Wednesday , 29 March 2017
Home » Info Kesehatan » Macam-Macam Diet

Macam-Macam Diet

Macam-Macam Diet

Macam-Macam Diet

Macam-Macam Diet

Macam-Macam Diet – Diet menjadi cara umum yang ditempuh saat menderita kelebihan berat badan, namun banyak sekali macam jenis diet yang beredar saat ini. Berikut beberapa macam diet yang terkenal dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan aman.

1. Diet Mayo
Diet mayo mengklaim mampu menurunkan berat badan 5 kilogram dalam 12 hari serta dapat memperbaiki pola makan yang berantakan. Diet Mayo berasal dari Mayo Clinic, organisasi kesehatan yang terkenal di Amerika Serikat. Diet ini, menyaranlan untuk mengurangi konsumsi garam atau tidak sama sekali. Sebab garam dipercaya dapat mengikat cairan dan lemak tubuh sehingga dapat menyebabkan kegemukan. Kemudian juga diharuskan untuk mengonsumsi semua makanan dengan cara direbus atau dikukus.

2. Diet Paleo
Diet Paleo hanya mengandalkan hasil alam dan proses pemasakan yang alami saja seperti dibakar, dikukus, atau direbus. Diet Paleo disarankan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan laut segar, sayuran hijau, serta zaitun

3. Diet Alkaline
Diet alkaline menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi akan alkaline, yang akan membuat pH tubuh menjadi seimbang dan terkendali sehingga dapat menghindari berbagai macam gangguan kesehatan termasuk kegemukan. Makanan tinggi alkaline, terdapat pada makanan alami yang tumbuh dari pohon atau tanah langsung.

4. Food combining
Diet food combining menyaranlan tidak boleh mengonsumsi karbohidrat dan protein dalam waktu bersamaan. Sebab keduanya sulit untuk dicerna bersamaan. Jika tidak tercerna dengan baik, maka sisa makanan akan menumpuk dan menimbulkan penyakit. Sebaliknya diet food combining diperbolehkan untuk makan banyak asal karbohidrat dengan sayuran atau sayuran dengan protein.

5. Clean eating
Diet clean eating wajib mengonsumsi makanan segar, organik, dan kaya nutrisi. Hindari junk food dan makanan nol nutrisi yang ribet dalam proses penyajiannya sebab akan menyebabkan vitamin di berkurang.

6. Diet Atkins
Diet yang memperbolehkan mengonsumsi lemak dan protein, seperti daging merah, ayam, bebek, telur, keju, dan mentega, tapi membatasi konsumsi jumlah karbohidrat, seperti nasi, jagung, roti, kentang, ubi, singkong, dan talas.

7. Diet South Beach
Diet south beach menyarankan makan makanan yang mengandung tinggi protein, membatasi lemak jenuh, dan bebas mengonsumsi karbohidrat kompleks apapun.

8. Diet Zona
Diet zona menyarankan untuk mengombinasikan asupan nutrisi yang terdiri dari 40% karbohidrat, 30% protein, dan 30% lemak dari total kalori secara menyeluruh.

9. Diet Rawfood
Diet rawfood menyarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur dan hanya diperbolehkan mengonsumsinya mentah atau setengah matang. Proses pemasakan menghindari hilangnya vitamin dan zat lain yang bermanfaat bagi tubuh.

10. Diet Bloodtype
Diet bloodtype sesuai dengan keistimewaan golongan darah.
–    Golongan darah A dianjurkan sebagai vegan, karena cenderung memiliki risiko kardiovaskular;
–    Golongan darah B disarankan mengonsumsi beragam makanan terutama olahan susu, daging, dan ikan;
–    Golongan darah AB merupakan pola makan gabungan golongan darah A dan B;
–    Golongan darah O disarankan mengonsumsi protein tinggi dan rendah karbohidrat karena cenderung lebih cepat mengalami kenaikan berat badan.

11. Diet Cabbage Soup
Diet cabbage soup disarankan mengonsumsi sup kol selama tujuh hari berturut-turut dan makanan rendah karbohidrat kompleks, protein, dan lemak.

12. Diet Sugar Buster
Diet sugar buster disarankan mengonsumsi karbohidrat kompleks sehingga dapat menyebabkan rasa cepat kenyang.

13. Diet 5:2
Diet 5:2 dilakukan dengan cara makan normal selama 5 hari kemudian puasa selama 2 hari dalam satu minggu. Selain menurunkan berat badan, diklaim dapat meningkatkan usia hidup, meningkatkan fungsi kognitif, dan melindungi otak.

14. Diet Dukan
Diet dukan menekankan pola makan tinggi protein, rendah karbohidrat, dan rendah lemak. Diet dukan dapat memilih 100 makanan (72 dari sumber hewani, 28 dari sumber nabati) berbeda dan diperbolehkan memakannya sesuai yang diinginkan, asalkan dari 100 jenis makanan tersebut.

15. Diet vegetarian
Diet vegetarian dibagi menjadi Lacto vegetarian, Fruitarian, Lacto-ovo vegetarian, Ovo vegetarian, Pescovegetarian, dan Semi-vegetarian. Kebanyakan vegetarian adalah lacto ovo vegetarians, yaitu tidak makan makanan dari jenis hewani, kecuali telur, susu, dan madu.

16. Diet Vegan
Diet vegan tidak makan apapun yang berasal dari hewan, termasuk telur, susu, dan madu. Selain alasan kesehatan, alasan veganisme juga untuk lingkungan hidup, etika, dan welas asih.

17. Diet Weight Watchers
Diet Weight Watchers menurunkan berat badan melalui diet, olahraga, dan dukungan jaringan pertemanan

18. Diet Mediterania
Diet Mediterania fokus disarankan banyak makanan nabati, buah-buahan segar sebagai hidangan penutup; kacang, kacang-kacangan, sereal, biji-bijian, minyak zaitun sebagai sumber utama lemak; keju dan yogurt sebagai makanan susu utama; sejumlah moderat ikan dan unggas, hingga sekitar 4 telur per minggu, sejumlah kecil daging merah, dan jumlah rendah/moderat anggur.

19. Diet OCD
Diet OCD menerapkan metode bisa makan apapun selama 4, 6, bahkan 8 jam, setelah itu tidak diperkenankan makan apapun kecuali minum air putih. Précis seperti orang puasa.

20. Diet Makan Tanpa Rasa
Diet makan tanpa rasa memperbolehkan makan apa saja asalkan tanpa rasa, biasanya dimasak dengan cara direbus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates