Friday , 24 March 2017
Home » Info Kesehatan » Respon Tubuh Akibat Konsumsi Makanan Mengandung  Pewarna Rhodamin B

Respon Tubuh Akibat Konsumsi Makanan Mengandung  Pewarna Rhodamin B

Respon Tubuh Akibat Konsumsi Makanan  Mengandung  Pewarna Rhodamin B

Respon Tubuh Akibat Konsumsi Makanan  Mengandung  Pewarna Rhodamin B

Respon Tubuh Akibat Konsumsi Makanan Mengandung Pewarna Rhodamin B

Respon Tubuh Akibat Konsumsi Makanan  Mengandung  Pewarna Rhodamin B – Penggunaan pewarna dalam makanan merupakan trik produsen untuk menarik konsumen. Terdapat banyak pewarna makanan salah satunya rhodamin B. Rhodamin B merupakan salah satu bahan pewarna yang sering digunakan, dimana pewarna ini merupakan pewarna sintesis makanan yang dilarang untuk digunakan dalam makanan. Hal tersebut dilarang sebab rhodamin B mempunyai efek samping yang akan timbul terhadap kesehatan tubuh begitu besar, selain berbahaya jika digunakan dalam makanan, rhodamin B juga berbahaya jika digunakan dalam produk kosmetik. Karakter makanan yang tercampur Rhodamin B yaitu rasanya sedikit pahit, terdapat gumpalan warna yang tidak merata dan tidak terdapat pada keterangan merk, produsen juga dalam komposisi yang jelas. Apabila makanan yang tercampur pewarna Rhodamin  B dapat menimbulkan bau aneh yang tidak sesuai dengan bau makanan tersebut, apabila sudah mengkonsumsinya biasanya menyebabkan tenggorokan gatal beberapa saat.Contoh jenis produk makanan yang mengandung zat Rodhamin B seperti sambal dengan kemasan botol, produk cabe merah dengan giling, produk kerupuk, dalam sirup, terasi dan juga jenis makanan lainnya. Kandungan klorin dalam pewarna Rodhamin B bersifat reaktif. Apabila tertelan oleh tubuh, klorin menjadi racun untuk tubuh. Adapun beberapa dampak yang dapat timbul akibat mengkonsumsi makanan yang mengandung pewarna Rhodamin B, sebagai berikut:

1. Saluran Pernapasan Menjadi Iritasi
Apabila seseorang menghirup Rodhamine B dampaknya menyebabkan iritasi pada pernafasan dan berdampak untuk terjadinya infeksi paru-paru serta penyebab batuk yang berdarah.

2. Mempengaruhi Kesehatan Bibir
Dengan seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung rhodamin B maka akan timbul bibir pecah, kering, terkelupas, gatal dan hingga iritasi kulit yang apabila mengalami kontak langsung dengan Rodhamin B.
3. Menyebabkan Iritasi pada Mata
Apabila mata terkena Rodhamine B dapat menyebabkan iritasi pada mata, mata akan menjadi merah serta akan timbulnya udem pada kelopak mata.
4. Menyebabkan Tubuh Keracunan
Apabila rhodamin B tertelan maka efeknya terjadi keracunan dalam tubuh, dengan gejala mual, sakit perut dan air seni menjadi berwarna merah muda ataupun warna merah.
 Berikut Komplikasi Akibat terpapar Rhodamin B
Apabila seseorang mengkonsumsi makanan dengan kandungan pewarna rhodamin B secara berulang dan dalam jangka waktu yang panjang, menyebabkan toksik akumulatif dalam tubuh atau efek timbul beberapa tahun kemudian.

Beberapa komplikasi yang akan timbul jika konsumsi rhodamin B secara terus menerus di antaranya:
1. Dapat Menimbulkan Gangguan konsentrasi
2. Dapat Menimbulkan Gangguan tidur
3. Dapat Menyebabkan Gangguan emosi
4. Dapat Menyebabkan Hiperaktif
5. Dapat Menyebabkan Iritasi saluran pencernaan
6. Dapat Memperparah Kondisi Autisme
7. Dapat Menyebabkan Tekanan darah rendah
8. Dapat Menyebabkan Gangguan fungsi hati
9. Dapat Menyebabkan Gangguan kandung kemih
10. Dapat Menyebabkan Kanker hati

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa apabila seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat rhodamin B seperti pada anak sekolah yang terbiasa jajan di pedagang kaki lima serta mereka belum bisa selektif dan juga kritis dalam memilih jajanan yang akan mereka konsumsi. Maka dari itu, peran orang tua dan juga peran pihak sekolah untuk meminimalisir dampak yang akan terjadi. Sebab apabila hal ini dibiarkan, zat berbahaya rhodamin B ini bisa merusak generasi yang akan datang. Sosialisasi harus lebih aktif terkait bahaya dan resiko dalam menggunakan zat pewarna rhodamin B, khususnya bagi produsen pangan serta juga makanan olahan. Lakukan kerjasama dengan distributor pewarna Rodhamin B untuk menutup akses mudahnya dalam mendapatkan bahan pewarna bahaya dan dengan harganya yang cukup murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates