Wednesday , 26 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan – Daun ciplukan dikenal sebagai tanaman yang kecil, akan tetapi menyimpan sangat banyak manfaat yang harus untuk diketahui. Tanaman ciplukan adalah tanaman herba yang mempunyai umur 1 tahun, ciplukan mempunyai batang yang tegak berusuk, bentuk bersegi tajam serta berongga dengan tinggi bisa mencapai sekitar 1 meter. Daun tanaman ciplukan mempunyai bentuk bulat telur memanjang serta ujung meruncing serta tepi yang terkadang rata dan juga terkadang tidak. Letak bunganya pada ketiak daun. Buah ciplukan terbungkus oleh sebuah kelopak yang menggelembung dengan bentuk telur serta meruncing pada bagian ujungnya yang berwarna hijau kekuningan, buah ciplukan berbentuk buni serta berwarna kekuningan apabila telah masak dan mempunyai rasa yang manis. Tanaman ciplukan ini biasanya hidup liar di persawahan, di perkebunan, dan juga lainnya. Untuk yang ingin mengetahui apa saja manfaat yang dikandung oleh daun ciplukan, berikut beberapa manfaat daun ciplukan untuk kesehatan:1. Bisa Mengobati Flu
Salah satu kegunaan dari daun ciplukan dengan khasiatnya yang bisa mengobati seseorang yang sedang terserang flu. Dengan cara:
a. Potong daun ciplukan sampai menjadi beberapa bagian
b. Rebuslah dengan air sampai mendidih
c. Minumlah air rebusannya, sampai sembuh

2. Mengobati Radang Tenggorokan
Tidak hanya dapat mengobati flu biasa, akan tetapi daun ciplukan bisa menjadi obat untuk radang tenggorokan yang biasa menyerang anak-anak ataupun dewasa. Cukup dengan minum air rebusan dari daun ciplukan agar dapat meredakan radang tenggrokan secara alami.

3. Dapat Mengobati Pertusis
Daun ciplukan sudah terbukti dapat menjadi obat bagi yang mengalami batuk rejan atau disebut  pertusis. Kandungana lami dalam daun ciplukan bisa meredakan batuk ini secara alami dan bertahap, akan tetapi tidak kembali lagi.

4. Dapat Mengobati Gondongan
Daun ciplukan mempunyai manfaat untuk meredakan radang, sampai yang menyebabkan mengurangi nyeri misalnya gondongan. Gondongan merupakan kondisi dimana bagian kelenjar di bawah leher yang mengalami pembengkakan. Pada saat mengalami gondongan akan timbul terasa nyeri, lalu secara alami bisa dikurangi dengan minum air rebusan dari daun ciplukan.

5. Mengobati Bisulan
Sebagai obat anti radang yang sangat bermanfaat, daun ciplukan bisa digunakan untuk mengobati bisulan pada area kulit.

6. Dapat Mempercepat Pengeringan Borok
Untuk yang menderita sakit borok bisa diatasi dengan daun ciplukan. Caranya hanya dengan menumbuk daun ciplukan dengan menggunakan alu, lalu oleskan pada borok yang sedang mengalami peradangan.

7. Dapat Mengobati Kencing Manis
Manfaat lain yang bisa Anda rasakan dari daun ciplukan yaitu karena khasiatnya yang bisa mengobati kencing manis. Penderita yang mengalami kencing manis hanya butuh meminum rebusan daun ciplukan dengan rutin supaya penyakit kencing manis bisa segera hilang.

8. Dapat Mengurangi Penyakit Paru-Paru Basah
Khasiat daun ciplukan juga sangat berguna untuk yang menderita penyakit paru-paru basah. Terutama pada air rebusan daun ciplukan yang dikonsumsi dengan teratur, bisa mengurangi masalah kesehatan ini.

9. Dapat Mengurangi resiko Terjadinya Epilepsi
Air rebusan daun ciplukan juga bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit epilepsi. Lalu untuk yang memiliki penyakit tersebut, besar kemungkinan dapat mengurangi kekambuhan penyakit epilepsi yang dialami.

10. Dapat Meredakan Gangguan Kelenjar Getah Bening
Apabila seseorang pernah mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening, dengan demikian sangat disarankan untuk meminum air rebusan daun ciplukan yang dikonsumsi secara rutin. Akan tetapi minum air rebusan tanaman seperti daun ciplukan ini, harus diseimbangi dengan asupan konsumsi air putih.
Agar mendapatkan manfaat daun ciplukan secara cepat, harus mengikuti anjuran penyajiannya untuk mendapatkan hasil yang optimal. Konsultasikan hal tersebut dengan tenaga medis, untuk memperoleh dosis yang tepat dan juga seimbang.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates