Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Dibalik Menangis

Manfaat Dibalik Menangis

Manfaat Dibalik Menangis

Manfaat Dibalik Menangis

Manfaat Dibalik Menangis

Manfaat Dibalik Menangis – Sebagian orang menangis selalu diasosiasikan dengan kelemahan. Air mata merupakan reaksi alami tubuh sebagai respon suau emosi. Pada saat kita menahan untuk menangis, pasti ada perasaan sakit serta tidak enak yang mengganjal. Kelamaan menangis memang akan membuat mata merah dan juga bengkak. Akan tetapi dibalik itu, perlu diketahui menangis atau mengeluarkan air mata ternyata akan jadi obat mujarab yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Menurut para ahli, wanita akan lebih sering menitikkan air mata dibandingkan pria. Wanita bisa menangis 47 kali dalam satu tahun, sementara pria hanya 7 kali.

Berikut manfaat menangis untuk kesehatan, diantaranya:
1. Dapat Membantu penglihatan
Air mata ternyata akan membantu penglihatan seseorang, akan tetapi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata bisa mencegah dehidrasi pada membran mata yang akan membuat penglihatan menjadi kabur.

2. Dapat Membunuh bakteri
Air mata bermanfaat sebagai antibakteri alami.

3. Dapat Meningkatkan mood
Seseorang yang menangis dapat menurunkan tingkat depresi, mood seseorang bisa terangkat kembali.

4. Akan Membuat lebih bahagia
Menangis dan merasa sedih dan pada saat ingin menangis sangat penting, mungkin kita merasakan setiap emosi dengan bentuk yang paling mendasar. Dengan menangis akan membuat perasaan lebh tenang hingga bahagia.

5. Dapat Membersihkan hidung
Air mata akan mengalir melalui saluran air mata, yang melewati rongga hidung dimana tempat mereka bersentuhan dengan mukus. Bila disana ada mukus yang menumpuk, air mata dapat mendorongnya keluar dari hidung.

6. Dapat Menurunkan tekanan darah
Hasil Studi menyimpulkan, menangis akan menurunkan tekanan darah serta detak jantung.

7. Dapat Membersihkan mata
Bola mata membutuhkan pelumas yang terus-menerus untuk melindunginya dari adanya debu dan juga bakteri. Apabila mata bersentuhan dengan debu ataupun bakteri, mata dapat mulai berair serta menciptakan air mata antibakteri untuk menyapunya.

8. Dapat Mengeluarkan racun
Seorang ahli biokimia menyimpulkan, bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis akibat emosional ternyata di dalamnya mengandung racun sehingga harus dikeluarkan.

9. Dapat Melegakan perasaan
Meskipun seseorang didera berbagai macam masalah dan cobaan apapun, akan tetapi setelah menangis biasanya bisa muncul perasaan lega. Dimana setelah menangis, sistem limbik, otak serta jantung akan menjadi lancar, serta hal itu akan membuat seseorang merasa lebih baik dan juga lega.

10. Dapat Membantu Mengurangi Rasa Takut
Perasaan takut tersebut entah takut akibat sesuatu yang ada di lingkungannya ataupun takut kehilangan, dengan seseorang menangis maka akan mengurangi rasa takut tersebut.

11. Dapat Menurunkan Stress
Perlu seseorang ketahui, bahwa stress serta depressi itu berbeda. Tingkat ketakutan depresi akan lebih tinggi, sedangkan stress tingkatanya lebih rendah serta mutlak di perlukan oleh semua manusia supaya tahan banting mentalnya untuk lebih kuat. Menangis akibat stress, dengan demikian akan mengeluarkan air mata yang mengandung zat kimia Adrenocorticotrophic (ACTH) untuk lebih banyak. Hal tersebut akan merangsang hormone kortisol, yaitu hormone yang berhubungan langsung dalam pengaturan stress agar menekan tingkat kestresan tersebut lebih tinggi.

12. Dapat Menstabilkan Kondisi Tubuh
Pada saat seseorang menangis, dengan demikian tubuhnya akan berusaha mengeluarkan endorphin, yaitu suatu hormone yang akan membantu untuk meningkatkan kadar kebahagiaan seseorang. Hormon endorphin juga sangat baik untuk membantu menstabilakan keadaan seseorang, baik secara pikiran, mood ataupun emosional yang masih labil.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates