Wednesday , 26 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Menangani Kerontokan Rambut Kepala

Cara Menangani Kerontokan Rambut Kepala

Cara Menangani Kerontokan Rambut Kepala

Cara Menangani Kerontokan Rambut Kepala

Cara Menangani Kerontokan Rambut Kepala

Cara Menangani Kerontokan Rambut Kepala – Setelah mengetahui dan menghindari penyebab kerontokan rambut, kita akan membahas tentang cara menangani kerontokan rambut kepala yang sudah terlanjur. Diantaranya:

1. Pola makan/diet
Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, B, C dan E, karena vitamin tersebut penting untuk pertumbuhan rambut baru.

2. Hindari kontak langsung dengan radiasi matahari
Sinar ultraviolet akan merusak kesehatan kulit kepala dan mengganggu pertumbuhan rambut abru. Gunakan topi atau payung saat keluar ruangan di siang hari

3. Gunakan produk alamiah
Hindari/kurangi penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung zat kimia yang digunakan untuk meluruskan rambut, pewarna rambut, dll yang dilakukan oleh hairstylish. Seperti:

a. Minyak Zaitun/Olive Oil
Tuangkan sesendok makan minyak zaitun minimal 30 menit sebelum keramas, oleskan dari akar sampai ujung rambut sambil memijat selama kurang lebih 2-4 menit perlahan. Setelah itu keramas.

b. Masker Buah-buahan
Masker yang digunakan untuk creambath di salon, dapat dibuat sendiri dirumah dengan beberapa jenis buah pisang, alpukat, semangka dan melon. Ketiga buah-buahan tersebut mengandung asam sitrat dan antioksidan yang baik untuk rambut. Buah alpukat dan yoghurt berkhasiat sebagai pelembab rambut. Buah pisang, semangka dan melon berkhasiat membuat rambut menjadi lebih berkilau dan sehat.
Blender buah sampai halus lalu tambahakan 1 sendok yoghurt tanpa rasa, aduk hingga merata, oleskan keseluruh rambut, tunggu sekitar 10-15 menit lalu keramas.

c. Pijat Kepala Dengan Campuran Teh Hijau & Daun Seledri
Rendam handuk kecil bersih kedalam air hangat yang berisikan mentium dan lemon selama 2-5 menit. Lalu peras handuk tersebut dan tutupkan pada kepala selama kurang lebih 10 menit. Kemudian teteskan teh hijau dan seledri pada kulit kepala, pijat kulit kepala agar menyerap ke kulit kepala. Selanjutnya keramas.

d. Buah Mangga, Yoghurt dan Kuning Telur
Siapkan potongan buah mangga dan sesendok yoghurt serta dua butir kuning telur. Blender sampai halus dan kental kemudian saring serat-serat kasar dan buang. Oleskan serat halus ke rambut kepala secara merata. Pijat dan diamkan selama 10-15 menit, lalu keramas.

e. Minyak Kemiri
Biji kemiri mengandung 60-66% minyak yang dimanfaatkan untuk mengatasi kerontokan rambut
Teteskan minyak kemiri ke telapak tangan, usapkan ke seluruh rambut hingga akar secara merata. Diamkan sekitar 1-2 jam sambil memberikan pijatan perlahan dikulit kepala. Setelah itu keramas.

f. Lidah Buaya
Ambil sepotong daging lidah buaya lalu oleskan pada rambut hingga merata. Diamkan sekitar 15-25 menit lalu keramas.

g. Jus Kentang
Untuk hasil yang maksimal, bisa juga menambahkan madu dan putih telur pada jus kentang. Diamkan sekitar 30-60 menit setelah itu keramas. Jus kentang juga dapat mengatasi rambut kering dan beruban.

h. Bawang Putih
Haluskan beberapa potong siung bawang putih, bisa juga menambahkan minyak ziatun oleskan ke rambut hingga merata. Diamkan sekitar 30 menit lalu keramas. Kandungan sulfur pada bawang putih mampu memperlancar sirkulasi darah pada folikel rambut.

i. Bawang Merah
Cara aplikasinya sama dengan bawang putih

j. Santan
Siapkan segelas santan lalu oleskan ke rambut merata hingga mengenai kulit kepala. Diakan 30 menit lalu keramas.

k. Jahe
Parut jahe yang sudah dikupas lalu aplikasikan ke rambut. Diamkan sekitar 20 menit lalu keramas

l. Jeruk Nipis
Potong jeruk nipis, lalu gosok-gosok potongan jeruk nipis ke rambut. Setelah 15 menit lalu keramas.

m. Minyak Lavender
Dapat menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala akibat ketombe karena memiliki antiseptik yang berfungsi sebagai desinfektan. Teteskan minyak lavender, bisa juga menambahkan minyak esensial seperti minyak zaitun lalu oleskan ke kulit kepala hingga merata. Diamkan selama 20 menit lalu keramas.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates