Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Berkeringat Baik Untuk Kesehatan

Berkeringat Baik Untuk Kesehatan

Berkeringat Baik Untuk Kesehatan

Berkeringat Baik Untuk Kesehatan

Berkeringat Baik Untuk Kesehatan

Berkeringat Baik Untuk Kesehatan – Berkeringat membuat badan beraroma tidak sedap dan terasa lengket, jadinya tubuh tidak nyaman sama sekali. Itulah sebabnya lebih banyak yang memilih untuk tidak melakukan olahraga atau aktif menggerakkan badan untuk menghindari keringat. Padahal olahraga sangatlah penting bagi kesehatan, begitupun keringat yang dihasilkan mampu memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Mari kita ungkap satu per satu manfaat tersebut:

1. Keringat Bisa Membantu Tubuh Mengeluarkan Racun
Saat berkeringat, tubuh mengeluarkan racun melalui keringat sebagai salurannya. Para ahli sepakat bahwa pada umumnya tubuh akan mengeluarkan garam berlebih, alkohol, dan kolesterol melalui keringat. Olahraga yang berkeringat bisa membersihkan tubuh dari racun dan menangani arteri yang tersumbat.

2. Membantu Proses Penyembuhan Luka
Beberapa tahun yang lalu, penelitian yang dilakukan di University of Michigan oleh peneliti Laure Rittie mengungkapkan bahwa kelenjar ekrin memiliki peran yang penting dalam sel batang orang dewasa yaitu bisa membantu proses penutupan luka. Keringat juga bisa berperan sebagai antibiotik. Luka kecil akibat tergores bisa sembuh karena adanya agen anti biotik yang ada dalam kelenjar keringat.

3. Menjaga Kestabilan Mental dan Kesehatan Otak
Olahraga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Biasanya setelah melakukan olahraga dan mengeluarkan keringat, tubuh akan merasa lebih bahagia dan tingkat stres pun berkurang. Hal itu disebabkan karena tubuh bisa meningkatkan produksi endorfin melalui olahraga, dimana fungsi endorfin ini sendiri selain membuat otak terasa lebih segar juga bisa menjadi pereda sakit alami.

4. Membantu Proses Pengeluaran BPA dari Dalam Tubuh
Bisfenol-A (BPA) merupakan racun yang dapat mengganggu perkembangan tubuh, saraf, dan alat reproduksi. Sekarang ini banyak sekali produk plastik yang menggunakan BPA. Polutan yang dihasilkannya pun sangat buruk untuk kesehatan manusia. Meskipun tidak bisa dideteksi dalam darah atau urin, keringat terbukti efektif untuk mengeluarkan BPA dari sistem tubuh.

5. Terhindar dari Penyakit Batu Ginjal
Penelitian membuktikan bahwa orang yang olahraga teratur dan kebutuhan cairan tubuhnya tercukupi, bisa terhindar dari penyakit batu ginjal. Berkeringat saat berolahraga merangsang untuk mau tidak mau minum cukup air dan bisa membuat ginjalmu tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, melakukan olahraga secara teratur juga dapat menjaga fungsi kelenjar keringat dengan baik.

Jadi, jangan malas untuk melakukan olahraga dan jangan takut jika tubuh mengeluarkan keringat. Karena anatomi tubuh kita sudah dilengkapi dengan kelenjar keringat yang akan memproduksi keringat untuk membreikan beberapa manfaat seperti yang telah dijelaskan di atas. Namun jika keringat tiba-tiba mengguyur padahal tidak sedang melakukan  aktivitas apapun, segera konsultasikan kondisi tersebut ke dokter. Karena keadaan tersebut terbialng abnormal dan dikhawatirkan risiko terkena penyakit jantung.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates