Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Nanas

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Nanas

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Nanas

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Nanas

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Nanas

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Nanas – Nanas berasal dari Amerika Selatan, buah ini tergolong mudah dibudidayakan di Indonesia, terutama daerah Subang dan Lampung yang terkenal sebagai pusat perkebunan nanas.

Kandungan Nutrisi

Kandungan nutrisi yang paling menonjol dari nanas adalah vitamin C dan mangan. The World’s Healthiest Foods menyatakan bahwa kandungan vitamin C pada 165 gr nanas mencapai 105,1 % kebutuhan / hari. Sedangkan kandungan mangannya mencukupi 76,5 % kebutuhan / hari.
Selain itu, ekstrak inti buah dan batang nanas mengandung enzim proteolitik bromelain yang membantu memecah protein. Nanas kaya akan tembaga, serta mengandung banyak vitamin B1, vitamin B6, serat pangan, folat, dan asam pantotenik. Vitamin A juga ditemukan dalam nanas.

Manfaat

1. Mencegah kanker dan melindungi tubuh dari radikal bebas
Nanas kaya akan bromelain yang berfungsi sebagai zat anti kanker. Hasil penelitian yang dilakukan Queensland Institute of Medical Research membuktikan ada 2 molekul penting yang terdapat pada bromelain, yakni CCS dan CCZ. CCS menahan protein Ras yang ditemukan pada 30 % penyakit kanker. Sedangkan CCZ berfungsi meningkatkan sistem imunitas untuk mengenali dan menghancurkan sel kanker. Keduanya dapat mencegah perkembangan sel-sel tumor pada payudara, usus besar, ovarium, paru-paru, dan melanoma. Bromelain juga dapat mengurangi rasa sakit dan efek buruk usai menjalani kemoterapi.
Nanas merupakan sumber mangan yang sangat baik. Mangan termasuk co-factor enzim superoksida dismutase, yang merupakan penghambat radikal bebas kuat. Nanas kaya akan vitamin C, salah satu anti oksidan alami yang membantu mencegah kanker.

2. Menyehatkan sistem pencernaan
Enzim bromelain membantu memecah protein sehingga lebih mudah dicerna dalam usus. Oleh karena itu nanas sering digunakan untuk melunakkan daging. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Immunology 2008, bromelain memiliki sifat anti inflamasi sehingga efektif mencegah peradangan dan penyakit pada usus besar.

3. Membantu menurunkan berat badan
Nanas baik dikonsumsi untuk penurunan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah. Dalam 100 gram nanas, terkandung 50 kalori yang setara dengan apel. Salah satu penelitian di Belanda membuktikan bahwa bromelain ampuh menghilangkan lemak. Konsumsi bromelain selama 30 hari membantu menurunkan berat badan hingga 4,27 kg.
Nanas kaya serat pangan larut maupun tak larut seperti pektin yang membantu melancarkan pencernaan.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh
Vitamin C diperlukan untuk proses sintesis kolagen yang berfungsi mempertahankan fungsi pembuluh darah, organ, kulit, dan tulang. Konsumsi nanas membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kuman dan melawan radikal bebas.
Vitamin C dapat mencegah penumpukan plak pada atherosclerosis yang dapat menimbulkan penyakit jantung. Nanas mengandung vitamin A dalam jumlah kecil (sekitar 58 IU per 100 gr) dan beta karoten. Senyawa ini dikenal sebagai salah satu anti oksidan yangdiperlukan untuk menjaga kulit, membran mukosa, dan menyehatkan mata.

5. Meredakan peradangan
Bromelain mengandung anti peradangan, anti pengentalan darah, dan anti kanker. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi nanas secara teratur membantu melawan arthritis dan masalah pencernaan. Bromelain sering digunakan mengatasi peradangan pada kulit. Misalnya untuk mengobati memar, kesleo, mengurangi bengkak, dan mengurangi rasa sakit.

6. Membantu penyembuhan sinusitis
German Commission E mengakui bahwa bromelain dapat digunakan untuk penyembuhan sinusitis.

7. Mencegah penyakit degenerasi makula (Age-related Macular Degeneration/ AMD)
Degenerasi makula adalah kondisi penglihatan yang menurun karena pertambahan usia. Penelitian yang dirilis dalam Archives of Ophtalmology membuktikan bahwa makan tiga atau lebih porsi buah dalam sehari menurunkan risiko terkena AMD hingga 36 % dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi 1,5 porsi dalam sehari.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates