Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Beberapa Hal yang Akan Dirasakan oleh Ibu Menyusui

Beberapa Hal yang Akan Dirasakan oleh Ibu Menyusui

Beberapa Hal yang Akan Dirasakan oleh Ibu Menyusui

Beberapa Hal yang Akan Dirasakan oleh Ibu Menyusui

Beberapa Hal yang Akan Dirasakan oleh Ibu Menyusui

Beberapa Hal yang Akan Dirasakan oleh Ibu Menyusui – Air susu ibu (ASI) merupakan Hak Bayi. Disamping karena manfaatnya yang sangat penting bagi bayi, sekarang di dalam undang-undang pun sudah diatur. Sudah banyak ibu, LSM, organisasi serta komunitas-komunitas yang mengkampanyekan betapa pentingnya pemberian ASI bagi bayi juga bagi ibunya.

Selain itu, para Ayah pun sudah banyak ikut berpartisipasi dan peduli dalam proses pemberian ASI ini. Salah satu komunitas untuk ayah adalah Komunitas ayah ASI. Ayah akan memberikan dorongan semangat serta motivasi, ia juga memberikan bantuan kepada para Ibu untuk tetap memberikan ASI eksklusif pada buah hatinya.Namun, terdapat hal-hal yang sebenarnya tidak bisa dirasakan oleh Ayah. Hal-hal dibawah ini hanya akan dirasakan Ibu Menyusui, antara lain:

1. Walau lelah setelah melahirkan, proses inisiasi menyusui dini (IMD) itu dirasakan sangat luar biasa, apalagi untuk ibu yang baru melahirkan anak pertama
Kali Ini ialah proses menyusui pertama, rasanya tentu banyak sekali dan campur aduk. Ada perasaan cemas, ada pula bahagia bisa merasakan hal ini. Ibu dapat mengelus bayi, merasakan tarikan nafas serta melihat ubun-ubunnya yang bergerak naik turun.

2. Rasa lapar serta haus yang berlebihan itu wajar karena butuh untuk kecukupan ASI
Hal ini adalah wajar terjadi, sebab seorang ibu menyusui membutuhkan ekstra tenaga serta banyak cairan untuk kecukupan ASI. Mungkin akan ada Ibu khawatir akan menjadi gendut, tapi sebenarnya dengan menyusui, badan ibu akan menjadi lebih susut.

3. Stress dalam minggu pertama sampai sekitar sebulan menyusui
Stress pada awal melahirkan adalah hal yang biasa terjadi apalagi jika putingnya lecet. Ibu akan merasa stress setiap akan menyusui bayinya Karena menahan sakit dari lecet yang ditimbulkan. Pada umumnya, Ibu akan merasa menderita sekali pada awal menyusui. Disinilah peran ayah penting guna memberikan dorongan movitasi, semangat dan mungkin pijat pada ibu agar ibu merasa lebih rileks.

4. Ibu tidak bisa tidur dengan nyaman
Dalam 3 bulan pertama, bayi akan terus menerus minta disusui karena merasa mudah lapar dan bisa jadi hanya dalam beberapa menit saja. Konsistensi ASI yang lebih cair serta lambung bayi yang masih kecil akan membuatnya merasa mudah lapar. Hal ini terkadang akan membuat ibu menjadi kurang tidur.

5. Ibu mungkin juga pernah merasakan lecet dan perih
Rasa sakit yang dirasakan pada payudara akibat puting yang lecet sering dialami oleh setiap ibu menyusui. Bahkan ketika bayi sudah menginjak usia 6 bulan.

6. Terkadang posisi menyusui tidak tepat
Ketika bayi menyusu, itu akan memakan waktu 20-30 menit, mungkin bisa lebih jika ia ngempeng. Ketika ibu yang baru belajar menyusui, terkadang salah posisi atau posisi menyusui tidak tepat. Jika dari awal posisi menyusuinya sudah salah, akan mengakibatkan badan menjadi pegel pegel.

7. Sakit punggung
Seorang ibu menyusui akan berhadapan dengan berbagai macam perubahan dalam tubuhnya. Sakit punggung ialah hal yang paling sering terjadi dalam proses menyusui. Ibu akan merasa capek dan pegal yang tak kunjung sembuh, perasaan ngilu di sekujur tubuh serta gigi sensitif menjadi hal yang biasa terjadi saat menyusui.

8. Ibu akan kehilangan “me time”
Ketika memiliki seorang bayi maka ibu akan kehilangan semua masa-masa me time sampai anak berusia lebih dari 2 tahun. Tidak jarang, bagi ibu yang sudah merasa terlalu capek apalagi ia pun sambil bekerja, wajah akan menjadi lebih “kusut” dan memiliki kantong mata besar. Selain harus mengurus anaknya, ia pun harus mengatur rumah tangga dan juga melayani suaminya.

9. Ibu menjadi mudah lupa
Harap menjadi maklum apabila Ibu menyusui menjadi lebih pelupa. Hal ini disebabkan karena ibu kekurangan cairan tubuh yang membuatnya kurang untuk konsentrasi. Cairan tubuh ibu otomatis akan terbagi untuk suplai ASI. Hal ini akan menjadi semakin parah jika ibu kurang minum.

10. Beberapa ibu tidak mau menyusui Karena bayi suka menggigit
Hal yang bisa membuat beberapa Ibu tak mau menyusui adalah takut sakit ketika digigit. Saat bayi menggigit putting ibu, rasa sakitnya bias menyebar sampai ke ubun-ubun. Tetapi janganlah khawatir karena hal tersebut tidak akan berlangsung secara terus-menerus.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates