Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Makanan yang Harus di Hindari pada Penderita Asam Lambung

Makanan yang Harus di Hindari pada Penderita Asam Lambung

Makanan yang Harus di Hindari pada Penderita Asam Lambung

Makanan yang Harus di Hindari pada Penderita Asam Lambung

Makanan yang Harus di Hindari pada Penderita Asam Lambung

Makanan yang Harus di Hindari pada Penderita Asam Lambung – Permasalahan pada bagian lambung sering di derita oleh banyak orang. Terdapat berbagai macam masalah pada lambung, seperti akibat perut kembung, mulas, mual, dan juga muntah. Akan tetapi, jika lambung merasa panas pada perut juga disertai rasa mulas atau mual, kemungkinan seseorang mengalami masalah dengan refluks asam lambung, yakni saat asam lambung yang berlebih naik dari lambung ke bagian tenggorokan. Salah satu penyebab timbulnya refluks asam lambung yaitu akibat makanan dan minuman yang di konsumsi. Adapun jenis makanan yang harus dihindari, sebagai berikut:

1. Konsumsi Cokelat
Mungkin bagi beberapa yang tidak menyukai cokelat, menjadi tidak masalah untuk menghindari makanan yang coklat ini. Akan tetapi, apabila Anda penyuka cokelat, hal ini adalah kabar buruk untuk anda. Coklat memang sangat menggoda, akan tetapi memicu refluks asam lambung, sebagai berikut:

a. Cokelat yang mengandung kafein dan juga stimulan lainnya yakni theobromine, yang dapat mengakibatkan refluks;
b. Coklat mengandung lemak yang cukup tinggi, dan juga lemak yang dapat menyebabkan refluks;
c. Coklat memiliki kandungan tinggi akan cocoa, hal ini juga mengakibatkan refluks.

2. Konsumsi Soda
Konsumsi soda selain membuat perut kembung, soda dan jenis minuman berkarbonasi akan memicu peningkatan asam lambung seseorang. Gelembung soda yang berasal dari minuman berkarbonasi akan menyebar ke seluruh bagian perut dan hal ini memicu peningkatan asam lambung.

3. Konsumsi Makanan yang digoreng
Makanan yang digoreng dapat diketahui juga bisa memicu refluks asam lambung. Makanan ini berhubungan dengan panas lambung. Gejala yang akan dialami penderita yaitu nyeri dada. Selain itu juga pemicu kolesterol.

4. Konsumsi Alkohol
Sama halnya seperti minuman bersoda, minum bir, anggur, dan juga minuman keras lainnya bisa berkontribusi mengakibatkan peningkatan refluks asam lambung. Alkohol bisa dipercaya akan merelaksasi katup di bawah esofagus atau menyatu dengan lambung yang bisa menyebabkan asam lambung. Akan tetapi, terdapat beberapa minuman yang beralkohol yang tidak terlalu mempunyai kandungan asam tinggi.

5. Konsumsi Susu berlemak tinggi
Makanan dengan kadar lemak tinggi dapat menyebabkan refluks asam lambung. Baik minum susu, mentega, atau keju juga memiliki kandungan lemak yang tinggi.

6. Konsumsi Daging tinggi lemak
Kandungan lemak yang tinggi terdapat dalam daging sapi, daging babi dan daging domba, sebab daging dapat lama berada di dalam lambung, dengan demikian dapat meningkatkan refluks.

7. Konsumsi Kafein
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kafein bisa meningkatkan refluks asam lambung.

8. Konsumsi Tomat
Buah tomat ini mengandung sitrat serta asam malat yang bisa meningkatkan asam lambung. Pada saat mengkonsumsi terlalu banyak tomat, asam tersebut akan mengalir ke kerongkongan.  Tidak ada lagi alternatif lain, karena ketika Anda menyajikan tomat dengan cara memanggangnya pun, hal ini tidak mengurangi asam yang ada.

9. Konsumsi Citrus
Buah Jeruk, lemon, buah jeruk nipis, jeruk bali merupakan buah-buahan yang termasuk ke dalam citrus. Terdapat para ahi berpendapat bahwa membatasi asupan asam atau dietary acid bisa meredakan gejala asam lambung misalnya batuk dan suara serak.

10. Bawang bombay
Menurut para ahli berpendapat, pasien yang menderita asam lambung apabila mengkonsumsi bawang bisa mengalami pengurangan pH lambung dalam waktu yang cepat (apabila semakin rendah pH, asam pun akan semakin tinggi). Hal ini juga bisa mengakibatkan sendawa dan mual.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates