Tuesday , 24 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat – Jerawat merupakan proses peradangan pada kulit akibat timbunan kotoran di kulit. Terdapat beberapa jenis jerawat, berikut ini jenis jerawat yang biasanya dialami oleh seseorang:

1. Jerawat Pasir
Ukuran dari jerawat pasir, kecil-kecil tapi jumlahnya sangat banyak. Umumnya jerawat ini tidak sakit akibat meradang, tetapi membuat wajah tidak enak untuk dilihat.

2. Jerawat Batu
Ukuran jerawat batu lebih besar daripada jerawat pada umumnya. Jerawat ini menyakitkan karena menyebabkan peradangan di kulit. Jika dibiarkan, setelah sembuh akan membuat bekas cekungan. Biasanya orang yang mengalami jerawat batu cenderung memecahkan jerawatnya dengan tangan.

Hal ini adalah kebiasaan buruk yang akan berdampak pada keparahan proses peradangan karena tangan yang dipakai belum tentu kebersihannya.
Jerawat di wajah harus segera ditangani dengan baik, jika dibiarkan dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Sebelum jerawat timbul ada baiknya kita menghindari factor-faktor penyebab timbulnya jerawat. Karena jika sudah timbul akan lebih sulit untuk mengobatinya. Di bawah ini beberapa langkah mencegah timbulnya jerawat:

1. Hindari factor stress
Stress dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormonal, yang akhirnya menimbulkan jerawat. Sehinga dianjurkan untuk melakukan refreshing, setidaknya melakukan aktivitas untuk mengalihkan timbulnya stress. Bisa juga dengan melakukan olahraga rutin.

2. Istirahat/tidur yang cukup
Pengaturan pola tidur yang baik akan membantu menyeimbangkan hormonal dan menghindari timbulnya jerawat.

3. Matahari pagi
Kulit membutuhkan sinar matahari agar sel-selnya tetap sehat dan aktif. Sinari kulit dan wajah oleh cahaya matahari pagi kira-kira sekitar 10-15 menit setiap harinya, antara jam 8 – 11 pagi.

4. Basuh wajah dengan air hangat
Jerawat timbul karena timbunan kotoran yang terdapat pada pori-pori wajah. Membasuh wajah dengan air hangat akan membuka pori-pori kulit, lalu iringi dengan sabun khusus untuk membersihkan wajah. Selanjutnya, basuh wajah dengan air dingin agar pori-pori menutup kembali.

5. Minum banyak
Toxin dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang kurang sehat, polusi, dll. Toxin dapat menstimulasi pertumbuhan jerawat. Oleh karena itu, detoksifikasi dalam tubuh dapat mengobati sekaligus mencegah jerawat. Cara alaminya dapat dengan meminum air putih 2 liter setiap harinya.

6. Makan buah dan sayur
Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung banyak vitamin dan air yang dibutuhkan oleh kulit untuk melarutkan lemak jahat, sehingga kadar lemak berlebih dapat berkurang, dengan begitu produksi minyak di kulit pun akan berkurang dan diharapkan jerawat tidak akan muncul.

7. Jauhi makanan berlemak
Makanan yang mengandung banyak lemak akan membuat tubuh memproduksi minyak berlebih. Hal ini akan berdampak pada kulit, produksi minyak yang berlebih pada kulit mengakibatkan pori-pori tersumbat, akibatnya jerawat dan komedo dengan mudah tumbuh.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates