Tuesday , 28 March 2017
Home » Info Kesehatan » Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Alpukat

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Alpukat

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Alpukat

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Alpukat

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Alpukat

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Alpukat – Alpukat memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih tinggi, namun juga termasuk salah satu buah yang memiliki profil nutrisi yang tinggi dan memberikan banyak manfaat:

Kandungan Nutrisi

Tidak ada kandungan buah lain dalam alpukat yang melebihi kandungan antioksidan (karetanoid)-nya. Berikut daftar kandungan antioksidan karetanoid utama yang dimiliki alpukat:
1.    Alpha-Carotene
2.    Beta-Carotene
3.    Beta-Cryptoxanthin
4.    Chrysanthemaxanthin
5.    Lutein
6.    Neochrome
7.    Neoxanthin
8.    Violaxanthin
9.    Zeaxanthin

Tidak mengherankan jika alpukat bisa memberikan support penting bagi kesehatan. Selain itu, alpukat mengadung serat yang cukup tinggi, 25 nutrisi penting, termasuk vitamin A, B, C, E, K & potassium, tembaga, besi, fosfor, dan magnesium. Alpukat juga mengandung beberapa phytochemical bermanfaat seperti beta-sitosterol, lutein dan glutathione, yang melindungi tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.

Manfaat

1. Kesehatan Jantung
Alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat, keduanya membantu mengatur kadar homocysteine. Tingkat homosistein tinggi sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Buah ini juga mengandung vitamin E, glutathione, dan lemak tak jenuh tunggal, dalam membantu menjaga kesehatan jantung.

2. Mengontrol Tekanan Darah
Alpukat merupakan sumber potassium/kalium yang dapat membantu mengrontrol level tekanan darah.

3. Anti-inflamasi
Senyawa phytonutrisi seperti polifenol dan flavonoid dalam alpukat memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat mengurangi risiko gangguan inflamasi dan degeneratif.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol
Alpukat kaya akan beta-sitosterol yang menurunkan kadar kolesterol darah. Menurut sebuah studi, pasien dengan hiperkolesterolemia ringan yang memasukkan menu alpukat dalam diet mereka selama 7 hari memiliki total 17% dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan 22% LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida, dan meningkatkan 11% HDL (kolesterol baik).

5. Kesehatan Mata
Alpukat adalah sumber lutein karotenoid, yang membantu melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak yang berhubungan dengan usia.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah
Lemak tak jenuh tunggal (baik) dalam alpukat dapat membalikkan resistensi insulin yang membantu mengatur kadar gula darah. Selain itu alpukat juga mengandung serat larut yang menjaga dapat kadar gula dalam darah tetap stabil.

7. Mencegah Cacat Lahir
Alpukat kaya akan folat dan vitamin B (asam folat). Secangkir jus alpukat menyediakan sekitar 23% dari nilai harian folat yang direkomendasikan. Asam folat dalam alpukat penting dalam pencegahan cacat lahir bagi waninta yang sedang mengandung.

8. Mengurangi Resiko Stroke
Sebuah studi telah membuktikan bahwa orang yang diet kaya asam folat memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak.

9. Mencegah Kanker
Banyak penelitian telah membuktikan bahwa alpukat dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Selain itu asam oleat dalam alpukat juga efektif dalam mencegah kanker payudara.

10. Melawan Radikal Bebas
Alpukat mengandung glutation sehingga imunitas tubuh tetap terjaga dan juga mengurangi resiko kanker.

11. Sifat Anti-penuaan
Glutathione dalam alpukat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan, dan mendorong sistem saraf agar tetap sehat.

12. Mengatasi Bau Mulut
Alpukat mampu membersihkan usus, yang merupakan penyebab utama ‘lidah berlapis’ dan bau mulut.

13. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi
Sebuah studi membuktikan bahwa, ketika peserta makan salad berisi alpukat, mereka menyerap 5 kali jumlah karotenoid (beta karoten dan lycopene) lebih banyak daripada mereka yang tidak memakannya.

14. Perawatan Kulit
Minyak alpukat sering ditambahkan dalam banyak kosmetik karena mampu membantu mengobati penyakit kulit yang menyebabkan iritasi kulit dan kemerahan, serta mengobati psoriasis.

15. Menambah Berat Badan
Alpukat mengandung 200 kalori/100 gram. Biasanya, buah-buahan memiliki sekitar 60-80 kalori/100 gram. Karena jumlah kalorinya yang tinggi, alpukat merupakan diet terbaik bagi orang-orang yang ingin menambah berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates