Wednesday , 29 March 2017
Home » Info Kesehatan » Ketahui Respon Tubuh Akibat Minum Air Panas

Ketahui Respon Tubuh Akibat Minum Air Panas

Ketahui Respon Tubuh Akibat Minum Air Panas

Ketahui Respon Tubuh Akibat Minum Air Panas

Ketahui Respon Tubuh Akibat Minum Air Panas

Ketahui Respon Tubuh Akibat Minum Air Panas – Air merupakan kebutuhan manusia yang harus dipenuhi setiap hari dengan kuantitas yang cukup. Dalam tubuh manusia air digunakan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang sebagai adanya aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Dehidrasi merupakan kondisi yang terjadi pada orang yang mengalami kehilangan cairan dengan gejala tubuh menjadi terasa lemas, konsentrasi menurun serta fokus menurun, dan juga akan rentan terserang penyakit.Dalam rangka memenuhi asupan konsumsi air yang cukup, hal yang harus diperhatikan adalah kondisi suhu air yang aman untuk dikonsumsi. Suhu air minum yang baik untuk diminum  berada pada suhu rata – rata, dimana suhu air tidak terlalu panas dan juga suhu air tidak terlalu dingin. Apabila kondisi suhu air dengan suhu yang terlalu dingin ataupun suhu terlalu panas dengan kisaran suhu 100-80ºC menimbulkan dampak untuk kesehatan tubuh.

Dengan demikian dalam minum air tidak hanya memenuhi kuantitas yang cukup, akan tetapi harus memperhatikan kondisi suhu air yang akan di minum. Sebab apabila tidak memperhatikan kondisi suhu air, akan berdampak terhadap kesehatan, berikut beberapa dampak minum air panas untuk kesehatan tubuh diantaranya:

1. Mulut akan terasa panas dan perih
Mulut merupakan bagian pertama yang akan terkena dampak akibat minum air panas, sebab lewat mulutlah minuman masuk ke dalam tubuh. Mulut akan terasa panas dan terasa perih apabila seseorang minum dengan kondisi suhu air yang panas. Hal tersebut terjadi sebab bagian bibir serta mulut memiliki kulit yang paling sensitive terhadap suhu dingin serta suhu panas.

2. Melepuhnya bagian lidah
Selain bagian mulut, lidah juga akan dilewati dalam proses masuknya makanan ke dalam tubuh. Dengan seseorang minum air panas maka akan membuat lidah melepuh serta akan terasa sangat perih. Apabila secara terus menerus dengan kondisi lidah yang melepuh maka akan sangat berbahaya. Jika melepuhnya lidah akibat air panas yang terlalu sering dikonsumsi akan menyebabkan kehilangan fungsi pengecap secara permanen. Sehingga tidak dapat merasakan rasa apa-apa.

3. Email gigi menjadi rusak
Gigi juga bagian yang dilewati dalam proses konsumsi makanan. Gigi berguna untuk merobek makanan yang masuk ke dalam mulut. Gigi di lindungi oleh lapisan email gigi, yang dapat menjaga kondisi gigi dari gangguan kuman, gangguan bakteri, menjaga gigi berlubang, hingga dapat menjaga abrasi gigi. Jika seseorang terlalu sering minum air panas, maka lapisan email gigi akan menjadi terkikis akibat panasnya suhu air yang dikonsumsi. Dengan demikian dampaknya abrasi gigi yaitu gigi akan menjadi sensitive.

4. Tenggorokan akan terasa perih serta terasa panas
Tenggorokan merupakan saluran yang dilewati oleh makanan yaag masuk ke dalam tubuh.  Seseorang akan terasa perih dan juga panas pada tenggorokan jika minum air panas. Dampaknya dapat mengakibatkan radang tenggorokan, bahkan menyebabkan tenggorokan terasa melepuh serta perih, akan tetapi kondisi ini bisa hilang dalam beberapa waktu.

5. Menyebabkan perut menjadi kembung
Kondisi perut menjadi terasa kembung dan begah. Di akibatkan suhu dari air yang terlalu tinggi masuk ke dalam bagian lambung seseorang, sehingga akan mengakibatkan terjadinya gangguan pada bagian lambung akibat adanya kondisi suhu air tersebut. Hal yang menjadi perut kembung yaitu timbulnya asam lambung naik.

6. Dampaknya lambung terasa panas
Selain lambung akan menjadi kembung, perasaan panas dan juga tidak nyaman akan timbul akibat minum air panas. Menurunya selera makan dan perut menjadi terasa sakit akan dialami oleh seseorang yang minum dengan air panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates