Thursday , 27 July 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Coba Bisnis Lele Yuks !!!

Coba Bisnis Lele Yuks !!!

Coba Bisnis Lele Yuks!!!

Coba Bisnis Lele Yuks!!! – Usaha atau bisnis ikan lele dapat dilakukan di berbagai daerah baik daerah pedesaan ataupun di daerah perkotaan sekalipun, dengan budidaya ikan lele yang baik dan bagus akan dapat memberikan penghasilan tambahan bagi anda dalam bisnis dan usaha ternak ikan lele ini.

Budidaya lele merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat mengiurkan dan menjanjikan dan budidaya ikan lele mampu memberikan peluang yang amat luar biasa bagi anda karena pangsa pasar dan masyarakat luas sudah tidak asing dan sangat mengenal ikan lele. Banyaknya pengusaha ternak ikan lele pada saat ini lebih dikarenakan adanya permintaan pasar dan kebutuhan akan lele yang secara terus menerus bertambah atau meningkat setiap tahunnya sementara pasokan akan ikan lele sendiri di pasaran masih belum mencukupi permintaan para pedagang di pasar yang hendak menjual lele pada konsumen atau pengusaha pecel lele.

Tidak terlalu amat sulit sebenarnya untuk memulai bisnis lele, kalau  ada air yang melimpah serta jernis dan tanah kosong serta cukup luas ditambah kita punya niat maka semua tidak ada kata sulit namun kalau  budidaya lele  dibuat untuk coba – coba kami yakin tidak akan ada kata berhasil, karena berbisnis lele itu membutuhkan semangat yang kuat didalam jiwa dan raga untuk berkeingan dalam berbisnis lele , selain itu berbisnis lele  dapat menjadi hiburan tersendiri untuk hasil sangat amat memuaskan.

Modal yang dibutuhkan dalam memulai bisnis lele ini relatif kecil antara 300 sampai 500 ribuan. Tapi syaratnya punya tanah/lahan yang kosong yang agak cukup luas minimalnya 3 x 6 meter.

Dikalangan masyarakat ikan ini cukup banyak penggemarnya. Nah modal awalnya, kita coba buat 1 buah kolam berukuran kecil 2m x 3m, gali tanah sedalam 30an cm, tanah galian tersebut urug-kan ke sekitar pinggir calon kolam. Terus beli terpal plastik yang banyak terdapat di toko, seharga 50 ribuan. Pasang terpal plastik tersebut ke dalam lubang kolam yang telah digali tadi yang kedalamannya tanah 30 cm, tinggi permukaan tanah (dengan tanah urug sebelumnya) naikkan menjadi 20-30 cm lebih tinggi dari tanah yang ada disekitarnya. Jadilah kolam dengan berbiaya murah. Isilah dengan air jernih, biarkan dulu selama 2-3 malam (jangan langsung ditaburi benih). Beri tanam-tanaman air itu juga bagus misalnya teratai, ganggang air, kangkung, dsb.

Selanjutnya kita tinggal membeli benih ikan lele, dengan ukuran sebesar ibu jari orang dewasa, harganya berkisar 100-150 rupiah per ekor. Coba isilah kolam tersebut dengan 300-400 ekor benih ikan lele. Belilah pakan ikan (pelet) lembut, harganya sekitar 5000 rupiah per kg. Sebulan mungkin akan menghabiskan sekitar 3 kg. Sebagian dari atas kolam dibuatkan atap pelindung, juga bagus dan sebagian lagi terkena cahaya matahari langsung. Jika ada sisa nasi makan malam/siang, masukkanlah ke dalam kolam. Air dikondisikan alami seperti di rawa/sungai dan  perbanyak tanaman air. Kalau pada awal-awal menabur benih, sebagian dari ikan mati, jangan panik, ambil saja lalu buang. 3-4 hari berikutnya ikan akan dapat bertahan hidup normal. Nah, tinggal menunggu sekitar 3 bulanan, ikan sudah cukup besar dan siap untuk bisa dipanen, dijual dengan harga sekitar 1000 rupiah per ekornya. Bikin saja buata tulisan di depan rumah “JUAL IKAN LELE ” Bagaimana, asyik kan?

Kalau tanah cukup luas, berartianda bisa bikin 2-3 kolam lagi bahkan lebih. Dan jangan lupa, perdalam ilmu untuk memelihara ikan dengan menggali ilmu dari buku atau dari pengalaman orang.

 

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates