Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Alasan untuk Tetap Berolahraga Selama Kehamilan

Alasan untuk Tetap Berolahraga Selama Kehamilan

Alasan untuk Tetap Berolahraga Selama Kehamilan

Alasan untuk Tetap Berolahraga Selama Kehamilan

Alasan untuk Tetap Berolahraga Selama Kehamilan

Alasan untuk Tetap Berolahraga Selama Kehamilan – Kebanyakan wanita hamil takut berolahraga karena berpikiran bisa membahayakan janin. Berolahraga ketika sedang hamil sebenarnya baik untuk ibu dan bayi, meskipun jenis olahraga tetap harus diperhatikan. Olahraga dapat mengontrol hormon, menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko diabetes gestational, dan membantu mempersiapkan proses kelahiran. Tapi, sebelum memulai program kebugaran, berkonsultasilah dengan dokter tentang olahraga apa yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa alasan untuk tetap berolahraga selama kehamilan:

1. Memperkuat tubuh dan pikiran
Saat berolahraga, pikiran dan tubuh akan diperkuat untuk mempersiapkan proses kelahiran. Beberapa penelitian mebuktikan bahwa olahraga selama kehamilan bisa mengurangi waktu persalinan. Pemulihan setelah persalinan pun bisa berlangsung lebih cepat karena tubuh selalu fit selama kehamilan.

2. Meningkatkan aktivitas otak janin
Studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Montreal tahun 2013 menunjukkan bahwa 20 menit latihan moderat 3 kali seminggu dapat meningkatkan kekuatan otak bayi. Jadi, tidak hanya otak ibu yang turut diperkuat, melainkan juga otak janin dalam kandungan.

3. Tidur lebih baik
Jika mengalami kesulitan tidur selama kehamilan, terutama pada 3 bulan terakhir kehamilan, olahraga dapat membantu. Sebagian besar wanita hamil memiliki masalah tidur pada beberapa titik. Jika menemukan diri mengalami insomnia, berkonsultasilah dengan dokter perihal olahraga yang bisa dilakukan.

4. Meringankan sakit punggung
Sakit punggung selama kehamilan merupakan keluhan umum semua wanita hamil. Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengobati rasa sakit dan olahraga adalah salah satunya. Dengan melakukan aktivitas fisik, dapat mengurangi nyeri punggung bahkan menghilangkannya.

5. Mengurangi risiko diabetes gestasional
Berolahraga selama kehamilan dapat mengurangi risiko diabetes gestational yang terjadi ketika memiliki banyak gula dalam darah. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur, meski tidak ada jaminan yang pasti karena diabetes gestational terjadi akibat faktor genetik. Namun, Anda masih bisa menurunkan risiko dengan menjaga berat badan, berolahraga, dan hanya makan makanan sehat.

6. Membantu membuat bentuk tubuh kembali seperti sebelum hamil
Sangat sulit untuk mendapatkan kembali tubuh seperti sebelum kehamilan. Tetapi jika berolahraga secara rutin, penambahan berat badan bisa terkendali sehingga masih dalam kisaran batas normal. Jadi, berolahraga selama kehamilan memungkinkan berat badan kembali ke berat badan sebelum kehamilan jauh lebih cepat.

7. Menyeimbangkan hormon
Selama masa kehamilan, terjadi perbahan hormonal. Sehingga sering ditemi pada wanita hamil. emosinya  tidak stabil atau cenderng turun-naik. Untuk mengurangi perubahan suasana hati tersebut, cobalah berolahraga secara teratur. Olahraga mampu membantu menyeimbangkan hormon serta meningkatkan rasa percaya diri.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates