Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Bahaya Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Ketahui Bahaya Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Ketahui Bahaya Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Ketahui Bahaya Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Ketahui Bahaya Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Ketahui Bahaya Kacang Tanah Untuk Kesehatan – Kacang tanah merupkn salah satu tanaman yang biasa dikonsumsi pada saat seseorag sedang santai. Kacang tanah juga tidak hanya enak dikonsumsi pada saat bersamaan, melainkan mempunyai manfaat dan juga bahaya untuk kesehatan tubuh. Bahaya kacang tanah yang bisa berdampak pada kesehatan tubuh kita rupanya sangatlah beragam. Mungkin saja terdapat beberapa daftar di bawah ini yang belum pernah diketahui ternyata dapat disebabkan hanya dengan biasa mengkonsumsi kacang tanah secara asal. Pada dasarnya kandungan kacang tanah mempunyai nutrisi melimpah akan tetapi jangan lupa pula untuk memperhatikan porsi dan cara penyajian yang sehat untuk menghindari beberapa daftar penyakit yang dapat mengancam seperti berikut ini:

1. Menyebabkan Kontaminasi mikroba
Kacang tanah dengan kondisi tanaman ini yang mempunyai biji untuk dijadikan bahan makanan justru terletak di bawah tanah dengan demikian sangatlah rentan terhadap ragam paparan mikroba. Beberapa jenis mikroba yang biasa terdapat dalam kacang tanah:
a. Kelompok dari bakteri Salmonella
b. Kelompok parasit jamur yang beracun

2. Menyebabkan Demam typhoid
Kacang tanah mempunyai potensi menjadi tempat berkembang kelompok bakteri dengan jenis Salmonella. Sehingga ancaman kesehatan yang sering timbul yakni seputar mengenai gejala demam typhoid, hal ini terjadi akibat tidak benar selama proses kebersihannya.

3. Menyebabkan Kanker hati
Higienitas menjadi salah satu faktor pemicu masalah kesehatan akibat konsumsi kacang tanah. Selain rentan terpapar bakteri, konsumsi kacang tanah juga mempunyai resiko kontaminasi dari jenis jamur beracun.

4. Dapat Menghambat pertumbuhan
Di samping kacang tanah sebagai zat karsinogen untuk organ hati, jenis racun aflatoksin dari kacang tanah akan berpengaruh buruk untuk laju pertumbuhan anak-anak.

5. Menyebabkan alergi
Kacang tanah merupakan suatu tanaman dalam tanah yang kaya akan nutrisi bermanfaat. Akan tetapi di balik itu tidak sedikit orang yang mempunyai alergi yang tidak bisa ditolerir apabila bersinggungan dengan kacang tanah.6. Menyebabkan Radang rematik
Lektin merupakan kandungn dalam kacang tanah yang sangat berguna bagi tanaman kacang dalam melindungi diri dari ancaman ragam hama yang dapat menyerang. Pada penderita rematik disarankan dapat mengurangi ragam makanan rendah purin selain pada kacang-kacangan juga dalam kelompok makanan seafood.

7. Meningkatkan berat badan
Kandungan lektin dalam kacang tanah ternyata tidak bisa dicerna secara sempurna oleh sistem pencernaaan kita sebab strukturnya yang mendekati lengket. Selain itu berpotensi mengacaukan sistem tubuh yang berhubungan dengan fungsi insulin.

8. Menyebabkan Penyakit jantung
Kacang tanah mempunyai kandungan kaya akan asam lemak omega 6 akan tetapi berbanding terbalik dengan kandungan asam lemak omega 3 dengan kadar rendah.

9. Menimbulkan ancaman pestisida
Sedari tadi telah dibahas bahwa tanaman kacang tanah sangat rentan terhadap serangan hama maupun parasit jamur.

10. Menimbulkan Masalah Kardiovaskular
Hal ini tidak terlepas dari kandungan lemak jenuh dalam kacang tanah yang cukup tinggi. Dan sebagai sasaran utama yang akan mengalami masalah kesehatan apabila kandungan lemak jenuh dalam tubuh melonjak naik, meningkatkan resikosistem kardiovaskular. Namun sebenarnya dalam kacang tanah sudah pula terkandung mineral tembaga yang ampuh juga dalam menetralisir beberapa efek bahaya dari lemak jenuh berlebih.

Berikut beberapa masalah kesehatan kardiovaskular yang dapat mengancam akibat berlebihnya kadar lemak jenuh di dalam tubuh:
1. Dapat Meningkatnya tekanan darah tinggi
2. Dapat Memicu pula permasalahan pada sistem cerna
3. Mengakibatkan Muncul kebuntuan ataupun sumbatan pada pembuluh darah arteri
4. Meningkatkan timbulnya pecah pembuluh darah otak ataupun stroke
5. Meningkatkan resiko timbulnya serangan jantung mendadak

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates