Wednesday , 26 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Beginilah Cara Membangunkan Bayi untuk Disusui

Beginilah Cara Membangunkan Bayi untuk Disusui

Beginilah Cara Membangunkan Bayi untuk Disusui

Beginilah Cara Membangunkan Bayi untuk Disusui

Beginilah Cara Membangunkan Bayi untuk Disusui

Beginilah Cara Membangunkan Bayi untuk Disusui – Ketika bayi Anda tiba di rumah untuk pertama kalinya, maka penting sekali bagi bayi untuk disusui setiap dua hingga tiga jam sekali untuk membantunya tumbuh serta mendapatkan nutrisi yang baik. Namun kendati demikian, Anda akan mendapati bahwa bayi Anda tertidur sepanjang waktu seperti bayi pada umumnya. Apabila hal tersebut terjadi, maka Anda harus coba membangunkannya sehingga sang bayi mau menyusu.

1. Bangunkan bayi Anda saat belum tertidur nyenyak
Cobalah untuk membangunkan bayi Anda ketika ia belum tertidur dengan nyenyak. Seperti layaknya orang dewasa, bayi juga dapat tertidur hanya sebentar atau pulas dan nyenyak. Itu menpakan siklus pada tubuh bayi Anda melalui fase tidur sebentar serta tidur pulas tersebut. Cobalah untuk membangunkannya ketika ia berada di fase tidur yang sebentar, sebab Anda akan lebih mudah membangunkannya dibanding membangunkannya ketika ia tertidur nyenyak. Anda dapat memahami saat bayi Anda berada di fase tidur sebentar dengan memperhatikan tanda-tanda seperti dibawah ini:

• Bayi Anda masih menggerakan bibirnya seperti sedang mengisap.

• Bayi masih menggerakan lengan dan kaki.

• Bayi tersenyum saat tidur.

2. Cara membangunkan bayi ketika tertidur pulas
Duduklah di dekat bayi Anda saat ia tertidur pulas. Seperti hal yang telah disebutkan di atas, penting bagi anda untuk tidak membangunkannya saat ia sedang tidur pulas. Apabila Anda ingin menyusui tetapi bayi Anda sedang tidur pulas, maka coba lakukan hal seperti dibawah ini :

• Anda hanya perlu duduk serta melakukan aktivitas ringan di dekatnya sehingga ia mulai menunjukkan tanda-tanda menuju fase tidur sebentar.

• Coba untuk menyentuh bayi Anda dengan lembut agar bias membangunkannya. Sentuhan kulit dapat membantunya untuk terbangun dengan nyaman. Cobalah untuk melepaskan selimut / pakaiannya lalu sentuh lengannya dengan lembut ketika ia tidur agar bisa membangunkannya. Bisa juga untuk menyentuh kepala atau pipinya dengan lembut.

• Rangsangan fisik yang dilakukan dan udara dingin yang dirasakan bayi akan dirasa cukup untuk membangunkannya.

• Kontak langsung antara kulit dengan kulit juga dapat membantu menenangkan bayi yang stres dan membuatnya siap untuk disusui.

• Anda pun dapat mencoba untuk meneteskan beberapa tetes ASI pada mulut bayi. Pada bayi – bayi tertentu biasanya akan terbangun setelah merasakan ASI.

• Angkat bayi dari tempat tidur agar membantu membangunkannya. Mencoba untuk mengangkat bayi dari tempat tidur kemudian menggendongnya dengan posisi tegak lurus bisa membantunya beralih menjadi tidur sebentar, atau bahkan bias langsung terbangun.

• Cobalah untuk bernyanyi ataupun berbicara saat menggendong agar bayi bias terbangun.

• Gendonglah bayi Anda saat posisi menyusui. Gendong bayi Anda seakan-akan Anda akan menyusuinya, kemudian teteskan sejumlah ASI di sepanjang bibirnya. Hal itu bisa membantunya terbangun.

• Coba gelitik kaki bayi dengan lembut untuk melihat apakah bayi bias terbangun dengan cara tersebut. Anda pun dapat mencoba meniup wajahnya / menyentuh pipinya. Anda akan mendapatkan bayi tersebut menggerakan kepalanya dengan refleks ke arah samping ketika Anda menyentuh pipinya karena ia akan mulai berpikir bahwa yang menyentuh pipinya adalah payudara Anda.

• Coba untuk gunakan lap yang dingin untuk bisa membangunkan bayi. Perubahan suhu yang terjadi bisa membantu untuk membangunkan bayi Anda. Anda bisa mencoba menggunakan washlap yang direndam di dalam air dingin kemudian sentuhkan pada kepala, kaki atau lengan bayi.

• Biarkan cahaya masuk kedalam ruangan tempat bayi Anda tidur. Mata bayi Anda cukup sensitif dengan perubahan cahaya. Waalaupun demikian, bayi akan tetap memejamkan matanya jika terlalu banyak pancaran cahaya yang masuk. Oleh sebab itu, jangan biarkan terlalu banyak cahaya yang masuk kedalam ruangan.

• Buatlah sedikit kegaduhan di tempat bayi Anda tertidur. Hal itu bukan berarti bahwa Anda harus berteriak ataupun membantingkan sesuatu untuk bisa membangunkannya, tetapi coba untuk berbicara dengan pasangan Anda atau orang di sekitar anda. Suara Anda mungkin akan cukup untuk membangunkan bayi.

3. Menghindari bayi tertidur saat menyusui
Perhatikan bayi saat ia sudah mulai untuk terbangun. Ketika bayi sudah bangun, maka Anda harus mencoba menjaganya agar bisa terbangun sehingga Anda dapat menyusui bayi. Tertawa padanya, berbicara dengan pada bayi serta lihatlah matanya untuk menjaga perhatian bayi selalu fokus pada Anda. Anda juga dapat mencoba mengusap kepalanya dengan lembut agar bayi tetap terjaga.

Semoga informasi tersebut bias membantu anda untuk bisa membangunkan bayi lalu memberikan ASI.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates