Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Blueberry

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Blueberry

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Blueberry

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Blueberry

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Blueberry

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Blueberry – Blueberry merupakan buah asli Amerika Utara yang memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Buah yang termasuk buah beri ini juga tumbuh di kawasan China, Australia, Mediterania, Selandia Baru, dan Amerika Selatan. Budidaya blueberry di Indonesia masih terbatas karena perbedaan lingkungan. Meski demikian, beberapa blueberry varietas tertentu dapat ditemukan di Cianjur.

Kandungan Nutrisi

Kadar antioksidan di dalam blueberry mencapai 5562 TE / 100 g datang dari senyawa antosianidin dan polifenol seperti quercetin, kaempferol, asam klorogenat, tanin, myricetin, malvidin, delfinidin, sianidin, serta peonidin.
Selain itu, ada fitonutrien lain dalam blueberry, yakni:
1.    Asam hidroksisinamat
2.    Asam kafeat
3.    Asam ferulat
4.    Asam kumarat
5.    Asam hidroksibenzoat
6.    Asam galat
7.    Asam prokatekuat
8.    Fitonutrien lain terkait-fenol
9.    Pterostilbene
10.    Resveratrol

Blueberry merupakan sumber vitamin K, C dan mangan. Vitamin A dan B kompleks serta mineral lain pun jumlahnya tidak banyak. Dalam 100 g blueberry hanya mengandung 57 kalori sehingga bisa dikonsumsi tanpa takut berat badan bertambah.

Manfaat

1. Perlindungan antioksidan dan anti peradangan
Beberapa studi membuktikan konsumsi blueberry secara teratur melindungi sistem saraf, pencernaan, kardiovaskular, dan sistem transportasi gula darah dari tekanan oksidatif. Vitamin C dan A di dalamnya membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan mempercepat pemulihan sel.

2. Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular
Salah satu penelititan 2012 lalu membuktikan bahwa wanita yang makan lebih dari 3 porsi blueberry dan stroberi per minggu memiliki risiko terkena serangan jantung 32% lebih rendah daripada mereka yang tidak.
Di penelitian lain, membuktikan konsumsi blueberry secara teratur meningkatkan keseimbangan lemak dalam darah, meningkatkan HDL, menurunkan kolesterol total, dan menurunkan trigliserida. Blueberry juga melindungi komponen darah dari kerusakan oksidatif penyebab terjadinya penyumbatan arteri.

3. Mengontrol tekanan darah
Penelitian membuktikan bahwa konsumsi blueberry secara teratur dapat membantu mengontrol tekanan darah.

4. Meningkatkan daya ingat
Beberapa studi membuktikan kaitan antara konsumsi blueberry dan peningkatan memori dan kemampuan belajar spasial. Konsumsi blueberry selama 12 minggu rutin setiap hari cukup untuk meningkatkan nilai pada 2 tes kognitif berbeda.
Studi lain dari Harvard Medical School membuktikan bahwa blueberry dan stroberi dapat meperlambat penurunan fungsi kognitif pada wanita lanjut usia.

5. Mengontrol gula darah
Blueberry memiliki indeks glikemik 40-53. Meski masih lebih tinggi dari stroberi dan blackberry, diperkirakan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mengontrol gula darah pada penderita diabetes melitus tipe II.

6. Menjaga kesehatan mata
Salah satu studi dalam jurnal “International Ophthalmol” menyarankan konsumsi ekstrak blueberry  untuk  menghindari sinar mahatari berlebih.
Antioksidan di dalamnya juga dapat melindungi retina dari kerusakan oksidatif dan cahaya matahari. Studi lain menunjukkan bahwa ekstrak blueberry dapat menajamkan penglihatan pada malam hari.

7. Pencegahan kanker
Studi laboratorium pada sel dan hewan percobaan membuktikan bahwa antosianin dapat menurunkan kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates