Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Beberapa Tanda Yang Perlu Dikonsultasikan Ke Dokter Kulit

Beberapa Tanda Yang Perlu Dikonsultasikan Ke Dokter Kulit

Beberapa Tanda Yang Perlu Dikonsultasikan Ke Dokter Kulit

Beberapa Tanda Yang Perlu Dikonsultasikan Ke Dokter Kulit

Beberapa Tanda Yang Perlu Dikonsultasikan Ke Dokter Kulit

Beberapa Tanda Yang Perlu Dikonsultasikan Ke Dokter Kulit – Banyak orang yang mengunjungi dermatologis untuk alasan kecantikan. Padahal, beberapa masalah kulit yang terlihat sepele dapat menjadi gejala penyakit yang lebih serius. Pastikan untuk berkonsultasi ke dermatologis jika mendapati tanda dan gejala berikut ini:

1. Actinic keratosis
Kondisi dimana kulit terasa kasar, merah, dan bersisik akibat paparan ultra violet berlebihan. Penyakit ini umumnya ditemukan pada bagian wajah, bibir, telinga, lengan bawah, kulit kepala, punggung tangan, dan leher.
Biasanya diderita oleh orang berusia lanjut, namun bisa juga menyerang usia yang lebih muda. Keratosis seringkali diabaikan karena hanya berupa titik kecil dan baru membesar setelah beberapa tahun.

2. Tahi lalat yang semakin membesar
Tahi lalat yang berubah bentuk, semakin membesar, atau memiliki warna berbeda dari biasanya menjadi indikator kanker kulit melanoma. Apalagi jika tahi lalat muncul setelah usia 30 tahun, berdarah, gatal, atau nyeri.

3. Bintik-bintik yang berubah
Jika ada perubahan baik dari segi warna maupun bentuk, bahkan muncul bintik baru, segera kunjungi dokter. Tahi lalat maupun bintik-bintik yang memiliki ukuran lebih dari 6mm dapat menjadi gejala kanker melanoma.

4.  Perubahan warna kulit yang tidak normal
Jika menjumpai perubahan warna abnormal, pergilah ke dokter. Risiko terkena kanker kulit lebih tinggi dimiliki oleh orang-orang berkulit putih dan pernah melakukan penggelapan kulit lewat tanning dan burning.

5. Luka yang tak kunjung sembuh
Dikhawatirkan gejala tersebut merupakan tanda-tanda kanker kulit. Psoriasis, seborrhea dan ketombe kronis, serta kalus pada penderita diabetes juga harus ditangani dermatologis.

6. Jerawat membandel
Jerawat umumnya dapat ditangani dengan produk yang mengandung benzoil peroksida dan asam salisilat. Namun jika jerawat tersebut tak kunjung membaik, perlu mengunjungi dokter.

7. Bekas luka yang terlalu jelas
Beberapa produk yang dijual di pasaran dapat menghaluskan sebagian besar bekas luka, namun kurang efektif jika luka tersebut sudah timbul koloid. Serahkan pada dokter kulit untuk melakukan prosedur yang paling tepat.

8. Gatal di kulit kepala
Berhati-hatilah jika kulit kepala mulai berkerak, menebal, bahkan berdarah jika digaruk. Kemungkinan menderita psoriasis. Rasa gatal tersebut bisa disebabkan oleh infeksi staphylococcal. Gejalanya lebih parah, kulit kepala bernanah, membengkak, dan terasa nyeri.

9. Ruam dan gatal yang sulit hilang
Ruam dan rasa gatal pada kulit bisa disebabkan oleh eksim dan alergi. Kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Mungkin saja disebabkan oleh alergi terhadap produk kecantikan. Dokter dapat memberikan obat untuk meredakan rasa nyeri, iritasi, gatal, dan sisik yang sulit menghilang.

10. Keringat berlebih atau kulit kering
Perubahan hormon dapat menyebabkan produksi keringat lebih banyak atau kulit malah menjadi sangat kering. Tetap waspada dan mengunjungi dokter karena kondisi tersebut bisa saja merupakan gejala penyakit lain. Keringat berlebih merupakan salah satu gejala penderita diabetes, gangguan kelenjar tiroid, atau infeksi

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates