Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC

Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC

Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC

Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC

Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC

Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC – TBC atau singkatan dari tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman mycobacterium tuberculosa. Sebagian besar kuman TBC ini menyerang paru, akan tetapi dapat juga mengenai bagian tubuh lainnya yang juga dikenal dengan TBC paru-paru, TBC otak, TBC tulang, TBC usus, dan juga anggota tubuh lainnya.TBC pada dasarnya bukanlah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus, akan tetapi berasal dari kuman berada di sekeliling kita yang secara alamiah. Kemudian, secara alamiah pula kuman TBC akan hancur dengan sinar matahari serta imun antibodi dari tubuh.

Penyebaran virus dari penderita TBC bisa disebarkan melalui udara, melalui batuk, flu dan juga pilek penderita TBC, melalui bersin, dengan cipratan sedikit ludah dari penderita TBC seseorang bisa terkena virus tersebut.
Penyakit TBC memang sangat menular, akan tapi tidak secara langsung. Virus TBC memang ada serta tumbuh dan berkembang perlahan. Biasanya pada saat Anda banyak menghabiskan banyak waktu di sekitar orang yang mengalami TBC, lambat laun anda bisa terserang tergantung dari keadaan kebersihan dan kesehatan dalam tubuh masing-masing. Seperti itulah mengapa TBC sering menular di antara rekan kerja, teman sepermainan, serta bahkan anggota keluarga yang ada disekitarnya.

Beberapa cara penderita mencegah penularan TBC ke orang yang sehat
Akan tetapi, bukan berarti orang yang menderita TBC harus dijauhi atau dikucilkan oleh lingkungan. Anda tidak dapat tertular dengan hanya sekedar berjabat tangan ataupun berbagi makanan dengan penderita yang mengalami TBC. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan penderita untuk mencegah terjadinya penularan TBC, diantaranya:

1. Penderita menutup saat batuk dan bersin
Pada penderita TBC, apabila ingin batuk ataupun bersin alangkah baiknya ikuti aturan tata krama masyarakat dengan baik. Khusus untuk ini banyak masyarakat yang menghiraukan penyebaran virus pada saat bersin atau batuk, terlepas dari berpenyakit ataupun tidaknya orang tersebut.

Pada saat batuk ataupun bersin, tutuplah mulut dengan sapu tangan, tutup dengan tisu, atau jika tidak ada maka benamkan muka ke arah lengah diri sendiri. Ingatlah, apabila tidak ditutup dengan tangan, untuk penderita TBC paru, dia harus mengenakan masker pada saat berada di tempat umum agar dapat menghindari tersebarnya kuman kepada orang yang sehat.

2. Janganlah meludah sembarangan
Sama halnya dengan batuk atau bersin di tempat umum, meludah pun tidak boleh asal meludah, apalagi jika Anda tahu bahwa di dalamnya terdapat kuman yang menular dari penyakit yang Anda derita. Untuk mencegah penularan meludahlah di kamar mandi, kemudian siram sesudahnya atau buanglah air liur di selokan atau kali yang airnya dapat mengalir.

3. Hindarilah menggunakan barang-barang pribadi dengan bersama-sama
Utamanya apabila yang memungkinkan kontak langsung dengan suatu cairan dari sumber penderita. Seperti menggunakan sendok yang sama pada saat makan, minum dengan menggunakan gelas yang sama, ataupun hingga makan-makanan yang sama setelah digigit. Akan tetapi, barang tersebut akan tetap digunakan oleh orang lain jika setelah dibersihkan kembali.

4. Hindarilah kontak langsung dengan anak – anak
Untuk sebisa mungkin, hindarilah berdekatan ataupun kontak langsung dengan bayi, dengan balita, ataupun anak-anak, sebab sistem imun mereka masih belum sempurna sehingga cenderung lemah.

5. Pisahkanlah peralatan makan
Begitu juga pada saat mencucinya, supaya tidak terpakai orang yang sehat.

6. Jemurlah perlengkapan tidur secara rutin
Bantal, kasur, selimut, serta perlengkapan tidur lainnya harus dijemur secara rutin, selain itu juga biarkan sinar matahari langsung masuk ke dalam kamar.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates