Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab dan Cara Pencegahan Kutu Air

Ketahui Penyebab dan Cara Pencegahan Kutu Air

Ketahui Penyebab dan Cara Pencegahan Kutu Air

Ketahui Penyebab dan Cara Pencegahan Kutu Air

Ketahui Penyebab dan Cara Pencegahan Kutu Air

Ketahui Penyebab dan Cara Pencegahan Kutu Air – Kutu air merupakan infeksi menular yang dapat menyebabkan ruam, gatal-gatal, kulit pecah-pecah atau mengelupas, serta nyeri pada kaki. Kutu air disebabkan akibat infeksi kulit oleh jamur, dengan demikian biasa disebut tinea pedis atau kaki atlet. Dimana kuman jamur yang menjadi penyebabnya, secara alami memang lazim hidup pada kulit kita serta biasanya tidak menyebabkan masalah. Namun terkadang, jamur ini tumbuh secara berlebihan dan akhirnya menyerang kulit dan mengakibatkan infeksi.

Beberapa faktor yang mengakibatkan jamur berkembang biak berlebih serta akhirnya menginfeksi kulit, yakni karena jamur ini suka dengan lingkungan atau kulit yang lembab, hangat dan juga pengap, sehingga penyakit ini sering kita lihat pada sela jari kaki. Infeksi jamur yang mengkibatkan kutu air dapat menyerang siapa saja terutama yang sering berjalan tanpa alas kaki di lantai yang basah ataupun lembab seperti kamar mandi, ruang ganti ataupun di kolam renang.

Untuk mengetahui kutu air lebih lanjut, mari kita simak gejala kutu air, sebagai berikut:
1. Kulit kaki atau telapak kaki tampak retak, kulit mengelupas sering terdapat pada sela antar jari kaki ataupun lipatan jari kaki.
2. Kulit timbul kemerahan dan timbul gatal.
3. Apabila sudah demikian biasanya akan timbul rasa perih, nyeri, terutama pada saat kena air.
4. Lepuh pada kaki menyebabkan borok.
5. Kuku akan menjadi tebal serta mungkin berubah warna.

Kutu air juga bisa menyebar ke telapak kaki, pangkal paha, ketiak ataupun tangan utamanya apabila menggaruk daerah yang terinfeksi serta kemudian menyentuh tempat lain. Berikut beberapa penyebab kutu air, diantaranya: Jamur penyebab kutu air merupakan jenis yang sama dengan jamur yang mengakibatkan penyakit kurap. Seseorang akan lebih terserang kutu air apabila memakai kaus kaki yang basah ataupun bekerja dalam kondisi basah dan juga lembab. Risiko dapat meningkat apabila berkeringat banyak, menggunakan sepatu plastik berlapis, ataupun mengalami cedera kuku atau kulit.

Apabila seseorang yang sudah mempunyai kutu air berjalan di lantai tanpa alas kaki, dengan demikian orang lain akan terinfeksi dengan berjalan tanpa alas kaki di lantai yang sudah terkontaminasi. Demikian pula jika menggunakan kaus kaki, sepatu, handuk, ataupun sprei yang digunakannya.

Berikut Cara Mengobati Kutu Air, diantaranya:
Apabila gejalanya masih ringan, dengan demikian obat kutu air yang banyak dijual di toko obat atau apotek yang bisa diperoleh tanpa resep dokter sudah cukup ampuh untuk mengatasi kutu air.

Antijamur atau antifungi dapat membunuh jamur dengan demikian dapat menghilangkan kutu air. Beberapa obat antijamur yang bisa digunakan antara lain: obat clotrimazole, terbinafine, miconazole, ketoconazole serta obat sulconazole.

Apapun obat kutu air dengan sediaan salep dengan cara penggunaan sebagai berikut:
1. Keringkan daerah yang terkena kutu air dan menerapkan salep obat antijamur langsung pada kulit yang terkena kutu air. Selain itu juga penggunaan salep harus mencakup sekitar 3 cm kulit normal di sekitarnya. Ingatlah harus mencuci tangan sebelum dan setelah memakai obat salep kutu air.
2. Beberapa jenis krim ataupun obat salep kutu air dapat membutuhkan waktu beberapa hari untuk menghilangkannya, serta butuh waktu beberapa minggu setelahnya supaya tuntas hingga ke akarnya. Oleh sebab itu, tetaplah gunakan obat kutu air tesebut bahkan pada saat gejala telah menghilang.

Apabila mengalami infeksi jamur pada kuku, dengan demikian biasanya membutuhkan obat antijamur tablet yang dapat dikombinasikan dengan salep. Biasanya tablet juga diresepkan hanya untuk mengobati kutu air yang parah ataupun dalam situasi pada saat obat topikal atau oles biasa tidak bekerja.

Pada situasi tertentu ketika rasa sakit serta peradangan sangat parah, sehingga dapat menggunakan pengobatan antiradang yang mengandung bahan disebut dengan hidrokortison. Bahan ini sangat bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan juga menghilangkan iritasi.

Selain itu rendam kaki untuk yang mengalami kutu air dengan menggunakan minyak pohon teh atau tea tree oil dan juga garam dapur, ini bisa membantu membunuh jamur serta mencegah penyebaran.

Pencegahan yang dapat dilakukan, yaitu:
1. Cuci kaki secara menyeluruh dengan menggunakan air serta sabun setiap hari, kemudian keringkan.
2. Keringkan kaki apabila setelah mandi, khususnya pada sela-sela jari kaki.
3. Gunakan kaus kaki tipis, serta pastikan untuk sering menggantinya, supaya kaki bersih dan kering.
4. Selalu gunakanlah sandal jepit atau alas kaki yang berongga atau berventilasi agar tidak lembab.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates