Wednesday , 26 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Prosedur Menggosok Gigi dengan Benar

Prosedur Menggosok Gigi dengan Benar

Prosedur Menggosok Gigi dengan Benar

Prosedur Menggosok Gigi dengan Benar

Prosedur Menggosok Gigi dengan Benar

Prosedur Menggosok Gigi dengan Benar  – Gigi merupakan salah satu yang sangat mempengaruhi penampilan seseorang. Apabila kondisi gigi tidak sehat maka akan mempengaruhi tingkat percaya diri seseorang. Dengan demikian kondisi gigi harus tetap terjaga agar gigi tetap dalam kondisi sehat. Agar kondisi gigi tetap sehat, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawatnya.

Namun hal tersebut bukanlah harus datang ke seorang dokter gigi saja yang dapat menguras isi dompet anda. Akan tetapi merawat kesehatan gigi dapat dilakukan sendiri dengan cara yang sederhana. Akan tetapi juga untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi, seseorang harus mengontrol ke dokter gigi maksimalnya selama enam bulan satu kali. Cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi yaitu dengan menggosok gigi secara benar.

Oleh sebab itu untuk hasil yang maksimal, menggosok gigi haruslah dengan cara yang baik dan juga benar. Berikut ini cara menggosok gigi dengan benar,adalah:

1. Hindari penggunaan pasta gigi secara berlebihan
Pemahaman banyak orang bahwa apabila menggunakan banyak busa lewat odol maka membuat gigi menjadi cepat bersih. Gunakanlah pasta gigi dengan ukuran seperti biji jagung saja.

2. Setelah mengkonsumsi soda lakukan menggosok gigi setelah 45 menit
Apabila seseorang sudah mengkonsumsi minuman bersoda kemudian langsung menggosok gigi maka akan menyebabkan gigi rapuh. Sebab sisa asam yang terkandung dalam soda jika bercampur dengan pasta gigi, mempunyai potensi untuk membuat gigi rapuh.

3. Gosoklah gigi dengan lembut
Pada saat melakukan menggosok gigi, biasakanlah menggosok gigi dengan cara yang lembut. Hindari menggosok gigi yang terlalu keras karena akan membuat gigi menjadi lebih sensitif, serta gosoklah gigi dengan lama pada gigi bagian depan terlebih dahulu.

4. Biasakan sikat gigi dengan arah vertikal
Agar seluruh kotoran pada sela – sela gigi ikut terangkat, maka biasakanlah menyikat gigi dengan arah vertical.

5. Gosoklah gigi dengan arah vertikal di bagian kanan dan kiri
Apabila setelah menyikat gigi pada bagian depan, kemudian pindahlah menyikatnya secara vertikal di bagian samping kanan dan juga di bagian samping kiri. Pastikanlah seluruh bagian samping gigi tersikat dengan baik dan benar satu persatu agar benar- benar bersih.
6. Gosoklah bagian dalam gigi
Apabila setelah melakukan sikat gigi di bagian samping kanan dan juga samping kiri, kemudian sikatlah di bagian dalam gigi anda. Sikatlah dengan cara yang benar, merata dan juga bersih karena kondisi bagian dalam gigi, merupakan bagian yang banyak menyimpan sisa – sisa makanan apabila setelah makan.

7. Biasakan menyikat lidah dan langit-langit
Pada saat anda menyikat gigi, bukan hanya menjaga kebersihan gigi saja yang harus diperhatikan, akan tetapi kondisi lidah serta langit-langit juga harus diperhatikan dengan menyikatnya, karena bakteri sisa makanan dapat bersarang di dalam lidah dan juga langit-langit tempat tersebut.

8. Biasakanlah menggunakan penyegar mulut
Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakanlah cairan penyegar mulut. Karena dengan menggunakan cairan penyegar mulut tersebut anda dapat mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut anda. Sehingga kondisi mulut anda akan segar dan juga akan terhindar dari bakteri.

9. Gunakanlah sikat gigi yang berbulu lembut
Apabila anda menggunakan sikat yang berbulu kasar, maka akan merusak gusi anda. Dengan demikian pada saat memilih sikat gigi, pilihlah sikat dengan bulu yang lembut. Gunakkanlah sikat gigi tidak lebih dari 3 bulan. Karena dengan mengganti sikat gigi secara rutin akan memberikan hasil yang maksimal ketika menyikat gigi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates