Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Faktor Fundamental Yang Membuat Banyak Orang Gagal Dalam Bisnis

Faktor Fundamental Yang Membuat Banyak Orang Gagal Dalam Bisnis

Faktor Fundamental Yang Membuat Banyak Orang Gagal Dalam Bisnis

Faktor Fundamental Yang Membuat Banyak Orang Gagal Dalam Bisnis

Faktor Fundamental Yang Membuat Banyak Orang Gagal Dalam Bisnis

Faktor Fundamental Yang Membuat Banyak Orang Gagal Dalam Bisnis – Dibalik hingar bingar tentang kisah sukses para pebisnis, sejatinya ada fakta kelam tentang hal tersebut karena lebih dari 50% bisnis baru tidak bisa bertahan lebih dari 5 tahun. Hasrat untuk dapat membangun usaha sendiri, atau usaha sampingan sembari bekerja dari kantor, itu mungkin sebuah harapan yang layak diperjuangkan.

Namun 3 kesalahan fatal berikut ini membuat harapan itu segera jatuh dan ditelan fatamorgana. Impian untuk mempunyai bisnis yang profitabel menguap ditelan fantasi saja. Sejatinya ada beragam faktor yang menjelaskan kenapa harapan untuk dapat membangun sebuah bisnis hebat bisa langsung gagal.

Namun kali ini kita akan mengulik 3 faktor yang fundamental, kenapa banyak orang yang gagal dalam membangun bisnis profitabel.

1. Bad Products
Pilar paling kunci dalam sebuah bisnis sebenarnya adalah produk yang mampu menarik minat banyak orang, dan yang tak kalah penting adalah dibutuhkan oleh pasar. Produknya bisa berupa produk fisik ataupun jasa.
Banyak newbie gagal berbisnis karena produknya memang tidak wow. Tidak mempunyai keunikan, dan oleh karena itu, sama sekali pelanggan meminatinya.
Kalau produknya dibuat sendiri, memang dibutuhkan kreativitas dan kegigihan untuk belajar menciptakan produk yang sangat hebat. Tanpa kreativitas dan kegigihan untuk menciptakan produk-produk yang keren dan wow, jalan bisnis yang sangat kelam akan menjemput anda di ujung jalan. Kompetensi dan kreativitas adalah kunci jika anda mau berbisnis dengan cara jualan produk buatan diri sendiri.
Jika produk yang akan kita jual adalah produk buatan orang lain dan kita hanya menjadi distributor/reseller, maka kecakapan untuk menemukan supplier yang andal adalah kunci utama. Gigih dalam mencari dan blusukan. Ini adalah kunci untuk bisa menemukan supplier barang yang pas, dan membuat anda mampu memasarkannya dengan gemilang.

2. Bad Marketing and Promotion
Kesalahan para newbie adalah semangat menyiapkan produk yang akan dijual, dengan penuh antusiasme membuat toko online (entah via web atau via marketplace seperto tokopedia) lalu segera menggelar lapaknya. Setelah 21 hari berlalu, kok tidak satupun jualan yang laku. Dan setelah memasuki hari ke 29, produknya belum ada satupun yang laku juga akhirnya semangatnyapun pelan-pelan mulai kandas.
Kesalahan newbie itu amat simpel yaitu berasumsi bahwa kalau sudah buka toko, maka para pembeli akan berdatangan dengan sendirinya. Salah satu cara yang lebih cocok dalam er aonline ini terlebih dahulu bangun audience kemudian jualan bukan sebaliknya.
Cara paling murah agar dapat membangun audience (prospek) adalah via konten online yang disajikan secara konsisten dan kredibel. Setelah mampu mengumpulkan audience dalam media online melalui Facebook atau blog atau email list, baru kita pelan-pelan berjualan produk kita.
Jadi misalnya Anda mau jualan produk kecantikan, ya buka laman di Facebook dan lalu isi dengan berbagai konten yang bermanfaat tentang segala yang berkaitan kecantikan yang dihubungkan dengan kesehatan misalnya. Facebook, Instagram dan Blog saya kira adalah 3 medium yang ampuh untuk melakukan kegiatan promosi produk bisnis kita.

3. Bisnisnya Gagal Dibuka.
Alasan terakhir kenapa Anda gagal membangun bisnis yang profitabel adalah ide bisnis yang lama berdiam dalam otakmu tidak kunjung di implementasikan.
Ide bisnis Anda yang luar biasa itu, hanya dipikir lalu direnungkan terus dianalisa kemudian dipikir lagi selanjutnya direnungkan lagi dan dianalisa lagi. Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang di implementasikan. Bukan terus menerus dipikirkan dan dilamunkan sampai tua.

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates