Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Menjaga Keseimbangan Hormon Dalam Tubuh

Tips Menjaga Keseimbangan Hormon Dalam Tubuh

Tips Menjaga Keseimbangan Hormon Dalam Tubuh

Tips Menjaga Keseimbangan Hormon Dalam Tubuh

Tips Menjaga Keseimbangan Hormon Dalam Tubuh

Tips Menjaga Keseimbangan Hormon Dalam Tubuh – Hormon merupakan zat kimiawi yang secara alami dihasilkan tubuh. Pada saat dikeluarkan, hormon akan dialirkan oleh darah menuju berbagai jaringan sel serta akan menimbulkan efek tertentu sesuai dengan fungsinya masing- masing jenis hormon. Pada saat hormon menemukan sel yang menjadi target, dengan demikian suatu hormon dapat mengikat protein reseptor tertentu pada permukaan sel dan juga akan mengirimkan sinyal. Apabila suatu hormon tidak seimbang dengan demikian akan menghasilkan dampak yang negatif terhadap tubuh seseorang. Bagaimana agar dapat menjaga kesehatan tubuh supaya hormon yang ada di dalam tubuh pun tetap seimbang. Hormon bisa sangat berpengaruh di dalam berbagai kehidupan. Terdapat hormon yang berperan untuk menjaga kecantikan dan ada juga yang berperan untuk menjaga penampilan, menjaga mood, menjaga berat badan, kualitas hidup dan juga lainnya yang terkait dengan kehidupan. Seseorang yang bertambah usia, maka kadar hormon pun akan menjadi berubah-ubah. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan seseorang untuk menjaga hormon tetap seimbang dalam tubuh, sebagai berikut:

1. Hindarilah Kondisi Stres
Perlu untuk diketahui, apabila seseorang mengalami stres, dengan demikian ia akan mengalami peningkatan denyut jantung dan juga peningkatan adrenalin. Hal tersebut juga dapat mengakibatkan hormon kortisol akan dikeluarkan oleh kelenjar adrenal sehingga menjadi berlebihan. Dengan demikian supaya hormon di dalam tubuh salah satunya hormon kortisol yang akan dikeluarkan oleh kelenjar adrenal tetap dalam keadaan seimbang, maka hindarilah kondisi stres dalam diri sehingga akan tetap menjaga hormon untuk tetap stabil.

2. Tetap Menjaga Tidur yang Cukup
Tidur merupakan kebutuhan manusia yang menjadi panggilan alam untuk tubuh. Apabila seseorang tidak melakukan tidur yang cukup, maka tubuh akan membuat timbul banyak masalah utamanya dapat mengganggu berjalanya suatu sistem endokrin. Para ahli kesehatan menyarankan, waktu untuk tidur yang tepat yaitu selama tujuh sampai dengan sembilan jam dalam satu hari.

3. Mengurangi Konsumsi Kopi
Salah satu kandungan yang ada dalam kopi yaitu kandungan kafein. Hal tersebut telah menunjukan bahwa stimulan seperti kafein yang terdapat dalam kopi dapat menyebabkan kelenjar adrenal akan memproduksi hormon secara berlebih. Sehingga apabila seseorang ingin tetap hormonnya seimbang dalam tubuh, alangkah baiknya mengurangi asupan konsumsi kafein atau kopi agar kondisi hormon dalam tubuh tetap seimbang. Usahakanlah untuk membatasi konsumsi kafein yang terdapat dalam kopi anda.

4. Lakukan Olahraga Secara Rutin dan Teratur
Apabila seseorang yang melakukan olahraga secara teratur maka akan membantu kualitas tidur lebih baik pada malam harinya. Pastikanlah untuk selalu melakukan aktifitas olahraga secara teratur agar supaya keadaan hormon di dalam tubuh kita tetap seimbang.

5. Lakukanlah Program Diet yang Sehat
Apabila kondisi hormon yang ada di dalam tubuh mulai tidak seimbang, sehingga salah satu yang baik untuk dilakukan seseorang yaitu dengan diet yang sehat. Hindarilah asupan makanan yang bisa membangun suatu hal negatif pada sistem endokrin.

Untuk Menjaga Agar Hormon dalam Tubuh Tetap dalam Kondisi yang Seimbang, berikut beberapa jenis makanan yang dapat membantu menjaga kondisi hormon dalam tubuh, diantaranya:

1. Konsumsi Sayuran secara Rutin dan Seimbang
Terdapat banyak jenis sayuran yang dapat dikonsumsi. Dimana sayuran merupakan asupan nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Usahakanlah konsumsi sayuran apabila ingin kondisi hormon dalam tubuh tetap stabil atau seimbang, apabila kurang mengkonsumsi asupan sayur, maka akan mudah timbul jerawatan, mudah stres, serta pada wanita menjadi haid tidak teratur.

2. Konsumsi Buah Alpukat secara Teratur
Alpukat memiliki kandungan lemak yang paling baik serta berperan dalam mengatasi hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh. Apabila disekitar anda tidak terdapat alpukat, anda bisa juga mengubahnya dengan makan buah pisang secara teratur.

3. Minumlah Air Mineral yang Cukup
Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Air merupakan suatu cairan yang banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan tubuh dalam kondisi lembab, maka kondisi tersebut dapat membantu tubuh untuk mengurangi tingkat stres pada seseorang. Oleh karena itu, rajinlah mengkonsumsi atau minum air mineral yag cukup.

4. Konsumsilah Makanan Mengandung Omega 6
Kandungan omega 6 terdapat dalam banyak makanan, seperti makarel, kacang-kacangan serta makanan yang mengandung omega-6 lainya, dengan mengkonsumsi makanan tersebut maka sangat baik untuk menjaga stabilitas atau keadaan hormon di dalam tubuh. Oleh karena itu, seseorang diharuskan untuk mengatur asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari dan tidak lupa dengan memperhatikan nilai gizi yang seimbang.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates