Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Minuman Elektrolit

Jenis Minuman Elektrolit

Jenis Minuman Elektrolit

Jenis Minuman Elektrolit

Jenis Minuman Elektrolit

Jenis Minuman Elektrolit – Saat sakit yang disertai dengan muntah berlebih dan diare, dokter akan merekomendasikan pasien untuk minum cairan elektrolit (oralit). Minuman elektrolit merupakan sumber energi instan yang membantu tubuh agar terhidrasi dengan cepat sehingga mencegah dari kekurangan cairan (dehidrasi). Elektrolit merupakan suatu keharusan bagi orang yang melakukan aktivitas berat karena rentan mengalami dehidrasi. Elektrolit dalam pengertian kimia, didefinisikan sebagai larutan yang mengandung ion bebas (yaitu atom yang memiliki jumlah elektron dan proton tidak sama) yang membuatnya konduktif. Contoh sederhana dari elektrolit adalah garam yang terlarut dalam air. Garam yang dimasukkan dalam air akan larut melalui proses yang disebut solvasi. Energi yang berasal dari minuman elektrolit didapat melalui proses solvasi sederhana. Minuman elektrolit yang alami dan sehat ditemukan pada jus buah dan sayuran.

Minuman elektrolit sederhana terdiri dari mineral (seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium), garam, gula, dan air. Sebagian besar minuman olahraga yang dikonsumsi saat ini adalah minuman yang mengandung elektrolit. Minuman ini penting untuk orang yang melakukan kegiatan fisik intensif. The American College of Sports Medicine merekomendasikan seorang atlet harus mengonsumsi 0,5 liter minuman elektrolit 2 jam sebelum berolahraga untuk mencegah dehidrasi. Asupan cairan secara berkala saat berolahraga disarankan untuk mempertahankan cairan tubuh yang hilang dengan cepat melalui keringat. Karbohidrat dalam minuman olahraga memberikan energi yang menunda kelelahan otot setelah sesi latihan. Mineral seperti, natrium, kalium, dan klorida, sering hilang bersama keringat. Elektrolit mengkompensasi kehilangan dengan mengembalikan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Berikut adalah jenis minuman elektrolit, diantaranya:

1. Minuman Isotonik (Isotonic Drink)
Minuman elektrolit isotonik berbasis air yang mengandung fruktosa dan glukosa dalam konsentrasi 6-8%. Minuman ini merupakan pilihan terbaik bagi sebagian besar atlet yang melakukan lari jarak jauh dan kegiatan fisik lainnya. Minuman isotonik akan memasok tubuh dengan cairan yang cukup.

2. Minuman Hipotonik (Hypotonic Drink)
Minuman hipotonik mengandung kurang dari 8% karbohidrat dan mineral, dibandingkan dengan cairan tubuh normal. Minuman hipotonik adalah yang terbaik untuk konsumsi sehari-hari setelah olahraga rutin karena rendah kalori. Cairan dalam minuman ini segera diserap oleh usus, sehingga menjaga keseimbangan cairan normal dalam tubuh. Pesenam dan joki sering mengkonsumsi minuman hipotonik untuk melembabkan dan memberi energi pada tubuh.

3. Minuman Hipertonik (Hypertonic Drink)
Minuman ini memiliki lebih banyak karbohidrat dibandingkan dengan 2 jenis lainnya. Minuman elektrolit ini dikonsumsi selama latihan berat dan lari jarak ekstra jauh. Karena memiliki konsentrasi tinggi karbohidrat, minuman ini dikonsumsi bersama dengan minuman isotonik untuk mengkompensasi penyerapan cairan oleh tubuh.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates