Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Makanan Tinggi Alkali untuk Menurunkan Asam Lambung

Makanan Tinggi Alkali untuk Menurunkan Asam Lambung

Makanan Tinggi Alkali untuk Menurunkan Asam Lambung

Makanan Tinggi Alkali untuk Menurunkan Asam Lambung

Makanan Tinggi Alkali untuk Menurunkan Asam Lambung

Makanan Tinggi Alkali untuk Menurunkan Asam Lambung – Asam lambung dibutuhkan untuk membantu pencernaan. Tanpa asam lambung, makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak dicerna dengan baik, sehingga zat-zat gizi tidak bisa diserap baik oleh tubuh. Didalam tubuh diperlukan jumlah asam lambung yang seimbang. Karena jika berlebih akan menimbulkan penyakit. Produksi asam lambung bertambah pada makan. Sebaliknya, pada saat tubuh tidak membutuhkannya, produksi asam lambung akan menurun kembali. Karena itu, jadwal makan yang tidak teratur membuat lambung sulit beradaptasi. Bila hal ini berlangsung secara terus-menerus, terjadi kelebihan asam dan akan mengiritasi dinding mukosa lambung dan menyebabkan rasa perih,dan mual pun muncul.

Makanan berlemak dan pedas menyebabkan produksi asam lambung berlebihan. Saat asam lambung meningkat, Anda harus mengimbanginya dengan makanan yang bersifat basa (alkali). Makan makanan bersifat basa dapat membantu melawan asam lambung berlebih yang disebabkan oleh stres. Berikut ini adalah daftar makanan yang bisa mengurangi kelebihan asam lambung:

1. Sayuran
Sebagian sayuran dapat menjadi sumber basa (alkali) dan mengurangi asam lambung berlebih. Sayuran hijau seperti brokoli, peterseli, bayam mentah, dan seledri mengandung jumlah tinggi alkali, begitu pula dengan bawang putih dan artichoke. Selain itu, kacang hijau, wortel, selada, zucchini, labu, asparagus, jagung segar, kacang polong, jamur, bawang, kentang dan kembang kol juga efektif mengurangi level asam lambung. Hindari ubi jalar, acar, bayam masak dan kacang merah yang dapat memicu perut menghasilkan asam.

2. Buah-buahan
Anda bisa makan berbagai buah-buahan termasuk buah ara kering dan kismis, pepaya, kiwi kurma, blackcurrant, dan pir yang diketahui bersifat basa. Kelapa, ceri asam, tomat, persik, mangga, semangka alpukat, dan stroberi diketahui mengandung kadar rendah alkali. Selain itu, jauhi pisang, plum, blueberry, cranberry, buah kaleng dan jus buah olahan yang mengandung asam.

3. Biji-bijian dan Sereal
Sementara tidak ada biji-bijian dan sereal yang mengandung alkali tinggi, jagung, nasi, lentil, millet dan soba bersifat sedikit basa yang dapat membantu menyeimbangkan asam yang diproduksi tubuh.

4. Produk Susu
Dengan makan keju kedelai, susu kedelai, buttermilk, keju kambing, susu almond dan whey, Anda telah mengkonsumsi sejumlah kecil basa. Keju dan parmesan olahan membuat tubuh menghasilkan asam sehingga harus dihindari.

5. Kacang-kacangan
Hazelnut, almond, chestnut dan kacang Brazil mengurangi kelebihan asam dalam perut. Sebaliknya, kacang mete, kemiri kacang tanah, walnut, dan pistachios dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

6. Minuman
Minum minuman alkali membantu mengurangi asam lambung. Teh herbal, teh hijau dan minuman jahe dikenal tinggi alkali. Hindari mengkonsumsi minuman keras, teh hitam, kopi, bir, anggur, soda dan cokelat karena meningkatkan kadar asam.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates