Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

Dampak Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

Dampak Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

Dampak Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

Dampak Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

Dampak Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud – Pada beberapa kasus terdapat orang yang mengalami kotoran telinga hingga menumpuk dengan sangat cepat dan menyebabkan berkurangnya kemampuan mendengar. Untuk membersihkannya banyak orang yang memilih menggunakan cotton bud. Para ahli menyimpulkan bahwa membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud akan menyebabkan gangguan pendengaran atau  menyebabkan kerusakan pada saluran dalam telinga.

Saluran dalam telinga mempunyai sel khusus yang berfungsi dalam memproduksi cerumen, atau kotoran telinga. Beberapa ahli menjelaskan bahwa kotoran telinga adalah pelindung alami tubuh dari segala macam partikel yang asing, termasuk dari serangga, yang dapat masuk ke dalam tubuh melewati lubang telinga.

Kotoran telinga juga sebagai antibiotik dan antijamur, dengan demikian jika terlalu sering membersihkan telinga dapat berakibat pada komplikasi telinga dan juga kulit, termasuk infeksi telinga serta eksim di bagian luar telinga.
Meskipun residu kotoran telinga akan menempel pada kapas cotton bud, akan tetapi di saat yang bersamaan dapat mendorong dan memadatkan kotoran telinga untuk semakin masuk jauh ke dalam. Hal ini menyebabkan rasa sakit, tekanan, gangguan pendengaran sementara, sampai beresiko menusuk gendang telinga.

Rasa sakitnya yang akan terjadi cukup parah dan telinga akan mengeluarkan cairan bening. Gendang telinga yang tertusuk dapat mudah sembuh dengan sendirinya, meskipun proses pemulihan dapat memakan waktu yang cukup lama serta bisa berujung pada gangguan pendengaran konduktif.

Apabila terlalu sedikit kotoran telinga yang tersisa dapat meningkatkan risiko infeksi, dan apabila terlalu banyak kotoran telinga dapat meningkatkan kejadian infeksi juga kehilangan pendengaran.
Secara umum, lubang di dalam telinga tidak perlu dibersihkan. Telinga memiliki mekanisme pembersihan secara mandiri. Lemak dan juga minyak dalam saluran telinga dapat memerangkap segala partikel asing yang dapat masuk ke dalam telinga serta membilasnya keluar sebagai kotoran telinga. Menurut para ahli sebenarnya kotoran telinga akan luruh dengan sendirinya tanpa di sadari.

Struktur kulit di dalam saluran telinga Anda bertumbuh layaknya spiral yang mengarah ke arah luar. Pada saat kotoran telinga mengering, setiap gerakan yang di buat oleh rahang seperti mengunyah, berbicara, dapat membantu melancarkan transportasi kotoran telinga dari dalam sampai keluar lubang telinga.

Selama keramas atau pada saat mandi, air yang masuk ke bagaian dalam lubang telinga akan mengencerkan kotoran telinga dengan demikian akan memudahkan proses pembuangan.
Bagian terluar telinga harus tetap di bersihkan secara teratur. Meskipun tetap hindari membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud. Apabila setelah mandi, cukup menggunakan sedikit sabun, air, serta sebuah lap bersih untuk membersihkan bagian luar telinga.

Metode seperti itu memang tidak dapat memberikan efek telinga yang bersih kesat, akan tetapi, menurut para ahli berpendapat bahwa kelembapan yang diberikan oleh kotoran telinga sangat bagus untuk kesehatan telinga. Telinga dengan kondisi yang kesat sama sekali bersih dari kotoran telinga dapat membuat saluran telinga kering dan juga terasa gatal. Keadaan ini kemudian dapat menciptakan kebiasaan yang berulang, seseorang akan merasa telinga gatal akibat terlalu banyak kotoran telinga yang menumpuk, sehingga Anda akan semakin rutin untuk mengorek telinga.

Apabila semakin keras mengorek telinga, maka semakin banyak pula histamin yang akan dilepaskan serta menyebabkan kulit teriritasi dan juga meradang, denga demikian memperparah masalahnya. Apabila Anda tidak cukup puas untuk membersihkan telinga dengan menggunakan kain lap basah, Anda dapat menggunakan suatu larutan pembersih telinga. Cukup meneteskan larutan tetes telinga tersebut untuk memudahkan dalam membersihkan telinga Anda. Namun, solusi terbaik untuk membersihkan telinga anda sebenarnya dengan mengunjungi dokter THT supaya mendapatkan pembersihan telinga secara profesional.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates