Wednesday , 29 March 2017
Home » Info Kesehatan » Informasi Menarik tentang Junk Food

Informasi Menarik tentang Junk Food

Informasi Menarik tentang Junk Food

Informasi Menarik tentang Junk Food

Informasi Menarik tentang Junk Food

Informasi Menarik tentang Junk Food – Makanan yang mengandung sedikit nutrisi dan kandungan tinggi bahan berbahaya disebut sebagai junk food. Istilah ‘junk food’ diciptakan oleh Michael Jacobson tahun 1972. Makanan cepat saji (fast food) memiliki efek berbahaya bagi kesehatan. Gula berlebihan dan obesitas yang menyertainya hanyalah salah satu dari aspek negatif mengkonsumsi junk food. Berikut ini adalah fakta dan informasi tentang junk food. Diantaranya :

1. Junk food memiliki kadar gula tinggi. Sebuah kaleng minuman cola mengandung hingga 10 sendok teh gula. Itu sebabnya, orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan berpikir dua kali sebelum menyeruput cola.

2. Junk food cenderung mengandung mineral dan vitamin dalam jumlah rendah, sementara sarat kalori.

3. Kandungan oxycholesterol terlalu tinggi dalam junk food. Oxycholesterol adalah jenis kolesterol yang dalam asupan tinggi dapat meningkatkan kemungkinan serangan jantung.

4. Gula yang tidak diperlukan tubuh diubah menjadi lemak membuat orang yang mengkonsumsi junk food secara teratur berisiko mengalami kelebihan berat badan.

5. Jumlah pemanis dan perasa buatan yang digunakan dalam junk food yang dijual untuk anak-anak 2 kali lipat dibandingkan pada makanan untuk orang dewasa menyebabkan efek berbahaya pada anak-anak.

6. Pewarna dan perasa dalam junk food menyebabkan ruam, asma dan masalah lain seperti hiperaktif.

7. Di Amerika Serikat, sekitar 12,5 juta anak-anak kelebihan berat badan dan salah satu penyebabnya adalah mengkonsumsi junk food.

8. Berbagai makanan seperti makanan yang digoreng, keripik, kue, permen, muffin, dll, mengandung jumlah tinggi minyak terhidrogenasi. Lemak trans atau minyak terhidrogenasi tidak memiliki fungsi dalam tubuh dan bahkan bisa berakibat negatif untuk kesehatan.

9. Jumlah garam berlebih dalam junk food seperti keripik dan pretzel menyebabkan persentase natrium meningkat dalam tubuh. Jumlah tinggi natrium akan menyebabkan peningkatan tekanan darah.

10. Margin keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan minuman ringan mencapai 97%. Dengan demikian, memungkinkan bagi mereka untuk melakukan iklan secara masif dan besar-besaran.

11. Konsumsi junk food bertanggung jawab untuk masalah kesehatan seperti kerusakan gigi, berbagai jenis kanker dan banyak penyakit lainnya, seperti penyakit jantung, obesitas dan tekanan darah tinggi.

12. Lemak dalam junk food menyebabkan otak menuntut lebih banyak makanan. Efeknya dapat terjadi pada otak dalam jangka waktu lama.

13. Pemasaran agresif produk junk food menjadi alasan banyak orang beralih ke produk-produk tersebut serta mengkonsumsinya secara rutin.

14. Gula berlebih dalam junk food menyebabkan tingkat insulin tetap tinggi sehingga memicu masalah metabolik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates