Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Latihan Kelenturan Tubuh Untuk Kesehatan

Manfaat Latihan Kelenturan Tubuh Untuk Kesehatan

Manfaat Latihan Kelenturan Tubuh Untuk Kesehatan

Manfaat Latihan Kelenturan Tubuh Untuk Kesehatan

Manfaat Latihan Kelenturan Tubuh Untuk Kesehatan

Manfaat Latihan Kelenturan Tubuh Untuk Kesehatan – Pada saat kita melihat tarian-tarian dengan akrobatik tidak jarang berpendapat bahwa pelaku tarian tersebut mempunyai kelenturan tubuh. Kelenturan tubuh merupakan kemampuan tubuh dalam melakukan gerakan yang seluas mungkin tanpa akan mengalami cedera pada persendian serta otot di sekitarnya. Tidak semua orang mempunyai tubuh yang lentur. Akan tetapi hampir semua orang mempunyai potensi untuk memiliki kelenturan tubuh apabila melakukan proses latihan. Kelenturan tubuh juga bisa dijadikan sebagai terapi kesehatan, sebab akan melatih persendian serta otot kita tidak akan kaku dan berdampak baik untuk lancarnya peredaran darah.

Hambatan seseorang dalam melakukan kelenturan tubuh, sudah sempat dijelaskan di awal bahwa tubuh yang lentur di butuhkan dalam semua cabang olahraga serta beberapa aktivitas yang melibatkan anggota fisik. Pada umumnya, efektifitas dari aktivitas yang dilakukan salah satunya dipengaruhi oleh seberapa tingkat kelenturan tubuh kita. Dari aktifitas latihan kelenturan tubuh, tidak sedikit manfaat yang dapat diperoleh, diantaranya:

1. Dapat Memperbaiki sikap tubuh
Semua orang tentu ingin memiliki postur tubuh yang ideal. Baik dari panjang bahu, panjang tulang punggung, panjang kaki semuanya dapat dipengaruhi oleh seberapa lentur persendian serta kelenturan otot. Kelenturan tubuh yang baik bisa memperbaiki sikap tubuh dan meningkatkan postur tubuh sebab latihannya melibatkan otot punggung bagian bawah, dada juga pundak.

2. Dapat Menghindari terjadinya cedera pada persendian dan juga pada otot
Mungkin hampir setiap orang pernha mengalami keseleo, keseleo merupakan satu indikasi seberapa tingkat kelenturan tubuh Anda. Manfaat lain dari latihan kelenturan tubuh juga bisa mempengaruhi seberapa cepat seseorang mampu pulih dari cedera yang di alami.

3. Dapat mengembangkan kecepatan, koordinasi serta kelincahan tubuh
Mempunyai persendian dan otot yang fleksibel sehingga akan mudah sekali serta terasa ringan jika digerakkan. Berbeda apabila mereka yang mempunyai kelenturan tubuh yang buruk, dengan demikian merasakan setiap persendiannya akan terasa kaku dan sulit bahkan malas untuk digerakan.

4. Dapat Menghemat tenaga saat beraktivitas
Dengan mempunyai tingkat kelenturan tubuh yang baik sehingga akan membuat aktivitas yang dilakukan terasa ringan dan cepat. Dengan seperti itu kita tidak akan mengeluarkan banyak energi dalam menggerakkan persendian. Kelenturan tubuh yang baik bisa menghemat pengeluaran tenaga pada saat melakukan gerakan.

5. Dapat Meningkatkan produksi cairan Synovial persendian
Manfaat lain latihan kelenturan tubuh bisa memicu produksi cairan synovial dalam persendian. Cairan Synovial merupakan pelumas yang berguna mengurangi gesekan persendian pada saat bergerak. Cairan ini juga dapat membantu membawa nutrisi dalam persendian.

6. Dapat Meningkatkan kebugaran
Dengan mempunyai tingkat kelenturan tubuh yang baik dengan demikian akan membantu proses kontraksi serta relaksasi otot dapat dilakukan secara mudah. Tubuh yang lentur bisa meningkatkan fungsi kebugaran jasmani, sebab kontraksi otot akan optimal dan tubuh akan menjadi luwes dan tidak kaku.

7. Bisa mengurangi nyeri pada punggung bagian bawah
Latihan kelenturan bisa mengurangi nyeri pada bagian punggung yang menjadi penyebab nyeri. Selain itu juga, dengan latihan kelenturan tubuh bisa meningkatkan keseimbangan serta koordinasi. Dengan adanya keseimbangan serta koordianasi yang baik lewat latihan kelenturan, bisa mengurangi resiko jatuh serta tubuh lebih gesit untuk bergerak.

Adapun Jenis Latihan Kelenturan Tubuh, diantaranya:
1. Latihan Kayang merupakan latihan yang dapat melatih kelenturan otot pinggang, perut serta punggung.
2. Latihan splits merupakan latihan yang berperan untuk melatih kelenturan pada bagian selangkangan.
3. Latihan berbaring kangkang merupakan latihan yang bertujuan melatih kelenturan otot pinggang
4. Latihan mencium lutut dalam posisi berdiri bertujuan untuk melatih kelenturan otot punggung serta pinggang.
5. Latihan mencium lutut dalam posisi duduk merupakan latihan yang bertujuan melatih kelenturan otot punggung.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates