Wednesday , 26 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Payudara Besar Sebelah Ketika Menyusui

Payudara Besar Sebelah Ketika Menyusui

Payudara Besar Sebelah Ketika Menyusui

Payudara Besar Sebelah Ketika Menyusui

Payudara Besar Sebelah Ketika Menyusui

Payudara Besar Sebelah Ketika Menyusui – Masa menyusui merupakan masa yang penting bagi bayi dan ibunya. Tentu saja sebab pada masa ini, ibu akan mempunyai banyak kesempatan untuk membangun bonding dengan buah hatinya tercinta. Disamping itu, bayi juga dapat memenuhi keperluan gizinya setiap hari. Akan tetapi, tetap saja ada kecenderungan bahwa anda mungkin mengalami beberapa masalah saat anda menyusui. Ada beberapa bayi yang memang cenderung lebih suka untuk menyusu pada satu payudara saja. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal seperti posisi yang nyaman saat menyusu atau adanya rasa nyeri ketika menyusu pada salah satu payudara sehingga menyebabkan ketidaknyamanan dan tidak efektif.

Hal seperti ini disebut dengan siding. Siding dapat mengakibatkan payudara ibu menjadi terlihat tidak simetris atau dengan kalimat lain, lebih besar sebelah. Mungkin, anda akan merasa panik saat melihat bentuk payudara yang tidak simetris atau lebih besar pada salah satunya. Tidak perlu terlalu takut karena ada beberapa cara yang dapat anda coba untuk mengembalikan bentuk payudara ke ukuran semula sehingga terlihat sama dan simetris.

Hal yang perlu anda ketahui bahwa payudara besar sebelah ketika menyusui diakibatkan oleh pembengkakan pada payudara karena bayi hanya mau jika menyusu pada satu sisi payudara saja. Payudara yang lebih jarang digunakan untuk menyusui akan bengkak secara perlahan-lahan karena sesaknya pembuluh darah yang ada di payudara. Disamping itu, hal ini juga bisa disebabkan oleh banyaknya ASI yang terdapat di payudara dan ASI tersebut jarang dikeluarkan. Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi bengkak pada payudara? Yang jelas, ASI harus tetap diberikan pada bayi anda. Walaupun bayi lebih suka menyusu pada salah satu payudara, anda perlu mengganti posisi menyusu bayi pada payudara yang lainnya. Hal ini dilakukan supaya kandungan ASI pada payudara lainnya (yang jarang disusukan) bisa berkurang sehingga bengkak pada payudara tersebut bisa sedikit berkurang. Jika anda tidak ingin mengganggu bayi dengan mengganti dan memindahkan posisi menyusunya, anda bisa memompa ASI pada payudara yang bengkak sehingga anda bisa memberikannya melalui cangkir atau botol. Dengan begitu, banyaknya ASI pada payudara anda akan berkurang. Pada akhirnya, anda akan dapat menjaga bentuk payudara menjadi lebih seimbang dan simetris. Disamping memberikan ASI atau memompa ASI, ibu juga dapat mengurangi bengkak dengan melakukan pemijatan pada payudara secara perlahan dengan menggunakan minyak bayi atau baby oil.

Posisi yang nyaman bagi bayi ketika menyusu sangat penting untuk diketahui oleh ibu. Ketahui juga alasan mengapa bayi tidak suka menyusu pada sisi lain payudara. Ketika anda sudah mengerti hal ini, anda bisa mencarikan posisi lain yang nyaman bagi bayi untuk menyusu pada sisi payudara itu. Sehingga, bayi tidak hanya menyusu pada satu sisi payudara saja, tapi menyusu pada keduanya secara seimbang dan membuat bentuk payudara anda terlihat simetris dan tidak besar sebelah.

Disamping itu, perlu juga anda ketahui bahwa ukuran payudara anda akan kembali ke bentuk semula ketika anda sudah berhenti menyusui. Hal ini dapat disebabkan karena produksi ASI sudah berhenti sehingga tidak menyebabkan payudara sesak. Ketika anda sudah memasuki masa ini, sebaiknya anda melakukan olah raga secara teratur guna melatih otot dada agar tidak layu dan agar bentuk payudara kembali seperti semula serta terlihat tetap kencang seperti sebelum anda menyusui bayi anda. Setelah memahami beberapa hal mengenai bentuk payudara yang berubah, sekarang saatnya anda mencobanya.

Cara mengembalikan payudara yang tidak simetris setelah menyusui anak, bisa kita lakukan dengan beberapa cara. Yang pertama adalah dengan membiarkan payudara karena dengan sendirinya payudara kita yang membesar dikarenakan menyusui akan kembali normal setelah peredaran darah kembali normal seperti biasa pada kedua payudara. Cara yang kedua ialah dengan melakukan massage pada kedua payudara untuk memperlancar peredaran darah serta mengembalikan bentuk payudara seperti sedia kala dan membuatnya lebih kencang. Cara lain untuk mengembalikan payudara yang tidak simetris setelah menyusui lainnya adalah dengan menggunakan masker payudara. Lakukanlah cara-cara seperti diatas untuk mengembalikan bentuk payudara yang simetris dan lebih kencang secara teratur serta lakukan dalam jangka waktu yang lama atau hingga ukuran payudara sudah kembali normal.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates