Wednesday , 26 July 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Berbisnis Ternak Bebek Yuk !!!

Berbisnis Ternak Bebek Yuk !!!

Berbisnis Ternak Bebek Yuk !!!

Berbisnis Ternak Bebek Yuk !!!

Berbisnis Ternak Bebek Yuk !!!

Berbisnis Ternak Bebek Yuk !!! – Akhir-akhir ini makanan dari hasil olahan bebek mulai beredaran dimana-mana. Mulai dari bebek bakar atau panggang, bebek goring sampai bebek tulang lunak yang rasanya sangat-sangat lezat. Hal ini tentu membuktikan bahwa pecinta kuliner bebek amatlah banyak. Anda bisa menemukan banyak sekali kuliner bebek di berbagai belahan daerah. Daging bebek memang bisa dibilang tidak terlalu empuk tetapi memiliki cita rasa yang sangat khas sehingga membuat para penikmatnya merasa ketagihan.

Semakin tingginya peminat bebek, maka akan semakin tinggi pula permintaan terhadap daging bebek. Sehingga para peternak bebek pedagingpun bisa meraup untung yang lumayan sangat besar. Sebenarnya jenis ternak bebek itu ada 2 macam yaitu ternak bebek pedaging dan bebek petelur. Jika bebek pedaging diambil bagian dagingnya, namun bebek petelur hanya diambil bagian telurnya saja. Dan untuk perawatan kedua jenis bebek ini sebenarnya adalah sama saja.

Perbedaannya sedikit yaitu hanya terletak pada pemberian pakannya saja. Porsi untuk pakan bebek berupa mineral bagi bebek petelur lebih banyak dibandingkan bebek pedaging. Saat ini, bebek pedaging memiliki peminat yang lebih banyak dibandingkan bebek petelur. Hal ini dikarenakan restaurant atau tempat makan olahan bebek lebih banyak membutuhkan daging bebek ketimbang yang membutuhkan telur bebek.

Berikut ini akan saya jelaskan cara beternak bebek :

1. Pembuatan Kandang untuk Bebek

a. Siapkan lahan
Siapkanlah lahan yang tidak terlalu dekat sekali dengan pemukiman warga, karena suara bebek yang bisa dibilang berisik (wek…. wek….. wek…..) dan juga dari segi kotorannya dapat mengganggu kenyamanan warga sekitar.

b. Perhatikan suhu dalam kandang
Buatlah kandang untuk bebek dengan suhu 39 drajat Celcius. Suhu yang panas dan terik seperti ini sangat amat disukai oleh bebek dan membuat bebek akan merasa lebih nyaman.

c. Perhatikan kelembaban dalam kandang
Untuk tingkat kelembabannya yaitu antara 60-65%. Ini supaya dapat mempermudah kita dalam mengatur dan membersihkan kandang, oleh karena itu berikan lampu pada kandang bebek. Dengan adanya lampu tersebut juga akan menghindari adanya binatang pengganggu seperti tikus dan kucing.

d. jenis kandang bebek
Jenis kandang untuk bisnis ternak bebek terdiri dari 3 macam, yaitu :

• Kandang yang khusus dibuatkan untuk anak bebek atau yang biasa disebut dengan DOD. Kandang untuk anak bebek atau DOD ini memiliki ukuran 1×2 meter dan ini bisa menampung hingga 50 ekor DOD.

• Kandang bebek khusus untuk bebek yang sudah remaja atau yang disebut brower. Kandang ini sebaiknya mampu menampung bebek dengan kapasitas 16-100 ekor per kelompok brower.

• Kandang bebek yang memang khusus dibuatkan untuk bertelur memiliki bentuk kotak dengan ukuran yang tidak terlalu besar. 1 kandang hanya mampu menampung bebek antara 1-2 ekor bebek saja atau bisa juga membuat kandang khusus berkelompok yang dapat menampung 4-5 kor bebek dewasa. Jenis kandang untuk bebek petelur sistemnya kering.

2. Pemilihan Bibit Bebek
Tahap berikutnya yang harus diperhatikan dalam bisnis ternak bebek adalah memilih bibit bebek yang unggul. Jangan sampai bibit yang anda pilih itu memiliki kualitas yang jelek atau buruk sehingga kualitas dari ternaknyapun juga jelek. Berikut ini ada beberapa cara untuk bisa memilih bibit bebek yang unggul :

a. Anda dapat membeli telur tetas dari induk bebek yang berkualitas.

b. DOD tidak mempunyai cacat pada bagian tubuhnya, selain itu pada bulunya terdapat warna kuning mengkilap.

c. Belilah DOD dari tempat pembibitan yang memang benar – benar sudah terjamin kualitasnya oleh dinas peternakan setempat atau bisa juga dengan cara memilih tempat pembibitan yang sudah diakui oleh para peternak bebek lainnya.

3. Kebutuhan pakan bebek

a. Anak bebek / DOD
• Bebek umur 0-1 minngu, untuk pakan 15 gram per ekor dalam sehari
• Bebek umur 1-2 minngu, untuk pakan 41 gram per ekor dalam sehari
• Bebek umur 2-3 minggu, untuk pakan 67 gram per ekor dalam sehari
• Bebek umur 3-4 minggu, untuk pakan 93 gram per ekor dalam sehari
• Bebek umur 4-5 minggu, untuk pakan 108 gram per ekor dalam sehari
• Bebek umur 5-6 minggu, untuk pakan 115 gram per ekor dalam sehari
• Bebek umur 6-7 minggu, untuk pakan 115 gram per ekor dalam sehari
• Bebek umur 7-8 minggu, untuk pakan 120 gram per ekor dalam sehari
Untuk kebutuhan akan protein, energy,kalsium dan phosfor sama saja yaitu protein 18%, energy 2.900 kkal/kg, kalsium 0.65 – 1 % dan phosphor 0,63 %.

b. bebek grower
• Bebek umur 8-9 minggu, untuk pakan 130 gram per ekor dalam sehari
• Bebek umur 9-15 minggu, untuk pakan 145 gram per ekor dalam sehari
• Bebek umur 15-20 minggu, untuk pakan 150 gram per ekor dalam sehari
Untuk kebutuhan akan protein, energy,kalsium dan phosfor antara bebek berumur 9-15 dan 15-20 minggu sama yaitu protein 14%, energy 2.900 kkal/kg, kalsium 0.60 – 1 % dan phosphor 0,60 %. Dan untuk kebutuhan akan protein, energy,kalsium dan phosfor bagi bebek berusia 8-9 minggu yaitu protein 22%, energy 2.900 kkal/kg, kalsium 0.60 – 1 % dan phosphor 0,62 %.

c. bebek Dewasa
•Bebek umur lebih dari 20 minggu, untuk pakan 160 -180 gram per ekor dalam sehari

Sedangkan untuk pemberian pakan bebek tersebut terdiri dari 3 fase yaitu usia 0-8 minggu atau yang biasa disebut dengan stater, usia 8-18 minggu atau yang biasa disebut grower, dan usia 8-27 minggu atau yang biasa disebut layar.
Setiap fase diberikan sistem pakan yang berbeda – beda, untuk bebek pada fase stater diberikan pakan datar dengan menggunakan tempat pakan. Sedangkan untuk bebek grower diberikan pakan datar juga namun disebar ke lantai, sedangkan untuk bebek layar diberikan pakan secara terus menerus.

Peluang bisnis dalam ternak bebek memanglah dibutuhkan kesabaran, karena bebek membutuhkan proses hingga siap untuk dijual. Selain itu perawatan dan pemeliharaan bebek juga harus selalu diperhatikan agar bebek terhindar dari berbagai macam penyakit.

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates