Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Dibalik Buah Semangka

Khasiat Dibalik Buah Semangka

Khasiat Dibalik Buah Semangka

Khasiat Dibalik Buah Semangka

Khasiat Dibalik Buah Semangka

Khasiat Dibalik Buah Semangka – Buah semangka merupakan salah satu jenis buah yang dapat kita temukan dengan mudah di Indonesia. Buah ini dapat ditemukan sepanjang musim,akan tetapi biasanya akan sangat manis pada saat musim kemarau. Varietas asli pada buah semangka mmempunyai warna merah dan biji kecil di bagian dalam dagingnya. Semangka dalamnya mengandung air serta memiliki rasa yang sangat manis.Semangkan mengandung mineral, mengandung vitamin, zat antioksidan serta kalori yang cukup rendah.Sekarang semangka dapat dikembangkan menjadi beberapa jenis semangka seperti jenis semangka tanpa ada biji, semangka kuning serta varietas lain. Meskipun terdapat berbagai macam jenis semangka, akan tetapi setiap jenis semangka mempunyai nilai gizi yang seimbang. Berikut manfaat semangka dari kandungan gizi yang ada di dalamnya, sebagai berikut:

1.    Dapat Mencegah Asma
Manfaat semangka yaitu buah ajaib yang dapat mencegah penyakit asma. Buah ini tidak dapat menyembuhkan penyakit asma akantapi hanya mencegah untuk tahap gejala ataupun penyakit pernafasan yang dapat menjadi asma. Kandungan vitamin C di dalamnya yang tinggi dalam buah semangka secara efektif akanmampu meningkatkan kekebalan tubuh dengan demikian mencegah gangguan pernafasan.

2.    Dapat Menurunkan Tekanan Darah
Semangka juga ternyata sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah. Orang yang mempunyai penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah semangka ini.

3.    Mencegah Kanker
Semangka menjadi buah yang mempunyai sumber tinggi vitamin C serta zat licopen. Dimana kedua macam zat ini sangat penting dalam melindungi tubuh dari serangan radikal bebas sebagai penyebab kanker.

4.    Dapat Mengatasi Sembelit
Semangka merupakan buah yang mengandung serat serta air yang sangat tinggi. Serat dalam semangka dapat mengatasi masalah sembelit utamanya karena kekurangan serat yang larut dalam usus. Serat yang terdapat dalam semangka dapat membentuk gel alami dalam usus besar sehingga melancarkan penyerapan nutrisi serta melancarkan buang air besar.

5.    Dapat Mencegah Dehidrasi
Semangka merupakan buah yang dapat menyegarkan serta memiliki banyak kandungan air. Kekurangan air dapat menyebabkan tubuh akanmenjadi lemah, tidak bertenaga serta kurang konsentrasi.

6.    Dapat Mencegah Peradangan
Peradangan yang terjadi dalam organ tubuh dapat menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya. Kandungan senyawa kolin yang ada dalam semangka mempunyai fungsi yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan otot tubuh, dapat membantu tubuh untuk menciptakan kondisi santai, serta memperbaiki ingatan otak.

7.    Dapat Membuat Kulit Lembut dan Halus
Semangka ternyata kaya mengandung vitamin A yang dapat membuat kulit menjadi lebih halus serta lembab. Hal tersebutakan mencegah kulit kusam serta kurang nutrisi.

8.    Dapat Mengatasi Nyeri Otot
Senyawa asam amino citruline yang ada dalam buah semangka mempunyai efek yang sangat baik dalam meredakan nyeri otot.

9.    Sebagai Sumber Kolagen Alami
Kolagen merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga elastisitas kulit. Manfaat semangka untuk kesehatan kulit karena mengandung vitamin C yang sangat tinggi.

10.    Dapat Memelihara Kesehatan Jantung dan juga Tulang
Buah Semangka mengandung senyawa likopen yang berguna untuk membantu memelihara kesehatan jantung serta tulang.

11.    Dapat Mengatasi Peradangan
Beberapa jenis senyawa yang ada dalam semangka yaitu seperti senyawa fenolik, triterpenoid, senyawa karotenoid serta flavonoid. Likopen dalam buah semangka sangat efektif untuk mengatasi peradangan serta mencegah tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu dapat membantu tubuh untuk membuat sistem kekebalan alami.

12.    Dapat Melancarkan Urin
Orang yang mempunyai masalah dengan saluran diuretik serta ginjal dapat menggunakan semangka sebagai terapiyag alami. Semangka di dalamnya mengandung air yang sangat tinggi serta bisa meningkatkan aliran urin di dalam tubuh. Dan juga dapat membantu membuat racun dalam hati dengan demikian meringankan sistem kerja ginjal.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates