Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Mentimun

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Mentimun

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Mentimun

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Mentimun

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Mentimun

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Mentimun – Mentimun sering dijumpai di daerah tropis seperti di Indonesia. Buah mentimun termasuk buah yang mengandung banyak air, sehingga sangat segar. Tidak heran jika buah mentimun sering digunakan untuk perawatan wajah dan dijadikan masker dengan cara buah mentimun diiris tipis dan diletakkan di wajah atau kelopak mata. Selain itu, masih banyak manfaat lain dari buah mentimun bagi kesehatan. Diantaranya tercantum di bawah ini.

1. Perawatan kulit
Sifat diuretic pada buah mentimun, memiliki efek membersihkan dan mendinginkan, sehingga sangat bermanfaat bagi kulit. Kandungan airnya yang terbilang cukup tinggi, vitamin A, B dan C, serta beberapa mineral (magnesium, manganese, potassium, dan silika) menjadikan buah mentimun penting untuk perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung ekstrak mentimun bermanfaat untuk mengencangkan wajah. Selain itu, asam caffeic dan asam askorbat yang terdapat dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang berkontribusi untuk mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

2. Fungsi pencernaan
Kandungan serat dalam buah mentimun dapat menjadi detoks bagi tubuh untuk membuang racun dalam sistem pencernaan sehingga dapat meningkatkan fungsi pencernaan dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah mentimun secara rutin dapat mencegah banyak penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti maag, perut mulas, gastritis, hingga konstipasi atau susah buang air besar.

3. Mengontrol tekanan darah
Kandungan potasium, magnesium dan fiber (serat) dalam buah mentimun dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Sehingga buah ini sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

4. Kesehatan ginjal
Mentimun dapat membantu meringankan masalah pada kandung kemih dan ginjal. Kandungan air yang melimpah pada buah mentimun akan membantu fungsi ginjal dalam proses urinasi (produksi air kemih).

5. Kesehatan persendian dan tulang
Kandungan silika pada buah mentimun dapat meningkatkan kesehatan sendi dengan cara memperkuat jaringan ikat (jaringan penghubung antar sendi), sekaligus memperbaiki kesehatan tulang secara umum.

6. Perawatan kuku dan rambut
Selain dapat memperkuat persendian, buah mentimun memiliki kandungan silika yang cukup tinggi untuk mencegah pecah dan rusaknya kuku-kuku di jari tangan dan kaki. Silika juga berfungsi dalam menjaga kesehatan rambut, seperti pertumbuhan rambut dan memperkuat rambut dari akarnya.

7. Kesehatan gigi dan gusi
Kesehatan mulut secara umum, termasuk gigi dan gusi, dapat terawat dengan buah mentimun, terlebih jika dikonsumsi dalam bentuk jus. Buah mentimun segar (mentah)  yang dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan produksi saliva serta menetralkan asam dan basa dalam rongga mulut.

8. Diabetes
Kandungan mineral mangan dalam buah mentimun bermanfaat dalam proses sintesa hormon insulin dalam tubuh. Sehingga jus mentimun sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates