Thursday , 30 March 2017
Home » Info Kesehatan » Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Anggur

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Anggur

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Anggur

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Anggur

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Anggur

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Anggur – Anggur merupakan buah-buahan perdu merambat yang dibudidayakan sejak 6 – 8 ribu tahun silam di Timur Tengah. Khasiat buah ini telah diketahui sejak lama, tidak lepas dari kandungan nutrisi dan fitonutrien yang tersimpan dalam buah anggur.

Kandungan Nutrisi

1. Kaya mineral mikronutrien seperti zat besi, tembaga, mangan, dan potasium.

2. Sumber vitamin C, A, K, karoten, dan vitamin B kompleks seperti tiamin, pirikoksin, riboflavin.

3. Kaya dengan berbagai antioksidan polifenol, seperti antosianin, flavanol (katekin, epikatekin, prosianidin, proantosianidin, viniferon), stilbene (resveratrol, piceatannol, pterostilbene), karotenoid (beta karoten, zeaxanthin, lutein), flavonol (quercetin, kaempferol, myricetin, isorhamnetin), asam fenolik (asam kafeat, asam kumarat, asam ferulat, asam galat).

Kandungan antioksidan pada setiap jenis anggur berbeda-beda. Misalnya, anggur merah dan ungu mengandung antosianin tinggi, sedangkan anggur hijau dan putih memiliki tannin tinggi, terutama katekin. Pada umumnya, antioksidan ini tersebar di bagian kulit dan biji anggur.

Manfaat

1. Menurunkan risiko stroke
Resveratrol dalam anggur membantu menurunkan risiko stroke dengan memangkas mekanisme molekular dalam pembuluh darah. Mekanisme kerjanya resveratrol akan mencegah kerusakan pembuluh darah dengan mengurangi aktivitas angiotensin, kemudian membantu meningkatkan produksi senyawa vasodilator nitrit oksida yang meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah.

2. Mengurangi risiko terkena kanker payudara, prostat, dan usus besar
Katekin, proantosianidin, dan stilbene (terutama resveratrol). Resveratrol dikaitkan dalam pencegahan kanker prostat, antosianin dikaitkan dengan pencegahan kanker usus besar.

3. Antioksidan
Penelitian memmbuktikan bahwa antioksidan dalam anggur membantu mencegah enzim terkait oksigen menjadi terlalu aktif, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, mengurangi oksidasi lemak, menurunkan biomarker tekanan oksidatif dan menurunkan kadar molekul reaktif oksigen di dalam darah

4. Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular
Penelitian membuktikan bahwa anggur membantu memperbaiki regulasi tekanan darah, mengurangi kolesterol LDL, menurunkan oksidasi LDL, menurunkan adhesi sel pada dinding pembuluh darah, mengurangi kadar molekul oksigen reaktif dalam darah, mencegah peradangan, mencegah penggumpalan darah, dan meningkatkan pengeluaran nitrit oksida dari sel endotelial yang melapisi dinding pembuluh darah.

5. Meningkatkan fungsi kognitif
Beberapa penelitian membuktikan bahwa ekstrak anggur mampu membantu meningkatkan fungsi kognitif pada hewan dan manusia. Siswa yang mengonsumsi 1 – 2 cangkir jus anggur setiap hari selama beberapa bulan menunjukkan peningkatan hasil tes Califonia Verbal Learning Test. Diduga resveratrol meningkatkan aliran darah ke otak hingga 200% sehingga daya kognitif meningkat.
Penelitian lain membuktikan bahwa resveratrol membantu mengurangi kadar amyloidal-beta peptida pada penderita Alzheimer.

6. Anti mikroba
Beberapa fitonutrien pada anggur (flavonoid quercetin hingga resveratrol dan piceatannol) memiliki fungsi anti mikroba. Peneliti juga mengatakan bahwa anggur berpotensi membantu mencegah masalah kesehatan yang disebabkan penyakit yang disebarkan oleh makanan.

7. Mengontrol gula darah
Anggur memiliki indeks glikemik rendah, yakni berkisar antara 43 – 53. Beberapa penelitian membuktikan bahwa anggur dapat mengontrol gula darah. Konsumsi ekstrak anggur dikaitkan dengan regulasi insulin yang lebih baik, serta meningkatnya sensitivitas insulin. Diduga kandungan fitonutrien yang memainkan peran penting dalam hal ini.

8. Membantu memperpanjang usia
Beberapa peneliti mengatakan resveratrol mampu meniru kerja pembatasan kalori dan meningkatkan harapan hidup sel ragi hingga 70%.

9. Mencegah degenerasi makula
Penelitian dari University of Miami mempublikasikan bahwa diet kaya anggur membantu meningkatkan kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula. Mereka yang mengonsumsi 3 porsi anggur per hari berisiko terkena degenerasi makula sebesar 36% lebih rendah daripada yang tidak.

10. Menyehatkan ginjal dan pencernaan
Kandungan air pada anggur membantu mengurangi tekanan pada ginjal sehingga menjaganya tetap sehat. Selain itu anggur juga mencegah sembelit dan iritasi pada perut.

11. Membantu mengatasi kelelahan
Anggur hijau atau putih mengandung zat besi tinggi yang membantu mengatasi kelelahan dan mencegah anemia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates