Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Akibat Kurang Konsumsi Karbohidrat

Dampak Akibat Kurang Konsumsi Karbohidrat

Dampak Akibat Kurang Konsumsi Karbohidrat

Dampak Akibat Kurang Konsumsi Karbohidrat

Dampak Akibat Kurang Konsumsi Karbohidrat

Dampak Akibat Kurang Konsumsi Karbohidrat – Karbohidrat adalah salah satu zat nutrisi yang berguna untuk penyedia energi di dalam tubuh. Tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula, pati serta serat. Gula yang masuk ke dalam aliran darah akan diserap oleh sel-sel tubuh untuk menjadi glukosa dengan bantuan insulin. Sedangkan pati dan serat terbuat dari suatu molekul yang terikat oleh zat gula tersebut, serat merupakan salah satu jenis karbohidrat yang sehat serta berguna untuk tubuh, sebab dapat membuat perut kenyang lebih lama dengan kalori yang lebih sedikit.

Adapun Manfaat Karbohidrat untuk kesehatan tubuh adalah, sebagai berikut :
1.    Sebagai sember tenaga untuk tubuh
2.    Sebagai cadangan tenaga
3.    Untuk zat pembangun
4.    Dapat membatu proses fotosintesis tumbuh-tumbuhan

Ciri-ciri orang dengan kekurangan karbohidrat sebagai berikut :
1.    Dapat menurunkan tingkat energi, dengan demikian tubuh terlihat lemah dan lesu.
2.    Menurunya berat badan
3.    Akan mudah terserang berbagai jenis penyakit

Gejala kekurangan Karbohidrat diantaranya:
1.    Mengalami Kebingungan
2.    Mengalami Tremor
3.    Mengalami Demam
4.    Mengalami Pusing
5.    Mengalami Kelelahan
6.    Mengalami Distress
7.    Mengalami Delirium
8.    Mengalami Otot atrofi
9.    Menyebabkan Hilangnya jaringan otot
10.    Menyebabkan Stamina berkurang

Berikut ini merupakan beberapa penyakit sebagai akibat kekurangan karbohidrat diantaranya:
1.    Menyebabkan Hipoglikemia
Hipoglikemia merupakan masalah yang diakibatkan karena rendahnya gula darah di dalam tubuh. Hipoglikemia sering dialami pada bayi dan orang tua, akan tetapi penyakit ini bisa terjadi pada usia berapapun.

2.    Menimbulkan Penyakit kekurangan kalori dan protein atau KKP
Penyakit yang dinamakan Protein Energy Malnutrition merupakan suatu penyakit akibat kekurangan gizi dalam tubuh seperti protein, kurang asupan karbohidrat, vitamin, asam lemak esensial, serta semua elemen yang sangat berkontribusi dalam  dermatosis tubuh.

3.    Rentan Terkena Penyakit Jantung Dan Diabetes
Hasil sebuha study menyimpulkan bahwa apabila tubuh kekurangan karbohidrat, sehingga tubuh akan rentan terhadap berbagai penyakit berat seperti jantung, diabetes maupun stroke.

4.    Dapat Menyebabkan Tubuh Cepat Letih, Lemah serta Lesu
Selain fungsi karbohidrat untuk sumber utama energi, karbohidrat juga sangat berperan aktif untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5.    Rentan Terkena Depresi
Sudah jelas tentu karbohidrat sumber nutrisi otak, dengan demikian karbohidrat dapat memaksimalkan kerja kinerja serta membuat suasana menjadi tenang. Hasilnya apabila tubuh kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan perasaan depresi serta pikiran yang kurang tenang.

6.    Menyebabkan kebodohan
Karbohidrat akan berdampak terhadap kinerja otak. Kekurangan karbohidrat dapat mengakibatkan konsentrasi seseorang menurun. Hal tersebut akan berdampak pada tingkat kecerdasan seseorang.

7.    Dapat memperlambat sistem metabolisme tubuh
Karbohidrat berguna sebagai bahan bakar serta sumber energi bagi tubuh. Kekurangan karbohidrat bisa memperlambat sistem metabolisme tubuh.

8.    Dapat Menimbulkan rasa malas
Otot-otot dalam tubuh manusia membutuhkan asupan makanan berupa glikogen yang berguna untuk mengoptimalkan serta memperkuat fungsi otot. Apabila seseorang kekurangan karbohidrat sebagai penghasil glikogen, dengan demikian otot-ototnya tidak dapat bekerja secara optimal sebab tidak tersedianya energi, maka akan menimbulkan tubuh terasa lemas serta malas untuk melakukan kegiatan apapun.

Dari penjelasan tersebut, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa karbohidrat merupakan salah satu zat yang sangaat dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan demikian stiap orang harus mencukupi asupan zat satu ini, yang akan sangat membantu agar tubuh selalu sehat serta terhindar dari berbagai penyakit-penyakit yang dapat mematikan seperti yang sudah dijelaskan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates