Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Keseringan Menahan Kentut

Dampak Keseringan Menahan Kentut

Dampak Keseringan Menahan Kentut

Dampak Keseringan Menahan Kentut

Dampak Keseringan Menahan Kentut

Dampak Keseringan Menahan Kentut – Kentut diakibatkan oleh udara yang terjebak di dalam perut yang berasal dari berbagai sumber. Beberapa di antaranya yaitu udara yang ikut tertelan pada saat mengunyah makanan atau pada saat minum. Gas diakibatkan oleh udara yang merembes dari darah ke bagian usus, gas dihasilkan oleh suatu reaksi kimia dalam usus ataupun bakteri yang hidup di dalam usus kita. Pada saat kentut dengan demikian akan mengeluarkan suara, hal tersebut terjadi akibat getaran yang terjadi pada bagian rektum. Kenyaringan bisa bervariasi hal itu tergantung pada seberapa banyak tekanan balik gas serta ketatnya otot sfingter. Jika seseorang menahan kentut, dokter mana pun tidak akan pernah setuju jika ada seseorang yang berusaha untuk menahan kentut, karena apabila melakukannya dapat berdampak buruk untuk kesehatan sendiri. Berikut dampak menahan kentut:

1.    Menyebabkan Perut kembung
Kembung pada bagian perut adalah suatu gangguan yang akan membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman, misalnya begah serta bersendawa. Gangguan ini akan terjadi akibat adanya penumpukan gas secara berlebihan dalam saluran pencernaan seperti pada lambung dan juga usus.

2.    Menyebabkan menurunnya nafsu makan
Perut kembung atau timbulnya rasa begah pada perut akan membuat keadaan seseorang menjadi sangat tidak nyaman. Seseorang akan merasa perut merasa penuh. Hal tersebut bisa mengakibatkan hilangnya nafsu makan.

3.    Menyebabkan Kram pada perut
Jika kelebihan gas yang terjadi pada salah satu di bagian usus, bisa mengakibatkan gangguan kram pada perut. Dengan demikian penderita akan merasakan sakit yang melilit di daerah perut, ataupun timbul gejala lainnya.

4.    Menyebabkan wasir
Menahan buang gas atau kentut dapat menyebabkan wasir. Hal tersbut terjadi akibat adanya gerakan secara berlebihan di organ dubur pada saat menahan kentut supaya tidak keluar. Gerakan tersebut akan membuat otot-otot di dubur menjadi menegang dan akan memicu melebarnya pembuluh darah.

5.    Menyebabkan Infeksi diverticulosis
Diverticulitis adalah pembentukan kantung-kantung kecil di lapisan usus besar. Kantung-kantung kecil atau divertikula tersebut terbentuk akibat adanya peningkatan tekanan pada titik-titik lemah di dinding usus oleh gas, limbah, maupun cair. Apabila hal ini terjadi dengan demikian bisa mengakibatkan sakit parah di bagian perut, demam, mual, atau terjadinya perubahan dari kebiasaan buang air besar.

6.    Menyebabkan Peritonitis
Peritonitis adalah peradangan peritoneum, yakni jaringan yang melapisi dinding di bagian dalam perut yang dapat mencakup sebagian besar organ perut. Gangguan ini akan terjadi akibat infeksi dari bakteri ataupun jamur. Selain itu juga peritonitis bisa terjadi akibat adanya luka atau akibat adanya infeksi diverticulosis kronis yang mengakibatkan tumpahnya limbah yang berasal dari usus.

7.    Menyebabkan keracunan gas
Kentut bukanlah suatu racun. Meskipun terkadang akan keluar tanpa kita sadari dan membuat kita malu dihadapan orang lain, namun apabila berusaha menahannya sehingga gas tersebut akan mengakibatkan tekanan parsial di dalam rongga usus dengan intensitas yang lebih tinggi dari pada tekanan parsial dalam darah. Hal tersebut bisa berakibat masuknya gas ke dalam bagian pembuluh darah yang terdapat dalam dinding usus, kemudian akan beredar ke seluruh tubuh.

8.    Dapat memperparah kondisi sembelit
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa menahan kentut ataupun gas yang seharusnya keluar, bisa mmengakibatkan peningkatan tekanan dalam usus besar yang nantinya akan menyebabkan terjadinya divertikula atau kantung-kantung kecil di lapisan usus besar. Kondisi ini akan memperparah gangguan sembelit yang pada awalnya akan menjadi penyebab terjadinya kentut.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates