Sunday , 26 March 2017
Home » Bisnis » Peluang Bisnis Ternak Jangkrik

Peluang Bisnis Ternak Jangkrik

Peluang Bisnis Ternak Jangkrik

Peluang Bisnis Ternak Jangkrik

Peluang Bisnis Ternak Jangkrik

Peluang Bisnis Ternak Jangkrik – Mungkin kamu sering merasa terganggu ketika kamu mendengar suara jangkrik pada malam hari. Binatang yang suka melompat ini memang sering sekali mengeluarkan bunyi yang nyaring apalagi ketika ada yang mencoba mengganggunya. Jangkrik sendiri sering diburu oleh para pecinta burung karena jangkrik adalah salah satu makanan kesukaan burung. Tidak sedikit dari peternak dan juga pecinta burung membutuhkan jangkrik untuk dapat mencukupi kebutuhan makanan burung mereka.

Melihat kebutuhan ini, sudah bisa dipastikan jika usaha dari ternak jangkrik masih sangat menjanjikan, apalagi jika peternak burung semakin bertambah banyak jumlahnya. Selain itu, untuk dapat menjalankan bisnis ternak jangkrik ini tidak membutuhkan tempat yang begitu luas, karena ukuran tubuh dari jangkrik sangat kecil, jadi dengan lahan yang terbataspun kamu sudah bisa menjalankan bisnis ternak jangkrik. Jangkrik yang biasa dijadikan pakan ikan dan burung biasanya berusia 2 sampai 3 bulan.

Jangkrik betina mempunyai siklus hidup yang lebih panjang yaitu sekitar 3 bulan, sedangkan jangkrik pejantan hanya dapat bertahan hidup kurang dari 3 bulan lamanya. Jangkrik betina mampu untuk menghasilkan lebih dari 400 butir telur selama hidupnya. Jika kamu mempunyai lebih dari 100 ekor jangkrik betina, maka kamu bisa memiliki lebih dari 4000 telur jangkrik setiap 3 bulan. Namun, kamu juga harus tahu bahwa jangkrik mempunyai 1000 jenis varietas yang berbeda. Jangkrik yang biasa digunakan untuk pakan ikan atau burung ini biasanya berasal dari varietas Gryllus Mitratus dan Gryllus Testaclus.

Selain untuk digunakan untuk pakan ikan dan burung, ternyata jangkrik juga mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan jangkrik mempunyai kandungan protein serta omega 3 yang sangat baik sekali untuk daya tahan tubuh dan juga pertumbuhan tulang serta gigi. Bukan hanya itu saja, jangkrik juga dapat dikonsumsi untuk bisa meningkatkan vitalitas tubuh pria dewasa. Jangkrik juga mempunyai kandungan antioksidan yang bisa melancarkan aliran darah di dalam tubuh.

Ternyata banyak sekali ya manfaat yang dapat diambil dari jangkrik ini. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mulai bsinis ternak jangkrik :

1. Menentukan Lokasi Ternak Jangkrik
Walaupun tidak membutuhkan lahan yang begitu luas, namun dalam menentukan lokasi sebaiknya kamu memilih lokasi yang tidak ramai, adem ayem, dan juga tidak terkena oleh sinar matahari secara langsung. Selain itu, pilihlah juga lokasi yang mempunyai sirkulasi udara yang bagus. kamu bisa menggunakan lokasi di belakang halaman rumah yang biasanya selalu terhindar dari keramaian seperti suara bising dari kendaraan bermotor dan lain sebagainya.

2. Pembuatan Kandang
Kamu bisa membuat kandang berbentuk persegi panjang yang terbuat dari kayu bekas. Tinggi dari kandang jangkrik tersebut kurang lebih 30-50 cm, lebarnya 60-100 cm dan panjangnya adalah 120-200 cm. Kemudian pasangkanlah kawat khusus untuk kandang atau bisa juga dengan menggunakan kawat nyamuk yang tebal untuk bagian dindingnya. Kamu bisa melumuri bagian dindingnya dengan menggunakan lumpur sawah, dan juga tidak lupa letakan beberapa helai daun supaya suasana kandang seperti habitat asli si jangkrik.

3. Memilih Bibit Jangkrik
Proses di dalam pemilihan bibit harusla dilakukan secara benar. Pilihlah jangkrik dengan kondisi fisik yang sehat dalam artian tidak cacat, dan juga lincah. Pilih jangkrik yang usianya menginjak 10-20 hari sehingga sudah mulai bisa diternak. Sekarang ini sudah banyak sekali yang menjual indukan jangkrik dengan kualitas yang baik dan bagus di toko ternak. Atau kamu juga bisa mencari indukannya di sawah, tentunya kamu juga perlu mempunyai pengetahuan untuk menentukan mana indukan yang jantan dan mana indukan yang betina.
Indukan dari indukan betina mempunyai bagian sayap yang halus serta ovipositor pada bagian bawah ekornya untuk bisa mengeluarkan telur. Sedangkan indukan jantan mempunyai bagian sayap yang bergelombang tetapi tidak mempunyai ovipositor.

4. Proses Peneluran
Setiap kali indukan jangkrik mempunyai potensi penetasan telur yang baik jika diberikan asupan gizi yang bagus. kamu bisa memberikan makanan berupa ketan hitam, telur kuning bebek, ataupun tepung ikan. Siapkanlah sebuah media pasir dalam satu wadah untuk tempat bertelur si jangkrik. Jika selesai bertelur, segera pisahkanlah telur dari induknya dan letakanlah ke dalam satu kandang yang sudah dilapisi dengan pasir. Diamkan hingga telur jangkrik tersebut menetas.

Peluang Bisnis ternak jangkrik ini sangat potensial dan bisa juga dijalankan oleh semua kalangan. Modal yang harus dikeluarkan juga sangat relatif terjangkau, bahkan bisa juga tanpa modal sekalipun jika kamu mencari jangkrik lamgsung di sawah.

Demikianlah ulasan mengenai bisnis ternak jangkrik, semoga informasi yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat untuk kamu sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates