Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Fungsi dan Manfaat Serat

Fungsi dan Manfaat Serat

Fungsi dan Manfaat Serat

Fungsi dan Manfaat Serat

Fungsi dan Manfaat Serat

Fungsi dan Manfaat Serat – Dalam era makanan cepat saji, makanan sehari-hari kebanyakan terdiri dari karbohidrat dan lemak. Sebagai salah satu unsur penting, serat dalam makanan cenderung diabaikan. Sebagai informasi, serat tidak saja bisa diperoleh dari sayuran hijau, melainkan juga ditemukan di berbagai sumber makanan lain. Serat dari sumber manapun sangat diperlukan sebagai bagian dari diet sehari-hari. Serat makanan merupakan substansi yang tak bisa dicerna tubuh dan terbagi menjadi dua jenis yait serat larut dan serat tidak larut. Serat larut berfungsi memperlambat pencernaan dan dipercaya menurunkan kolesterol. Di sisi lain, serat tidak larut membantu menggerakkan tinja melalui usus dengan cepat. Berikut ini adalah uraian lengkap mengenai manfaat makanan kaya serat:

1. Mengatasi Sembelit
Serat sangat penting dalam merangsang gerakan usus yang tepat sekaligus berfungsi menyerap air dan melembutkan kotoran. Selain itu, serat menambah massa tinja sehingga dapat keluar tubuh dengan lebih cepat. Semua fungsi yang disebutkan diatas membuat serat efektif dalam mengobati sembelit. Perlu diketahui, sembelit adalah kondisi yang membuat seseorang tidak bisa buang air secara teratur karena tinja terlalu keras.

2. Kontrol Tingkat Gula dalam Darah
Serat dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Dibandingkan jenis makanan lainnya, serat dicerna oleh tubuh dalam waktu lebih lama. Karena serat dapat memperlambat proses pencernaan, dibutuhkan waktu yang lebih lambat untuk gula memasuki aliran darah. Hal tersebut pada akhirnya akan membantu mempertahankan tingkat gula dalam tubuh. Itu sebabnya, orang yang menderita diabetes disarankan untuk mengikuti rencana diet tinggi serat.

3. Mencegah Penyakit Usus dan Usus Besar
Serat membantu mencegah beberapa penyakit dan gangguan yang berhubungan dengan pencernaan. Selain sembelit, serat sangat aik untuk mencegah wasir, diverticulitis, sindrom iritasi usus, dll. Saat mencapai usus besar, serat akan dipecah menjadi asam organik yang membantu dalam metabolisme.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Serat membantu menurunkan berat badan dengan berbagai cara. Yang pertama, serat adalah penekan nafsu makan alami dan cepat membuat perut terasa kenyang. Perut yang kenyang akan membantu mengurangi cemilan yang hanya akan menaikkan berat badan. Yang kedua, diperlukan waktu lebih lama untuk mengunyah makanan yang mengandung serat. Hal tersebut membuat Anda segera sadar bahwa perut sudah kenyang sehingga akan membuat makan lebih sedikit. Yang ketiga, makanan ringan kaya serat (seperti popcorn, biskuit, buah) mengandung sedikit kalori namun tetap mengenyangkan.

5. Menurunkan Kolesterol
Dalam tubuh, serat larut membentuk substansi seperti pasta sehingga membuat partikel kolesterol melekat dan dibuang keluar tubuh sebagai limbah. Serat menurunkan tingkat lipoprotein sehingga membantu menurunkan kolesterol yang pada gilirannya mencegah penyakit jantung.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates