Thursday , 30 March 2017
Home » Bisnis » Peluang Bisnis Budidaya Anggrek

Peluang Bisnis Budidaya Anggrek

Peluang Bisnis Budidaya Anggrek

Peluang Bisnis Budidaya Anggrek

Peluang Bisnis Budidaya Anggrek

Peluang Bisnis Budidaya Anggrek – Anggrek adalah sejenis bunga hias yang mempunyai banyak sekali penggemar. Penggemar bunga anggrek ini ada di berbagai macam sudut belahan wilayah karena bunga ini sudah dikenal karena kecantikannya selama berabad – abad silam, seperti halnya dengan bunga mawar, bunga anggrek juga bisa mencerminkan atau mewujudkan perasaan cinta serta keindahan sehingga pecinta dari bunga ini tidak akan pernah luntur atau turun dari tahun ke tahun.

Bunga anggrek berasal dari jenis keluarga “Orchidaceae” yang berasal dari bahasa yunani yaitu “orchid” atau orchis. Bunga ini mempunyai banyak corak serta ragam jenisnya, keindahan dari bunga ini tidak akan kalah dengan bunga lainnya. Maka tdak heran jika bunga anggrek kemudian dijadikan sebagai salah satu dari komoditi tanaman hias nusantara yang banyak sekali di ekspor ke luar negeri.

Salah satu dari jenis bunga anggrek yang sangat prospektif untuk dijadikan sebagai peluang dalam bisnis adalah jenis anggrek potong atau yang sering disebut sebagai dendrobium Sonia. Anggrek potong bisa dikatakan sangat laris di pasaran dan permintaan terhadap jenis anggrek ini semakin tinggi dari tahun ke tahun. Selain itu, dari sisi pembudidayaannya juga tidak terlalu sulit karena dapat dilakukan di kota besar seperti Jakarta, Surabaya atau kota kota yang terbilang padat lainya.

Ada beberapa jenis usaha dari budidaya anggrek potong yang menjadi andalan untuk bisa diperjual belikan, diantaranya adalah Vanda Douglas ,Gym Story/kalajengking merah dan Giwi/kalajengking kuning, kedua jenis anggrek yang terakhir ini adalah jenis anggrek yang berasal dari keluarga Arachnis sp. Anggrek yang berjenis Gym Story biasanya dijual dengan kisaran nominal harga sekitar Rp 50.000 sampai dengan angka Rp 200.000/ikat dengan isi sebanyak 80 tangkai atau dihitung Rp 1.000per tangkai, sementara anggrek Douglas bisa dijual dengan harga sekitar Rp 50.000/ikat, dan anggrek Giwi Rp sekitar Rp 25.000/ikat.

Harga ini bisa saja melonjak berlipat lipat hingga 4 kali lipat pada saat – saat tertentu seperti pada perayaan imlek. Dari sekian Jenis anggrek potong, Jenis anggrek potong yang paling disukai oleh banyak orang adalah anggrek jenis Gym Story karena ciri fisiknya yang sangat menawan dengan mahkota bunga yang memilikinya berwarna merah, cerah, mengkilap serta berkilau sehingga sangat indah sekali untuk dipandang oleh mata. Ketiga jenis anggrek ini dikenal mempunyai beberapa keunggulan misalnya lebih tahan bisa lama meski tidak ada air, dapat ditanam di daerah perkotaan serta tidak mudah layu.

Saat ini, penggiat bunga anggrek sudah melakukan berbagai macam inovasi, jika anda ingin ikut untuk membudidayakan anggrek ini, kamu bisa menyiapkan lahan yang dapat kamu sesuaikan sesuai dengan kemampuan kamu. Jika kamu memiliki lahan 6000 m persegi, kamu dapat menanam sekitar 300 ribu batang anggrek. Dalam pemasarannya, bunga anggrek dapat kamu jual ke tengkulak atau dapat juga dipasarkan langsung kepada konsumen.

Berikut adalah analisa dari bisnis budidaya anggrek potong

Perhitungan modal awal yang harus dikeluarkan
Lahan seluas 3000m2                  = Rp. 1.000.000
Pembelian sabut kelapa               = Rp. 3.000.000
Pupuk kandang                              = Rp. 1.500.000
Pestisida                                          = Rp. 30.000
Pembelian bambu                         = Rp. 500.000
Pembelian peralatan pertanian  = Rp. 300.000
Jumlah                                             = Rp. 6.330.000

Perhitungan untuk Biaya Operasional dihitung per Bulan
Pestisida        = Rp. 30.000
Transportasi = Rp. 200.000
Jumlah           = Rp. 230.000

Perhitungan Pendapatan/Bulan untuk anggrek Vanda Douglas :
23 ikat bunga x 4 (minggu) x Rp 50.000 = Rp 4.600..000,.

Perhitungan Laba Bersih :
Rp 4.600.000 – Rp. 460.000 = Rp 4.140.000

Laba bersih yang kamu dapatkan setidaknya bisa mengembalikan modal awal kamu dalam dua bulan bahkan ada lebihnya namun itupun jika jumlah dari laba bersihnya tetap konstan seperti jumlah perhitungan di atas.
Ingat harga per ikat anggrek tidak konstan di harga standar karena harganya bisa naik belipat-lipat pada momen-momen tertentu.

Peluang usaha budidaya Anggrek ini masih sangat potensial sekali untuk bisa dijalankan namun jika kamu mau mencoba untuk memulai bisnis anggrek ini disarankan untuk kamu menyukai kegiatan berkebun terlebih dahulu karena budidaya tanaman hias biasanya dikerjakan dengan landasan karena hobi. Jika kamu melakukannya dengan perasaan yang senang maka akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis anggrek tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates