Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Push Up Secara Rutin Untuk Kesehatan

Manfaat Push Up Secara Rutin Untuk Kesehatan

Manfaat Push Up Secara Rutin Untuk Kesehatan

Manfaat Push Up Secara Rutin Untuk Kesehatan

Manfaat Push Up Secara Rutin Untuk Kesehatan

Manfaat Push Up Secara Rutin Untuk Kesehatan – Push up merupakan salah satu gerakan latihan yang sangat umum dilakukan para atlet. Semua laki-laki dan juga perempuan dapat melakukan push up. Gerakan push up dapat dilakukan oleh siapa saja serta dimana saja. Hal tersebut yang membuat push up dapat dimasukkan dalam program latihan untuk setiap hari. Anda dapat melakukan push up apabila setelah bangun tidur atau pada saat sore hari.

Push up dilakukan dengan cara badan menghadap lantai setelah itu ambil jarak antara dua tangan. Apabila semua posisi badan siap, denga demikian bisa melakukan gerakan menekan serta menarik yang bertumpu pada tangan dan juga lengan. Gerakan push up yang benar yaitu gerakan badan yang seimbang serta searah, dengan demikian tidak terlihat bagian tulang belakang ataupun perut yang tidak rata.

Push up merupakan salah satu olahraga yang dengan latihan olahraga yang murah serta banyak memiliki manfaat untuk semua anggota tubuh. Berikut ini merupakan beberapa manfaat push up secara rutin, diantaranya:

1. Dapat Membentuk Otot Tubuh
Pada saat melakukan push up, beberapa otot tubuh khususnya pada bagian bahu depan, dada serta lengan yang bekerja sangatlah kuat. Apabila gerakan push up dilakukan secara rutin, sehingga otot bekerja untuk 3 sistem tubuh tersebut dapat terlatih.

2. Dapat Memperkuat Otot Perut
Salah satu inti dari gerakan push up yang paling benar yaitu tidak ada lengkungan pada bagian tulang belakang. Lengkungan ini biasanya akan terlihat pada saat badan melakukan gerakan naik ataupun turun. Gerakan push up secara benar akan terlihat pada saat semua bagian tulang belakang rata, kaku serta terlihat stabil. Dengan gerakan tulang belakang yang rata serta stabil dapat meningkatkan kekuatan otot pada perut.

3. Dapat Membantu Kekuatan Tulang
Tulang merupakan salah satu kekuatan inti pada tubuh yang sangat penting. Tulang menjadi kekuatan tubuh dalam berdiri, duduk serta melakukan berbagai macam gerakan. Masalah kesehatan tulang biasa akan diderita oleh laki-laki maupun perempuan pada usia lanjut. Beberapa keluhan yang paling sering dialami yaitu masalah tulang keropos, nyeri sendi serta tulang rapuh.

4. Membuat Kekuatan Otot Dada
Dada merupakan anggota tubuh yang berperan besar pada saat melakukan push up. Gerakan ini dapat memaksa otot dada atau pektoralis untuk menarik serta menekan badan tanpa harus bertumpu di bagian tubuh lain. Apabila gerakan push up dilakukan secara teratur dengan demikian otot dada akan terpelihara serta bisa membentuk massa otot yang sangat sehat.

5. Dapat Meningkatkan Massa Otot Bisep dan juga Trisep
Pembentukan masa otot bisep serta trisep dapat dilakukan dengan metode latihan angkat beban, seperti pada manfaat fitness. Akan tetapi apabila tidak mempunyai banyak waktu, sehingga bisa melakukan push up secara teratur. Gerakan push up dapat meningkatkan kerja otot bisep serta trisep. Akibat badan bergerak naik dan turun pada tekanan dengan kekuatan otot lengan.

6. Dapat Menstabilkan Otot Bahu
Apabila seseorang mengalami kelainan ototbahu, maka dapat dilakukan push up secara rutin.  Pada saat badan melakukan push up, dengan demikian kekuatan otot bahu terletak pada bagian bahu atas ataupun otot deltoid.

7. Dapat Membentuk Perut
Six-pack merupakan bentuk perut yang terlihat seperti susunan kotak yang berjumlah enam kotak, keras serta kuat. Apabila ingin memiliki perut six-pack, dapat dilakukan push up secara rutin.

8. Dapat Memperbaiki Postur Tubuh
Postur tubuh yang sempurna merupakan bagian yang sangat penting untuk penampilan seseorang. Terdapat beberapa masalah postur tubuh seperti pada tulang belakang yang kurang tegak, masalah bahu yang tidak seimbang ataupun lengan yang kurang stabil masih sering di jumpai. Untuk mengatasinya, lakukan push up secara rutin.

9. Dapat Menyeimbangkan Ukuran Tubuh
Dengan gerakan push up banyak menggunakan kerja otot bahu, lengan dan juga dada. Apabila diperhatikan maka gerakan push up akan cenderung membuat otot pada bagian bahu, lengan serta dada mepunyai ukuran yang besar.

10. Dapat Melatih Otot Jantung
Dengan melakukan push up secara rutin, dapat mendorong kekuatan otot dada, bahu serta lengan akan menjadi lebih kuat.

11. Dapat Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh
Metabolisme tubuh adalah proses untuk mengolah berbagai bahan yang masuk ke dalam tubuh agar mempertahankan fungsi bagian organ tubuh serta meningkatkan sistem kerja pada tubuh. Akibat masalah metabolisme sering menimbulkan berat badan berlebih, menimbulkan timbunan lemak pada tubuh serta kesehatan yang buruk.

12. Dapat Melatih Daya Tahan Tubuh
Daya tahan tubuh sangatlah penting untuk menjaga kesehatan karena dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Latihan push up secara teratur dapat meningkatkan sistem ketahanan tubuh.

13. Dapat Mencegah Osteoporosis
Meskipun beberapa masalah timbulnya penyakit tulang seperti osteoporosis dapat terjadi saat usia lanjut, akan tetapi penyakit ini dapat dicegah dengan melakukan push up secara rutin.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates