Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahuilah Sumber dan Manfaat Vitamin B1

Ketahuilah Sumber dan Manfaat Vitamin B1

Ketahuilah Sumber dan Manfaat Vitamin B1

Ketahuilah Sumber dan Manfaat Vitamin B1

Ketahuilah Sumber dan Manfaat Vitamin B1

Ketahuilah Sumber dan Manfaat Vitamin B1 – Pada umumnya semua kelompok vitamin B bisa membantu tubuh dalam mengubah makanan (karbohidrat) untuk menjadi bahan bakar (glukosa), yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi serta membantu tubuh memetabolisme lemak serta protein. Keseluruhan vitamin B dibutuhkan untuk kesehatan kulit, rambut, mata, dan juga hati. Selain itu dapat membantu fungsi sistem saraf dengan benar, serta diperlukan untuk fungsi otak dengan baik. Akan tetapi, letak keunggulan vitamin B1 yaitu sebagai penguat sistem kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menahan keadaan stres. Berikut manfaat B1 untuk tubuh adalah diantaranya:

1. Dapat mencegah penyakit beri-beri
Beri-beri adalah suatu penyakit yang dapat menyerang sistem saraf. Dengan gejala terjadi pembengkakan pada beberapa bagian tubuh utamanya persendian disertai rasa nyeri, mati rasa, kesemutan, ataupun sensasi terbakar pada tangan dan kaki, mengalami kebingungan, kesulitan bernapas akibat cairan di paru-paru, serta gerakan mata yang tidak dapat terkendali yang disebut dengan nystagmus.2. Mencegah kondisi stress
Vitamin B1 sangat berguna untuk meningkatkan mood, untuk meningkatkan energi dan kewaspadaan sebab vitamin B1 bekerja dengan cara membantu untuk proses konversi energi serta sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

3. Dapat mencegah komplikasi kardiovaskular serta masalah mata berkaitan dengan penyakit diabetes
Hal tersebut sudah terbukti dari berbagai studi penelitian kesehatan di berbagai negara.

4. Dapat mencegah penyakit jantung
Individu dengan menderita gagal jantung biasanya sering mamanfaatkan diuretik untuk mengatasi kelebihan cairan di dalam tubuh. Akan tetapi sayangnya, hal tersebut justru menyingkirkan jumlah thiamin di dalam tubuh yang diperoleh dari makanan yang sudah dikonsumsi. Padahal peran vitamin B1 dapat membantu memompa darah ke jantung jantung, dengan demikian potensi terjadinya gagal jantung pada setiap individu bisa diminimalisir.

5. Mengurangi resiko efek keracunan timah
Vitamin B1 ternyata mempunyai andil besar untuk menjaga kesehatan kulit dan kesuburan rambut. Ini diakibatkan karena vitamin B1 dapat mendorong aliran darah yang sehat serta membantu menjaga jumlah sel darah merah untuk tetap normal.

6. Dapat memperkuat daya ingat
Terdapat juga beberapa studi klinis yang menyimpulkan bahwa vitamin B1 adalah unsur kunci dalam meningkatkan retensi memori.

7. Dapat menjaga kesehatan mata
Vitamin B1 bisa bekerja dengan baik dalam mencegah pembentukan masalah pada lensa mata misalnya katarak.

8. Dapat mencegah terjadinya penyakit Alzeimer
Selain semua manfaat kesehatan dapat diketahui terdapat dalam vitamin B1, ada banyak spekulasi bahwa vitamin B1 juga sangat penting dalam memperlambat laju penyakit Alzheimer.

9. Dapat mencegah Wernicke-Korsakoff syndrome
Wernicke-Korsakoff Syndrome merupakan gangguan otak yang diakibatkan oleh defisiensi tiamin. Syndrom ini terbagi menjadi dua jenis kelainan yaitu syndrome Wernicke dengan melibatkan kerusakan saraf dalam sistem saraf pusat dan syndrome Wernicke yang melibatkan kerusakan saraf di dalam system saraf perifer. Biasanya mengalami syndrome ini terjadi diakibatkan karena kekurangan gizi serta kecanduan alkohol. Gejalanya terlihat seperti kebingungan atau linglung, susah berkosentrasi, mengalami kejang otot dan lainnya.

Berikut Sumber Vitamin B1, diataranya:
1. Adapun Sumber vitamin B1 yang berasal dari hewan, yaitu terdapat dalam hati serta daging babi, hati sapi, hati domba, ikan tuna dan kuning telur.
2. Adapun Sumber vitamin B1 yang berasal dari tumbuhan, yaitu terdapat dalam ragi, gandum, asparagus, berasal dari  jamur,sayur bayam, terong, berasal dari biji bunga matahari, berasal dari tomat, kacang arcis, kacang merah dan juga kacang-kacangan lainnya yang masih mengandung kulit ari.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates