Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Dampak Menahan Bersin

Dampak Menahan Bersin

Dampak Menahan Bersin

Dampak Menahan Bersin

Dampak Menahan Bersin

Dampak Menahan Bersin – Bersin merupakan keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras melalui hidung dan juga mulut. Atau bersin yaitu reaksi penyesuaian karena ingin menyingkir ingus yang mengandung partikel ataupun gangguan asing serta membersihkan rongga hidung. Biasanya bersin sering dihubungkan dengan penyakit influenza atau biasa disebut pilek dan batuk. Akan tetapi bukan hanya terjadi gejala penyakit influenza hal ini juga merupakan gejala penyakit pernafasan seperti rhinitis serta selesma. Untuk mencegah penularan virus yang dikeluarkan pada saat bersin, maka seseorang dianjurkan untuk menutup mulut dan hidung pada saat bersin.Biasanya apabila dalam kondisi perbincangan yang serius atau pertemuan penting biasanya orang lebih baik menahan bersin. Beberapa orang akan mencoba menahan bersin dengan cara menekan hidung dengan demikian keinginan untuk bersin menjadi hilang. Penting untuk dikeatahui, ternyata apabila menahan bersin akan menjadi masalah yang serius apabila sering dilakukan.

Harus diketahui bahwa kecepatan bersin manusia dapat mencapai 160 km/jam, artinya bahwa apabila seseorang menahan bersin, dengan demikian tubuh harus mengatasi perubahan akibat tekanan yang kuat untuk masuk kembali ke dalam saluran pernafasan. Tekanan tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada gendang telinga.

Menurut para ahli, bersin yang ditahan akan memaksa bakteri untuk kembali masuk ke dalam rongga hidung serta kanal telinga, dengan demikian bisa menimbulkan infeksi.
Apabila infeksi makin parah, keadaan ini dapat menyebabkan pecahnya gendang telinga yang berdampak pada kehilangan pendengaran. Yang harus Anda ketahui, saluran hidung serta mulut yang menjadi sarana keluaran bersin akan berhubungan juga dengan telinga.

Sebenarnya bersin berguna untuk menjaga agar hidung tetap bersih atau cleansing effect. Udara yang mengembus kuat dengan tekanan yang tinggi dari paru-paru akan mendorong keluar melewati hidung dan juga mulut. Refleks bersin tersebut bisa terjadi berulang-ulang, dengan demikian diharapkan pembersihan dapat maksimal.

Supaya tidak mengganggu kesehatan Anda dan juga orang-orang di sekeliling anda, dari pada anda bersin ditahan, alangkah baiknya tutuplah hidung dengan tisu ataupun sapu tangan pada saat bersin.
Bersin merupakan salah satu kegiatan yang positif sebab memiliki fungsi membersihkan faring atau rongga antara hidung, mulut dan juga tenggorakan, sedangkan apabila menahan bersin justru akan berbahaya sebab bisa menimbulkan beberapa risiko. Para ahli mengungkapkan mengungkapkan ada beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan apabila seseorang menahan bersin yaitu:

1. Dapat Menyebabkan patah tulang di tulang rawan hidung
2. Menyebabkan Mimisan
3. Menyebabkan Pecah gendang telinga
4. Menimbulkan Gangguan pendengaran
5. Menyebabkan Vertigo

Apabila seseorang menahan bersin, maka retina yang terlepas atau akan mengalami emfisema. Sebab akan berusaha menahan kecepatan dari bersin yang cukup tinggi. Cedera yang timbul pada umumnya akan mempengaruhi struktur pada bagian dalam kepala.

Emfisema merupakan suatu kondisi yang dapat menyerang anak-anak ataupun meneyrang orang dewasa, keadaan ini sangat berbahaya dan juga berpotensi dapat mematikan karena bisa membatasi pasokan udara. Gejala yang muncul biasanya wajah atau leher akan membengkak dan akan timbul rasa ketidaknyamanan.

Untuk membantu seseorang supaya mudah bersin dapat dilakukan dengan cara melihat cahaya terang, hal ini bisa merangsang saraf optik yang melintasi pada jalur pusat bersin. Selain itu juga iritasi yang terjadi pada saraf dekat pusat bersin dapat memicu seseorang untuk mengalami bersin.

Pada saat seseorang bersin biasanya akan diikuti oleh keluarnya bakteri juga kuman dari dalam tubuh. Hal ini akan berguna untuk menjaga hidung supaya tetap bersih, sebab seringkali bersin akan terjadi secara berulang-ulang.Bersin bagian dari nikmat, sehingga hindari untuk menahan bersin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates