Friday , 24 March 2017
Home » Bisnis » Trik Promosi Agar Bisnis Kafe dan Restoranmu Maju

Trik Promosi Agar Bisnis Kafe dan Restoranmu Maju

Trik Promosi  Agar Bisnis Kafe dan Restoranmu Maju

Trik Promosi  Agar Bisnis Kafe dan Restoranmu Maju

Trik Promosi Agar Bisnis Kafe dan Restoranmu Maju

Trik Promosi  Agar Bisnis Kafe dan Restoranmu Maju – Kunci dari kesuksesa sebuah bisnis tak hanya terletak pada kualitas produk atau kecerlangan servisnya saja, namun juga strategi pemasarannya. Jika strategi pemasaranmu tak efektif, kamu pun tidak akan dapat menjangkau konsumen dengan hasil yang maksimal. Tak heran jika banyak sekali pebisnis yang rela mengeluarkan uangnya dalam jumlah banyak untuk keperluan promosi. Lihat saja McDonald s, seperti dilansir The Christian Science Monitor, sepanjang tahun 2013 restorannya yang terkenal itu rela mengeluarkan biaya promosi hingga mencapai angka $ 988 juta dolar.

Tapi kamu yang masih pemula dalam berbisnis tidak perlu menghabiskan dana sebanyak McDonald s untuk bisa mempromosikan bisnismu. Ada cara-cara efisien yang bisa kamu lakukan, dan tentunya bagus lagi, cara-cara ini terbukti efektif dalam “mengikat” banhyak konsumen serta menjaring yang baru. Nah, kalau berikut tips dan trik jitu promosi dengan biaya rendah atau bahkan gratis terutama bagimu yang sedang merintis bisnis kafe dan restoran :

1. Gunakan media sosial dengan sangat baik dan selalu update
Media sosial tidak boleh lagi hanya kamu anggap alat untuk dapat bersenang-senang. Setiap tweet, status update serta foto yang kamu unggah harus kamu rancang sedemikian rupa untuk menjaring banyak pelanggan.
Media sosial adalah salah satu cara yang paling murah untuk mempromosikan bisnismu itu. Mulailah dengan cara membuat akun khusus untuk kafe-mu. Buat fanpage di Facebook, dirikanlah akun Twitter untuk dapat menyapa para pelangganmu, dan manfaatkan aplikasi Instagram sebagai buku menu virtual serta untuk bisa menampilkan aktivitas pelanggan-pelanggan yang pernah berkunjung ke kafe atau restoranmu.
Pastikan bahwa akun Facebook, Twitter serta Instagram ini dikelola dengan sangat baik dan selalu update. Melalui aplikasi seperti Hootsuite dan Buffer, tentukanlah “jam-jam emas” di mana follower atau pengguna Facebook yang ge-like page kamu paling aktif. Kemudian pastikanlah untuk bisa menyapa mereka pada jam-jam ini, misalnya dengan cara mengunggah foto menu terbaru, diskon khusus, atau bahkan hanya sekadar foto lucu bertuliskan “Selamat pagi atau sore!”. Buat juga kuis-kuis berhadiah voucher agar pelanggan dan calon pelanggan akan bersemangat mendapatkannya. Janganlah anggap media sosial itu remeh! Beberapa bisnis justru sangat sukses karena branding mereka yang strategis dan rapi di media sosial.

2. Buat kesan nyaman bersantai di kafemu
Salah satu cara untuk bisa menggaet pelanggan baru adalah dengan mengesankan bahwa mereka bisa meraskan kenyamanan bersantai di kafemu. Oleh karena itu, minta saja teman-temanmu untuk sekadar duduk-duduk di samping jendelanya.
Pertama, pasti teman-temanmu itu akan sangat senang sekali kalau diajak nongkrong. Apalagi kalau kamu sediakan kopi serta wifi gratis. Namun ingat, untuk kopi gratisnya cukup di awal-awal pembukaan saja ya!!. Kamu tidak mau kan jika strategimu yang awalnya untuk menekan biaya promosi malah jadi menyebabkan biaya produksimu malah membengkak?
Tujuan dari memberi mereka kopi dan wifi gratis itu tentu tidak hanya menyenangkan hati mereka saja namun ini juga demi menarik minat pelanggan, terutama jika kafe atau restoranmu berada di daerah-daerah yang strategis dan banyak dilalui oleh pejalan kaki. Pejalan kaki yang merasa sudah letih untuk beraktivitas dan ingin beristirahat pastilah akan memilih tempat yang dirasa nyaman. Nah, ketika mereka melihat teman-temanmu asyik kemudia mereka akan masuk di dalam kafemu, mereka pasti mendapat kesan bahwa kafemu ini memang adalah pilihan terbaik bagi mereka untuk duduk sebentar untuk menyegarkan badan.

3. Bagikan stiker pada pelnggan
Daripada harus promosi lewat pamflet di lampu merah, lebih baik anda bagikan stiker pada pelanggan. Selain tak perlu panas-panas, cara ini juga merupakan cara efektif dan lebih elegan.
Banyak pebisnis restoran atau kafe yang memilih untuk mempromosikan usahanya via pamflet atau brosur, dan menyebarkannya di parkiran ataupun di lampu merah. Walaupun lebih murah untuk beriklan billboard, cara ini belum tentu bisa efektif. Coba deh diingat – ingat lagi, berapa pamflet sih yang pernah kamu simpan selama ini? Paling-paling juga pamflet atau brosur itu hanya akan berakhir di tempat sampah bahkan sebelum kamu sempat membaca apa yang ada di dalamnya.
Jadi cobalah kamu untuk mengganti strategi pamfletmu dengan stiker. Cetak dengan desain yang bagus atau tulisan yang quotable hingga semua orang merasa ingin menempelkannya di motor, laptop, atau bahkan pintu kost mereka. Nama restoranmu harus tercetak jelas, sertakan juga alamat Facebook fanpage, Twitter serta Instagram! Dengan begini mereka pun akan tergoda untuk mengecek apa yang menarik dan seru di resto atau kafemu.

4. Titip salam di radio
Tidak ada salahnya bukan jika kamu memanfaatkan fasilitas titip salam di radio. Masih banyak kok orang yang mendengarkan siaran radio, apalagi ketika mereka dalam perjalanan. Sisipkanlah bisnismu itu di radio secara diam-diam Kamu memang belum punya cukup uang untuk bisa membayar promosi lewat radio. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Kamu juga bisa saja menelepon ke salah satu stasiun radio di kotamu, berpura pura menjadi pelanggan, dan sisipkan beberapa kata promosi secara halus.
Misalkan, Penyiar : Iya, Dita, mau titip salam untuk siapa?
Kamu : Mau titip salam buat pacarku, Ujang deden. Besok Malem minggu kita ke warung SALE lagi yuk!!! Kangen sama sate dan gule disana, enak banget… hehehe.
Nah, ibaratkan saja si Dita itu adalah kamu, si pemilik bisnis warung SALE. Otomatis orang satu kota yang lagi dengerin tuh radio dan bakal mendengar nama warung SALE. Bukan hal yang mustahil jika mereka akan mencari info tentang restomu lewat Google. Nah, satu lagi nih alasan kenapa internet presence bisnis kamu harus benar-benar dikelola dengan baik.

5. Beri promo special bagi penggan yang menggunggah foto saat di restoranmu
Sadar atau tidak, kita akan mendapatkan pengaruh yang paling besar dari teman-teman kita. Apa yang teman-teman kita makan akan membuat kita penasaran dan jadi ingin untuk mencoba. Karena itulah akan baik sekali untuk bisnismu jika pelangganmu mengunggahnya ke Instagram, Facebook, ataupun twitter tentu foto-fotonya yang sedang makan di restoranmu dan itu adalah promosi gratis buatmu kepada ribuan teman mereka di media sosial.
Untuk membuat orang bersemangat dalam membagi foto-foto mereka di restoranmu maka kamu bisa memberi es krim atau makanana ringan sebagai makanan penutup gratis. Misalkan gratis satu mangkuk es krim, khusus buat pemesanan semua varian makanana. Strategi yang seperti ini cukup sering digunakan oleh pebisnis resto loh. Namun sekali lagi, pastikan harga makanan yang kamu jual itu bisa menutupi harga es krim gratis yang kamu berikan tadi. Dan masih banyak lagi cara promo special untuk penggunggah foto saat makan di restomu.
Dengan cara melakukan strategi ini, selain menyenangkan pelanggan juga membuat bisnis restoranmu juga akan semakin dikenal orang. Apalagi jika para pengunjung restomu adalah orang yang eksis di jejaring sosial!

6. Akrabi Pelanggan
Perlakukanlah pelanggan yang datang ke restoranmu sebagai orang yang butuh akan kenyamanan, bukan hanya terus dilihat sebagai “dompet berjalan” alias sumber uang. Dengan ini, mereka pun akan rela mendatangi kafemu berkali-kali.
Promosi bukan hanya pada saat akan menjaring pelanggan saja. Namun promosi yang kamu hendak tawarkan akan diuji saat pengunjung mulai mencoba makan di kafemu. Jadi pastikan kamu dan staff-staff ada di kafe kamu selalu tersenyum dan melayani pelanggan dengan sangat ramah dan penuh dengan tatak rama hang baik. Sesekali, datangilah mereka ketika mererka selesai makan. Tanyakanlah darimana mereka tahu tentang restoranmu serta mintalah mereka untuk bisa mengisi beberapa pertanyaan ringan sebagai umpan balik supaya kafe-mu bisa berkembang di kemudian hari!

Nah, itu tadi strategi untuk melakukan promosi efektif tetapi efisien untuk bisnis restoran dan kafemu. Namun tentu saja sukses dan tidaknya sebuah bisnis itu tidak hanya bergantung pada promosi saja. Banyak faktor lain yang secara langsung maupun tidak langsung, akan mempengaruhi kemajuan dalam bisnis kamu, seperti misalnya apakah kamu memiliki mental baja yang diperlukan untuk bisa sukses di bidang bisnis. Mau promosi seniat apapun juga saja jika mentalmu tak cukup kuat sebagai seorang pebisnis maka bisnismu akan mentok di situ-situ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates