memiliki komedo. Atau, buatlah masker dari campuran sari tomat dan apokat matang untuk menghilangkan komedo, mengencangkan pori-pori, mengurangi minyak wajah, dan melembabkan kulit.

9. Merawat kulit yang terbakar sinar matahari
Sari tomat yang kaya akan antioksidan efektif untuk menyembuhkan gejala kulit yang terbakar sinar ultra violet. Caranya, campurkan sari tomat dengan susu mentega (buttermilk) atau plain yogurt. Lalu oleskan ke seluruh wajah dan area lain yang terbakar sinar ultra violet. Diamkan sekitar setengah jam sebelum membasuhnya dengan air.

10. Menjaga elastisitas kulit
Para peneliti menyatakan bahwa tomat dapat menstimulasi pembentukan kolagen yang berfungsi mempertahankan elastisitas kulit. Maka, rajinlah menyertakan tomat segar dalam menu diet agar kulit senantiasa lembut, halus, dan bebas keriput.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates