Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Dan Manfaat Senam Untuk Kesehatan Tubuh

Jenis Dan Manfaat Senam Untuk Kesehatan Tubuh

Jenis Dan Manfaat Senam Untuk Kesehatan Tubuh

Jenis Dan Manfaat Senam Untuk Kesehatan Tubuh

Jenis Dan Manfaat Senam Untuk Kesehatan Tubuh

Jenis Dan Manfaat Senam Untuk Kesehatan Tubuh – Senam merupakan salah satu olahraga yang populer dikalangan masyarakat khususnya untuk kaum perempuan, sebab olahraga senam ini sangat berguna untuk kesehatan selain itu senam juga bisa dilakukan di luar ataupun di dalam ruangan yang tidak terlalu luas. Senam merupakan sebagai suatu latihan tubuh yang dipilih serta dikonstruk dengan cara sengaja, dilakukan secara sadar dan juga terencana, disusun secara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan kesegaran jasmani, untuk mengembangkan keterampilan, dan juga menanamkan nilai-nilai mental spiritual. Terdapat beberapa jenis senam yang dapat dilakukan, diataranya:

1. Jenis Senam Artistik atau Artistic Gymnastic
Senam Artistik adalah  senam yang  mempunyai gerakan yang cepat dan juga Eksplosif, umum nya pada Senam ini melakukan gerakan kelentukan dan juga keseimbangan dengan gerakan yang relatif lambat serta terkontrol yang akan menghasilkan gerakan yang indah dan juga mengejutkan bagi semua yang melihat.

2. Jenis Senam Akrobatik atau Acrobatic Gymnastic
Senam Akrobatik adalah jenis senam yang sangat mengandalkan Kelentukan serta Keseimbangan yang memiliki gerakan yang cepat serta Eksplosif, senam ini biasanya mempunyai gerakan-gerakan yang berbahaya seperti Salto serta putaran dengan demikian untuk melakukan senam akrobatik ini sangat dianjurkan didampingi oleh seorang Instruktur senam Akrobatik.

3. Jenis Senam Ritmik Sportif atau Sportive Ritmik Gymnastic
Senam Ritmik merupakan Senam yang dilakukan dengan mengikuti tuntunan musik tertentu dengan demikian senam ini dapat menghasilkan gerakan tubuh yang indah, pada biasanya senam ritmik ini memakai peralatan seperti pita supaya menambah keindahan gerak pesenam.

4. Jenis Senam Aerobik atau Sport Aerobic
Senam Aerobik merupakan senam yang mempunyai serangkaian gerak yang sudah dipadukan dengan Irama Musik selama durasi tertentu, Aerobik juga mengandung pengertian suatu sistem latihan fisik yang bertujuan dapat meningkatkan efisiensi pemasukan Oksigen di dalam suatu jaringan tubuh, sebab pemasukan Oksigen di dalam tubuh kita ditentukan oleh kapasitas maksimal Paru-paru pada saat mengirup udara.

5. Jenis Senam Trampolin atau Trampolinning
Senam Trampolin merupakan pengembangan dari suatu latihan senam yang dilakukan diatas trampolin, yakni dengan menggunakan sejanis pemantul yang mempunyai daya pantul yang sangat besar.

6. Jenis Senam Umum atau General Gymnastic
Senam Umum ini adalah segala jenis senam diluar senam yang sudah di cantumkan diatas.

Berikut beberapa manfaat senam untuk kesehatan tubuh, diantaranya:
1. Untuk Manfaat fisik
Senam merupakan kegiatan utama yang sangat berpengaruh untuk mengembangkan komponen fisik serta kemampuan gerak organ dalam tubuh. Seperti yang dapat dibentuk yaitu daya tahan otot, membentuk kelentukan, membentuk kekuatan, kelincahan, koordinasi serta keseimbangannya.

2. Dapat menjaga kebugaran tubuh
Dengan gerakan senam dapat menjaga kebugaran tubuh. Dimana kebugaran tubuh akan menjadikan seseorang merasa lebih sehat dan juga segar, Selain itu juga dapat meningkatkan semangat dalam diri dalam melakukan aktivitas lainnya.

3. Dapat menjaga kesehatan tubuh
Sebenarnya semua jenis olahraga dapat menyehatkan tubuh sebab adanya pembakaran lemak yang berlebih. Untuk pilihan olahraga senam cocok untuk penderita obesitas. Dengan olahraga senam obesitas pun bisa diatasi, sebab adanya proses pembakaran di dalam tubuh yang dapat meluruhkan lemak tanpa menghambat arteri ataupun saluran darah yang lain sehingga mengedarkannya ke seluruh bagian tubuh.

4. Dapat Membentuk serta mengembangkan otot tubuh
Manfaat lain yang dapat kita ambil pada saat olahraga senam yaitu bisa membentuk dan mengembangkan otot-otot tubuh. Hal ini dapat terjadi apabila kita melakukan olahraga senam secara rutin.

5. Dapat Memperbaiki bentuk tubuh yang kurang proposional
Senam juga mempunyai manfaat untuk memperbaiki bentuk tubuh, hal ini dikarenakan terdapat gerakan dengan melakukan memainkan punggung sebagai tumpuan nya, misalnya roll depan, roll belakang dan juga lainnya. Sehingga apabila bentuk tubuh yang kurang proporsional bisa dibentuk untuk menjadi lebih proporsional.

6. Dapat Mengembangkan kualitas fisik
Senam juga mampu membentuk serta mengembangkan kualitas fisik . Hal ini jika dilakukan secara rutin.

7. Dapat Mengurangi berat badan
Untuk seseorang dengan berat badan berlebih, dapat melakukan senam secara rutin agar dapat menurukan berat badan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates