Wednesday , 24 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Manggis

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Manggis

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Manggis

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Manggis

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Manggis

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Manggis – Buah manggis berasal dari Indonesia, tepatnya dari kepulauan Sunda dan Maluku. Manggis sering dianggap sebagai buah dewa karena mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Penggunaan manggis untuk pengobatan telah dimulai sejak abad ke-18. Nutrisinya tersebar mulai dari daging buah sampai kulitnya.

Kandungan Nutrisi

Manggis mengandung lebih dari 40 senyawa kimia bernama Xhanthones. Di antaranya ada gamma-mangostin, Alpha mangostin, dan garcinone E. Manggis mengandung senyawa lain seperti catechin, polisakarida, stilbene, kuinon, dan polifenol. Manggis merupakan sumber makanan yang kaya serat dan karbohidra, vitamin A, C, zat besi, kalsium, magnesium, dan potasium. Manggis mengandung vitamin B kompleks seperti tiamin, niacin, dan asam folat.

Manfaat

1. Melawan radikal bebas dan membantu mengurangi risiko kanker
Alpha-mangostin pada manggis berfungsi sebagai antioksidan dan Garcinone E berfungsi sebagai agen anti tumor yang kuat. Manggis memiliki catechin lima kali lebih kuat dari vitamin C. Polisakarida di dalamnya pun berpotensi sebagai senyawa anti kanker dan anti bakteri dengan menghambat kemampuan sel termutasi untuk menempel di sel sehat. Manggis mengandung quinon dan stilbene yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Polifenol dalam manggis lebih kuat daripada vitamin E. Hasil tes laboratorium ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) membuktikan bahwa jus manggis memiliki kemampuan 20 – 30 kali lebih banyak untuk menahan radikal bebas.

2. Meningkatkan sistem imun
Manggis kaya vitamin C yang dapat mencukui sekitar 12% kebutuhan harian / 100 g. Vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kuman penyakit hingga radikal bebas penyebab kanker.

3. Mengandung senyawa anti inflamasi dan anti jamur
Manggis digunakan oleh masyarakat Asia Tenggara selama ratusan tahun untuk mengobati infeksi, menurunkan demam, mengurangi rasa sakit, dan penyakit tropis lainnya dikarenakan mengandung gamma-mangostin yang merupakan anti inflamasi kuat.
Hasil penelitian yang diterbitkan di “Nutrition Journal” membuktikan bahwa partisipan yang meminum jus manggis dua kali sehari mengalami penurunan peradangan. Manggis dapat menyembuhkan penyakit gusi seperti periodontitis. Manggis yang dibuat salep menyembuhkan eksim dan penyakit kulit lain. Kulitnya yang direbus dapat dioleskan ke tubuh sebagai lotion astringent. Akarnya dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit menjelang menstruasi.

4. Obat disentri, diare, dan masalah kandung kemih
Kulit manggis yang dikeringkan, diiris, dan ditumbuk dapat mengobati disentri, diare, radang kandung kemih, kencing nanah, dan gleet. Caranya, rebus kulit manggis semalaman.

5. Membantu meningkatkan metabolisme
Manggis mengandung vitamin B kompleks termasuk tiamin, folat, dan niacin yang akan bertindak sebagai kofaktor dalam meningkatkan metabolisme tubuh untuk mengolah karbohidrat, lemak, dan protein. Manggis memiliki kalori 63 kalori / 100 g, bebas lemak jenuh, serat pangan 13% kebutuhan harian / 100 g.

6. Menjaga tekanan darah dan detak jantung tetap normal
Manggis mengandung potasium untuk mengontrol tekanan darah sehingga menurunkan risiko terkena atherosclerosis, penyumbatan jantung, dan sakit dada. Magnesium juga mengatur fungsi elektrik pada jantung agar detak jantung dan tekanan darah tetap normal.

7. Membantu pengobatan TB
Penelitian di Thailand membuktikan bahwa alfa mangostin, beta mangostin, dan garcinone B menghambat infeksi mycobacterium tuberculosis dan meningkatkan daya tahan tubuh bagi pasien penderita TB.

8. Menjaga kesehatan kulit
Anti bakteri dalam manggis menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari jerawat, noda, dan kulit berminyak. Diperankan oleh Xanthone untuk melindunginya dari efek negatif radikal bebas pemicu penuaan dini.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates