Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Mengatasi Kantung Mata

Cara Mengatasi Kantung Mata

Cara Mengatasi Kantung Mata

Cara Mengatasi Kantung Mata

Cara Mengatasi Kantung Mata

Cara Mengatasi Kantung Mata – Kantung mata yaitu lingkaran hitam di bawah mata atau sering juga disebut sebagai mata panda dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri bagi sebagian orang. Kantung mata disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari genetik, alergi, hingga kurang tidur. Kantung mata yang disebabkan alergi perlu mendapat penanganan khusus dari dokter. Bisa juga mencoba cara-cara di bawah ini untuk membantu menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata:

1. Minum cukup air
Kurang cairan dapat menyebabkan pembuluh darah meluas dan bengkak sehingga tampilannya semakin jelas terlihat. Pastikan minum cukup air agar mata panda tidak muncul dan tampak lebih segar.

2. Memakai tabir surya
Paparan sinar ultra violet dapat melemahkan produksi kolagen sehingga kulit menipis dan pembuluh darah di sekitar mata semakin tampak jelas. Gunakan tabir surya setidaknya dengan SPF 15 – 30 untuk mencegahnya.

3. Cukup istirahat
Kurang tidur menyebabkan stres, mata sembab dan menghitam. Kulit juga akan tampak lebih pucat sehingga lingkaran hitam semakin jelas. Tidurlah 7 – 8 jam sehari. Posisi tidur terbaik adalah terlentang karena jika tidur dengan posisi tengkurap atau miring, cairan akan terkumpul di bawah mata akibat daya gravitasi. Gunakan 2 bantal untuk menyangga kepala lebih tinggi untuk membantu menghindari penumpukan aliran darah di sekitar mata.

4. Gunakan kantung teh dingin
Suhu dingin dari kantung teh membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata dan menyempitkan pembuluh darah. Jangan gunakan kantung teh herbal karena kandungan tannin dalam teh hitam merupakan bahan aktif. Gunakan selama 10 – 15 menit setiap pagi dan menjelang tidur.

5. Manfaatkan irisan mentimun
Suhu dingin dari irisan mentimun dapat dimanfaatkan untuk mengompres mata. Mentimun mengandung astrigent yang dapat melancarkan peredaran darah. Gunakan irisan mentimun atau kantung teh yang telah dimasukkan ke dalam freezer selama 10 – 15 menit setiap pemakaian.

6. Batasi konsumsi garam
Konsumsi garam terlalu tinggi karena menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga pembuluh darah semakin jelas. Batasi konsumsi garam pada makanan. Ketahui makanan apa saja yang banyak mengandung garam.

7. Gunakan krim vitamin K
Meskipun belum ada penelitian mengamati penggunaan vitamin K untuk mengatasi lingkaran gelap di bawah mata, namun studi pendahuluan telah menemukan bahwa vitamin K membantu merawat kulit yang lebam.

8. Konsumsi vitamin C
Vitamin C kaya antioksidan yang dapat menguatkan pembuluh darah dan meningkatkan elastisitas kulit. Vitamin C banyak terdapat pada tomat dan jeruk ini dipercaya dapat mengatasi masalah penuaan kulit dan menjaga rona wajah agar tidak tampak pucat sehingga kantung mata dapat tersamarkan.

9. Konsumsi suplemen tambahan
Suplemen tambahan seperti piknogenol dan ekstrak biji anggur yang mengandung pigmen antioksidan dapat menguatkan pembuluh nadi. Namun bagi yang mengkonsumi obat yang dapat menipiskan kulit seperti Coumadin (warfarin) dan aspirin, harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter
Makanan tertentu seperti kranberi, bluberi, bilberi, kismis hitam (black currant), bawang, polong-polongan, teh (hijau dan hitam), dan peterseli juga mengandung pigmen oksidan tersebut.

10. Makan makanan yang dapat menyimbangkan ginjal
Dalam pengobatan tradisional China, warna kebiru-biruan di bawah mata disebabkan adanya ketidakseimbangan energi ginjal. Konsumsi makanan yang dapat membantu mengembalikan energi pada ginjal, di antaranya seperti lobster, sarden, udang, walnut, raspberi, buah kenari hijau, cengkeh, dan adas.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates