Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Bekam dan Manfaatnya

Bekam dan Manfaatnya

Bekam dan Manfaatnya

Bekam dan Manfaatnya

Bekam dan Manfaatnya

Bekam dan Manfaatnya – Bekam merupakan salah satu perawatan tradisional dalam mengatasi berbagai jenis penyakit. Bekam adalah cara untuk mengobati penyakit yang di contoh dari negara Arab. Pada saat ini bekam menjadi cara alternatif pengobatan di Indonesia yang banyak dipilih. Banyak orang yang memulai menghindari obat kimia serta memilih bekam untuk mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh.Semua ahli bekam sudah mempelajari ilmu khusus tentang bidang ini. Pada awalnya bekam masih masih dilakukan dengan cara yang sangat tradisional. Pertama kapas yang dibakar kemudian dimasukkan ke dalam cawan lalu ditempelkan ke bagian titik tubuh tertentu. Terdapat dua jenis bekam yaitu bekam kering dan bekam basah. Adapun manfaat bekam untuk kesehatan tubuh diantaranya:

1. Dapat Mengatasi Tubuh Lelah
Bekam dapat menyembuhkan semua rasa tidak nyaman dalam tubuh seperti tubuh yang lelah, mengalami nyeri pada otot, nyeri serta pegal, leher yang kaku, punggung yang sakit dan juga berbagai keluhan lain. Bekam kering ataupun bekam basah dapat mengatasi semua rasa tubuh dalam kondisi tidak nyaman.

2. Dapat Menyembuhkan Sakit Kepala
Apabila pernah mengalami sakit kepala yang ringan, sedang maupun migren dengn demikian bisa melakukan bekam. Bekam sering dilakukan pada bagian bahu atas, badan maupun kepala.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan
Manfaat bekam yang belum banyk diketahui banyak orang adalah dapat menurunkan berat badan. Untuk kondisi ini alangkah baiknya memilih bekam kering dari pada bekam basah.

4. Dapat Mengeluarkan Racun dari Tubuh
Racun masuk ke dalam bagian tubuh baik dari makanan maupun minuman yang kita konsumsi setiap harinya. Bahkan udara yang kita hisap juga dapat mengandung racun yang cukup berbahaya. Racun akan terus menumpuk dengan mempengaruhi metabolisme dan sistem kerja organ dalam tubuh. Untuk mengeluarkan racun tersebut dapat dilakukan dengan bekam basah.

5. Dapat Menyehatkan Pembuluh Darah
Pembuluh darah akan bekerja dalam menyalurkan darah ke semua bagian tubuh. Jantung yang menjadi alat pompa darah sangat penting bagi tubuh. Akan tetapi nutrisi tubuh yang masuk ke bagian tubuh dapat mengalir lewat pembuluh darah dalam bentuk sari makanan yang di ikat oleh darah. Agar dapat mengeluarkan semua penyumbatan dalam pembuluh darah dengan demikian bekam dapat menjadi cara yang paling aman.

6. Dapat Menjaga Pernafasan yang Sehat
Organ pernafasan yaitu paru-paru mempunyai potensi untuk terkena penyakit baik yang berasal dari udara ataupun infeksi penyakit. Misalnya saja asma yang dapat menyerang tabung pernafasan bisa diatasi dengan jenis melakukan bekam kering.

7. Dapat Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Penyakit hipertensi ataupun tekanan darah tinggi merupaan salah satu penyakit yang sangat komplek sebab dapat meningkatkan beberapa resiko penyakit lain misalnya penyakit diabetes, jantung, penyakit ginjal dan lainnya. Misalnya dengan Bekam basah dapat mengendalikan penyakit tekanan darah tinggi.

8. Dapat Mengendalikan Stres
Stres dapat menjadi salah satu hambatan keadaan perasaan yang paling sering terjadi. Penyebab stress sangat beragam mulai dari akiba pekerjaan, akibat tekanan hidup, akibat kebutuhan ekonomi serta berbagai persoalan lain yang dapat memicu berbagai penyakit. Dengan melakukan bekam kering dan bekam basah dapat menyembuhkan keluhan ini.

Untuk setiap orang yang sudah menjalani bekam, terdapat perawatan yang dapat dilakukan setelah bekam seperti selama tujuh hari apabila setelah bekam alangkah baiknya mandi dengan menggunakan air hangat agar membuat permukaan kulit untuk menjadi lebih nyaman. Segera minum air hangat serta manis apabila setelah bekam agar dapat memulihkan kondisi tubuh. Hindari untuk mengobati bekas tusukan jarum dari cairan apapun, sebab bekasnya bisa segera sembuh sendiri.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates