Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Menarik Nafas untuk Kesehatan

Manfaat Menarik Nafas untuk Kesehatan

Manfaat Menarik Nafas untuk Kesehatan

Manfaat Menarik Nafas untuk Kesehatan

Manfaat Menarik Nafas untuk Kesehatan

Manfaat Menarik Nafas untuk Kesehatan – Dalam kehidupan sehari hari pada umumnya manusia hanya menggunakan 30 persen kapasitas paru – parunya untuk bernafas. Kebanyakan orang bernafas dengan tarikan serta hembusan napas yang pendek kurang lebih sebanyak 14-16 kali per satu menit, dengan demikian oksigen yang dihirup dari udara tidak akan optimal.

Menarik serta menghembuskan nafas secara dalam dan juga panjang bisa meningkatkan volume udara yang  masuk dan keluar paru – paru dengan demikian oksigen yang diserap darah akan lebih banyak dari pada biasanya. Menarik serta menghembuskan nafas secara dalam biasanya hanya dilakukan pada saat latihan, olahraga ataupun untuk keperluan tertentu. Seperti untuk meredakan emosi, untuk menenangkan pikiran, mengurangi rasa cemas dan juga lainnya.

Menarik dan menghembuskan nafas dengan panjang dan juga dalam sangat bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya :
1. Dapat Meredakan Stress
Menarik nafas dalam-dalam merupakan salah satu hal yang terbaik yang dapat meringankan rasa stres, dengan demikian pikiran kembali fokus dan juga jernih. Pada saat menarik napas dengan dalam, maka akan mengirimkan sinyal kepada otak untuk tenang serta rileks. Kemudian otak akan meneruskan sinyal tersebut ke seluruh tubuh, dengan demikian Anda merasa rileks kembali.

2. Dapat Mengurangi rasa cemas
Rasa cemas bisa berbahaya bagi kesehatan serta menyebabkan beberapa masalah kesehatan dan juga penyakit. Latihan nafas mendalam bisa membantu membersihkan setiap sumbatan yang ada dalam pikiran, dengan demikian membantu Anda kembali fokus.

3. Dapat Memperbaiki sirkulasi darah
Menarik napas secara dalam dan  teratur bisa meningkatkan volume oksigen di dalam darah. Butir – butir darah merah yang kaya akan oksigen dapat mengalir memenuhi kebutuhan oksigen diseluruh bagian tubuh hingga kepembuluh darah terkecil. Badan kita akan terasa lebih nyaman dan juga segar.

4. Dapat Membantu Detoksifikasi
Pada saat menarik nafas dengan dalam, maka dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh dengan demikian membersihkan sistem tubuh.

5. Dapat Menurunkan tensi darah
Menurut hasil penelitian menyimpulkan pasien dengan penyakit jantung yang mengambil nafas pendek sebanyak 12-14 hembusan per menit, akan lebih cenderung mempunyai kadar oksigen rendah, yang bisa merusakan otot rangka serta fungsi metabolisme, dengan demikian menyebabkan atrofi otot atau penurunan massa otot.

6. Dapat Membantu mengurangi rasa sakit
Dengan menarik nafas secara dalam-dalam, tubuh dapat mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini memberikan rasa nyaman serta merupakan pereda rasa sakit alami.

7. Dapat Membantu memperbaiki kesehatan fisik dan juga mental
Bernapas secara dalam-dalam bisa meningkatkan kadar oksigen dalam darah, dapat meningkatkan kesehatan dalam berbagai cara, dapat memperlambat detak jantung, dapat memperbaiki sirkulasi, dapat menurunkan tekanan darah dan juga membantu pencernaan, dengan demikian meningkatkan kinerja mental dan juga energi.

8. Dapat Relaksasi Perut
Penelitian menyimpulkan dengan menarik napas secara dalam dapat merelaksasi perut dan membantu perut untuk bergerak dengan tepat.

9. Dapat Mengurangi Rasa Gugup
Terkadang rasa gugup bisa membuat seseorang sulit untuk berbicara, pada saat terjadi, cobalah untuk menutup mata sambil menarik nafas secar dalam selama satu hingga dua menit.

10. Dapat Menurunkan Amarah
Pada saat marah, tubuh akan merasa tertekan, dengan kita bernafas secara dalam akan menurunkan emosi serta tekanan yang muncul.

11. Dapat Mempercepat Penurunan Berat Badan
Dengan latihan pernafasan dalam akan menjadi bagian dari yoga yang bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

12. Dapat Meningkatkan Aliran Limfatik atau Getah Bening
Dengan melakukan pernafasan dalam juga dapat meningkatkan aliran cairan limfatik yang akan membantu mencegah infeksi.

13. Dapat Meningkatkan Fungsi Paru-Paru
Pernafasan dada yang pendek tidak akan menyediakan oksigen yang cukup untuk darah, artinya kurang oksigen yang tersedia untuk jaringan serta organ tubuh. Sebab pada saat orang menarik nafas cepat dan juga dangkal, paru-paru tidak akan cukup mengembang untuk memungkinkan dalam transfer maksimum oksigen ke dalam darah.

14. Dapat Membantu proses regenerasi sel tubuh
Ketersediaan oksigen yang cukup dalam darah dapat membantu proses regenerasi sel, dengan demikian melahirkan sel yang kuat dan juga tangguh. Dengan demikian akan mempercepat pemulihan pada saat terjadi kerusakan sel akibat berbagai penyakit.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates