Wednesday , 26 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Alami Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Cara Alami Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Cara Alami Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Cara Alami Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Cara Alami Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Cara Alami Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah – Bibir kering dan pecah-pecah membuat bibir terlihat tidak menarik. Penyebabnya adalah kurangnya vitamin, paparan sinar matahari, perubahan cuaca ekstrim/peralihan iklim, reaksi alergi, dehidrasi, merokok, usia, dan terlalu sering menjilat/menggigit bibir. Bibir kering, bisa diatasi dengan produk perawatan bibir. Namun harganya cenderung mahal dan belum tentu cocok untuk semua tipe bibir. Berikut beberapa tips untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah:

1. Air
Salah satu penyebab bibir kering adalah dehidrasi. Meminum banyak air mengembalikan kelembaban yang hilang dan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Minum setidaknya 8 gelas sehari, sebelum makan dan sebelum tidur. Air juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, membuat kuit lebih kencang dan bercahaya.

2. Air Mawar
Air mawar dan kelopaknya bisa menjaga kelembaban bibir dan membuatnya menjadi lebih berkilau dengan penggunaan teratur. Caranya, petik segenggam kelopak bunga mawar, rendam di dalam susu atau gliserin beberapa saat, bisa juga ditambahkan madu untuk hasil lebih optimal, lalu haluskan kelopak mawar. Kemudian oleskan ke bibir hingga ke seluruh wajah jika perlu. Lakukan setiap sebelum tidur.

3. Krim Susu
Kandungan lemak yang tinggi dalam krim susu bisa dijadikan pelembab bibir yang alami. Caranya, oleskan krim susu pada bibir, biarkan setidaknya selama 10 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari sampai bibir benar-benar lembab.

4. Minyak Jarak (Castor Oil)
Oleskan minyak jarak ke bibir 1-2 kali sehari. Untuk hasil lebih optimal bisa dicampur dengan 1 sendok teh gliserin dan beberapa tetes air lemon, kemudian oleskan ke bibir setiap sebelum tidur. Bersihkan dengan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat keesokan harinya.

5. Madu
Oleskan madu asli ke bibir setiap hari. Bisa juga mencampurkan madu dengan gliserin atau air mawar, digunakan setiap malam sebelum tidur, bersihkan keesokan paginya.

6. Minyak Kelapa
Oleskan minyak kelapa murni ke bibir setiap hari. Bisa juga menggunakan minyak jojoba dan minyak zaitun.

7. Gula
Mengelupas kulit mati dari bibir yang pecah-pecah membantu mengembalikan kelembutan bibir secara alami, caranya bisa menggunakan sugar scrub. Yakni campurkan setengah sendok gula dengan 2 tetes minyak zaitun atau madu, oleskan merata ke bibir dan gosok perlahan. Setelah 3-5 menit, bilas dengan air hingga bersih.

8. Lidah Buaya
Ambil jeli lidah buaya, oleskan ke bibir. Selain itu lidah buaya juga menyejukkan dan membantu mengurangi rasa sakit jika terdapat luka di bibir.

9. Petroleum Jelly
Petroleum jelly bisa ditemukan di salah satu produk kecantikan yang diimpor ke Indonesia. Oleskan petroleum jelly ke bibir, tiap malam sebelum tidur, lalu bersihkan esoknya. Bisa juga mengoleskan madu tipis-tipis ke bibir, biarkan selama beberapa menit. Kemudian oleskan petroleum jelly tipis-tipis. Diamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan kapas basah.

10. Timun
Kupas kulit timun, setelah itu, potong dan usapkan potongan timun yang berair ke bibir. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan.

11. Air Lemon
Lemon memiliki antioksidan yang baik untuk kulit. Ambil sebuah lemon, potong dan peras airnya. Ambil 3 tetes air lemon, campur dengan satu sendok krim susu. Masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 1 jam. Lalu ambil airnya, oleskan ke bibir setiap sebelum tidur.

12. Kantong Teh Hijau
Gunakan kantong teh hijau yang sudah digunakan, tekan ke bibir selama kurang lebih 4 menit.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates